IELTS Untuk Mendapatkan Visa United Kingdom

Ielts.or.id – Apabila anda memiliki keperluan untuk tinggal di Inggris sementara waktu seperti kuliah, menikah dengan orang Inggris atau bekerja di Negara tersebut pastikan anda tidak salah mengambil tes bahasa Inggris. United Kingdom atau Negara Inggris tidak serta merta menerima semua tes bahasa Inggris.

Negara tersebut memilih beberapa tes bahasa Inggris yang dimasukkan kedalam Secure English Language Tests. Sehingga anda perlu memastikan apakah tes bahasa Inggris yang anda ambil diterima oleh Negara tersebut. Untuk mengecek apakah tes yang anda ikuti masuk kedalam list tes bahasa Inggris yang diterima, anda bisa melihat di laman https://www.gov.uk/government/publications/guidance-on-applying-for-uk-visa-approved-english-language-tests.

Meskipun Negara Inggris adalah Negara tempat kelahiran dan berkembangnya IELTS, anda tidak boleh memilih tes IELTS sembarangan untuk mendapatkan visa Negara tersebut. Anda harus mengikuti tes IELTS UKVI atau tes IELTS khusus visa Inggris untuk memperoleh izin tinggal di Negara tersebut. Secara garis besar IELTS UKVI memiliki format, struktur penilaian dan tipe tipe soal yang sama dengan tes IELTS lain pada umumnya. Hanya saja yang membedakan tes IELTS ini dengan tes IELTS lain adalah beberapa aspek seperti aspek administrasinya sudah disesuaikan dengan ketentuan dari pemerintah Negara Inggris.

Artikel ini akan membahas mengenai seluk beluk tes IELTS UKVI mulai dari skor tes yang anda butuhkan untuk masing masing visa, biaya dan lokasi tes ini di Indonesia.

Skor tes IELTS UKVI berdasarkan jenis visa:

Dilansir dari laman workpermit.com, Negara Inggris menerapkan sistem visa 4 level setelah sebelumnya menerapkan sistem visa dengan 5 level. 4 level jenis visa terseb adalah:

  1. Tier 1: Visa kategori ini adalah visa yang diperuntukkan untuk masyarakat dari luar EEA (European Economic Area) yang memiliki ‘nilai yang tinggi’ seperti investor, atau orang orang yang memiliki talent luar biasa. Untuk mendapatkan visa jenis ini anda harus mendapatkan skor IELTS sebesar 7.0 untuk ‘General 1st Tier Visa’,4.0 untuk visa tingkat pertama tapi dengan jenis yang lebih spesifik seperti ‘Exceptional Talent Visa’, ‘Entrepreneur Visa’ atau ‘Graduate Entrepreneur Visa’. Skor tersebut diatas tidak hanya skor rata rata akhir melainkan juga skor dari masing masing bagian tes IELTS. Jadi kalau nilai Reading anda 9.0, tapi nilai Writing anda 3.0, maka kemungkinan anda tidak akan lolos.
  2. Tier 2: Visa jenis ini diperuntukkan untuk tenaga ahli dari luar masyarakat ekonomi Eropa (EEA) baik itu tenaga ahli dari perusahaan multinasional yang dipindah tugaskan ke Inggris atau tenaga ahli yang mencari kerja dan dibutuhkan di Negara tersebut. Tenaga ahli ini termasuk Atlit, atau pegawai kementrian agama. Secara umum anda mebutuhkan skor IELTS 4.0 untu mendapatkan visa jenis ini. Namun jika anda adalah seorang Atlit, maka anda juga perlu mengambil tes IELTS Life Skill dan jika anda ingin menjadi pegawai kementrian agama United Kingdom, maka skor IELTS and minimal 5.5. Sama seperti halnya dengan visa tier 1 skor ini tidak hanya skor rata rata diakhir melainkan juga skor yang anda dapatkan pada masing masing bagian tes IELTS.
  3. Tier 3: Menurut laman workpermit.com, visa jenis ini sudah tidak pernah dirilis oleh pemerintah Negara Inggris.  Sebenarnya visa ini ditujukan untuk masyarakat diluar EEA yang ingin bekerja di Inggris dan memiliki keahian yang minim.
  4. Tier 4: Anda bisa memilih visa ini kalau anda ingin kuliah di Inggris baik untu kuliah S1 maupun S2 dan S3. Tetapi sebelum anda meminta visa jenis ini kepada kedubes UK di Jakarta, anda harus memastikan dulu anda sudah diterima disekolah atau universitas yang anda tuju dan Universitas atau sekolah tersebut adalah universitas yang menjadi sponsor resmi visa jenis ini. Untuk mendapatkan informasi tersebut anda bisa mengunjungi laman https://www.gov.uk/government/publications/register-of-licensed-sponsors-students. Visa ini terbagi menjadi dua. Apabila anda berusia 18 tahun keatas dan  atau mengamil studi S1, skor IELTS yang diminta adalah 5.5 sementara jika usia anda dibawah usia tersebut atau anda masih ingin mendaftar SMA atau SMP di Negara tersebut, maka skor yang diminta adalah 4.0.  Sekali lagi skor ini tidak hanya skor rata rata diakhir melainkan juga skor pada setiap bagian tes.

