Hospitality English, Bahasa Inggris Dalam Dunia Perhotelan

https://zowhy.com/ Dunia pariwisata adalah temasuk yang banyak berkembang seiring berjalannya waktu. Di berbagai belahan dunia pasti banyak turis-turis asing yang datang untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Di tengah keterbatasan Bahasa lokal, pastinya para turis-turis asing ini menggunakan Bahasa Internasional, yaitu Bahasa Inggris.

Semua elemen yang bekerja di dunia perhotelan wajib untuk menguasai Bahasa Inggris, setidaknya tingkat dasar. Demi memberikan pelayanan terbaik, pekerja perhotelan dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan para tamu. Di bawah ini adalah beberapa contoh penerapan pentingnya Hospitality English dalam dunia perhotelan:

  1. Membantu Proses Check-In

Terkadang tamu yang akan check in memiliki kondisi atau kebutuhan khususnya tersendiri. Misalnya saja ada yang ingin dua kamar bersebelahan, ada yang tidak ingin kamarnya dibersihkan, atau ada yang minta tambahan kasur tidur. Semua kondisi ini jika diucapkan oleh turis asing dalam Bahasa Inggris dapat terdengar rumit. Oleh karena itu petugas check-in hotel diwajibkan untuk dapat memahami Bahasa Inggris, supaya dapat mengerti kebutuhan para tamu.

Bahkan terkadang juga ada tamu yang tidak tahu mau memesan kamar yang mana. Di saat ini juga peran petugas diperlukan. Petugas dapat menjelaskan kelebihan tiap kamar dan memberikan saran kamar yang tepat bagi tamu tersebut. Proses menjelaskannya dalam Bahasa Inggris tentunya.

  • Memahami Perintah dan Keinginan Tamu

Setelah tamu check-in terkadang mereka memiliki keinginan atau butuh bantuan dalam hal tertentu. Misalnya ada yang mau memesan makanan atau bisa saja ada keluhan tentang kamarnya. Permintaan-permintan semacam ini akan sulit tersampaikan jika petugas yang dimintai tolong tidak paham Bahasa Inggris. Bisa jadi, penanganan masalah akan memakan waktu lebih lama atau permintaan tamu tidak dapat terpenuhi.

Untuk menghindari hal inilah sebaiknya semua petugas yang bekerja di hotel belajar Bahasa Inggris. Permintaan seperti ini bisa datang kapan saja dan dalam bentuk apapun. Sehingga petugas harus selalu siap siaga untuk membantu para turis asing ini.

  • Memberi Tahu Arah

Para turis asing yang datang dari berbagai penjuru dunia biasanya datang ke Indonesia untuk mengunjungi objek-objek wisata. Tapi mereka seringkali tidak tahu bagaimana harus ke sana dan ke arah mana jalannya. Walaupun sudah memiliki peta digital, bertanya kepada orang langsung tetap menjadi cara yang lebih efektif. Di saat seperti ini terkadang mereka akan bertanya kepada orang terdekat, yaitu para petugas hotel.

Walaupun terkadang bukan orang lokal, sudah menjadi kewajiban tidak tertulis kalau mereka harus hapal arah jalan sekitar hotel. Terutama jalan menuju objek-objek wisata sekitar yang terkenal. Walaupun sudah hapal jalannya, akan jadi percuma kalau tidak bisa menjelaskannya dalam Bahasa Inggris. Inilah pentingnya kemampuan berbahasa Inggris bagi petugas hotel.

  • Membatalkan Reservasi

Pembatalan reservasi bisa saja terjadi, entah itu secara langsung, online, maupun via telepon. Jika yang membatalkan adalah turis asing, tentunya mereka akan menggunakan Bahasa Inggris dalam tiga media tersebut. Jika petugas yang menangani bisa berbahasa Inggris, proses pembatalan bisa berjalan lancar. Tidak perlu ada protes dan urusan berkepanjangan.

Tapi akan mengkhawatirkan jika petugasnya tidak bisa berbahasa Inggris. Petugas bisa salah mengerti atau tidak memahami keinginan tamu. Apalagi jika urusannya menyangkut masalah pengembalian dana. Untuk urusan sensitif seperti ini, kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris sangatlah penting

baca juga

  • Menawarkan Promosi

Terakhir adalah menawarkan promosi. Pihak hotel terkadang mengadakan event promosi untuk menarik minat pelanggan, bisa dalam bentuk diskon atau pemberian hadiah. Jika promosi yang diadakan memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku, petugas hotel harus dapat menjelaskannya dengan baik kepada para tamu. Supaya tidak ada kesalahpahaman atau kerugian di kedua belah pihak. Jika promosi berjalan lancar, turis asing yang dilayani bisa merasa puas dan mungkin saja datang lagi untuk menginap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!