Selain skor diatas, hal yang perlu anda ingat juga adalah bisa jadi institusi yang anda tuju memints standar skor yang lain dan memiliki ketentuan ketentuan tambahan yang harus anda penuhi.

IELTS Untuk Mendapatkan Visa United Kingdom

Apabila anda ingin mengikuti keluarga atau sanak saudara anda yang tinggal di Negara tersebut, anda bisa melamar family visa. Syarat IELTS yang dibutuhkan untuk visa jenis ini adalah lolos IELTS Life Skill strata A1 jika anda baru mau pindah ke Negara Inggris dan lolos IELTS Life Skill strata A2 jika anda sdah tinggal di Negara tersebut dan ingin memperpanjang visa anda.

Lain halnya apabila anda benar benar ingin pindah atau masih belum tahu durasi anda bekerja di Negara tersebut. Nilai IELTS yang anda butuhkan untuk visa jenis ini adalah 4.0 untuk  IELTS for UKVI dan level IELTS Life Skill  yang anda miliki adalah level B2 (diatas rata rata).

baca juga

    Lokasi dan Biaya tes IELTS UKVI di Indonesia

    Oleh karena tes IELTS UKVI secara khusus dikelola oleh lembaga lembaga pengembang IELTS, maka lokasi tes ini di Indonesia hanya terdapat di tiga tempat yaitu kantor IDP Education di Jakarta Selatan, IDP Education Bali dan kantor Birtish Council di SCBD Jakarta Pusat. Hasil tes IELTS UKVI yang diambil dari ujian di lembaga atau lokasi lain tidak akan diterima. Meskipun saat ini sudah ada tes IELTS yang menggunakan computer, sayangnya untuk tes IELTS UKVI di Indonesia belum ada yang menggunakan alternatif tersebut.

     Adapun biaya untuk mengikuti tes ini adalah sebesar 240 USD atau sekitar Rp.3.600.000.,00 apabila anda mengikuti ujian di IDP Education, dan  Rp. 3.317.000.,00 apabila anda mengikuti tes di Britsh Council.

    Bila anda ingin mendaftar visa yang meminta skor IELTS Life Skill, maka anda juga perlu mengikuti tes IELTS jenis ini. Biaya yang harus anda keluarkan adalah Rp. 2.700.000.,00 untuk ujian di British Council dan 189 USD ata sekitar Rp. 2.800.000.,00 bila tempat tes anda di IDP Education. Pastikan anda mmengikuti ujian  IELTS Life Skill  danIELTS UKVI dilokasi yang sama supaya

    baca juga

    Apabila anda sudah terlanjur mendaftar dan mengikuti tes ini namun anda tidak jadi berangkat ke Inggris, anda tidak perlu khawatir.  Tes IELTS UKVI sama halnya dengan tes IELTS yang biasa, dapat anda gunakan untuk syarat berpergian ke Negara lain di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!