GMAT Preparation – Fakta-Fakta Yang Harus Diketahui Tentang GMAT.

zowhy.com – Setelah kita membahas GRE atau Graduate Record Exam pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas tema ‘GMAT Preparation’ untuk sekedar ‘melengkapi’ wawasan atas materi test preparation yang lain.

Topik kita kali ini yaitu mengenai: Fakta-Fakta Tentang GMAT. Dibeberapa artikel test preparation sebelumnya kita telah membahas beberapa tes kompetensi yang berfungsi untuk mengukur tentang kecakapan berbahasa (IELTS, TOEFL & TOEIC), serta tes-tes guna mengukur pencapaian hasil belajar (GRE).

Lantas kali ini, kita akan menambahkan lagi macam tes lain yang dimaksudkan untuk menguji kompetensi pencapaian hasil belajar, yaitu: GMAT.  Karena itulah pada artikel kali ini-pun materi yang ada juga dirasa cukup ringan.

Maka, apa itu GMAT?

Jika kita merasa bahwa nama tes yang satu ini begitu asing di telinga, janganlah bingung, karena memang belum ada instansi atau lembaga dalam negeri yang mencoba memberlakukan tes ini – membuat urgensinya menjadi belom begitu tampak.

Tes ini memang biasa digunakan oleh orang-orang luar negeri guna memenuhi kebutuhan yang sangat spesifik – biasa berhubungan dengan keperluan akademis.

Karena itu amat sangat bisa ditebak bahwa tes ini dirancang untuk para penutur asli (native speaker) yang sudah menguasai dasar-dasar kebahasaan secara fasih (tidak lagi memerlukan adanya “tes kecakapan berbahasa”).

Pada artikel sebelumnya juga telah kita bahas mengenai GRE, salah satu tes yang hampir memiliki spesifikasi serupa.

Agar tidak menimbulkan kebingungan dalam membedakan yang satu dengan yang lain, maka berikut ini akan dibahas mengenai karakteristik-karekteristik dari GMAT, spesifikasi yang diusungnya, unsur-unsur tematis miliknya, struktur dan mata uji, serta “peran” Bahasa Inggris dalam kaitannya dengan pelaksanaan tes.

Tentu saja bahasan akan dimulai dari pendefinisian atas GMAT itu sendiri. Merupakan kepanjangan dari Graduate Management Admission Test, tes yang satu ini dinaungi oleh sebuah organisasi nirlaba internasional yang bergerak pada pengembangan keilmuan administrasi bisnis bernama Graduate Management Admission Council (GMAC).

Didirikan pada tahun 1953, organisasi ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk dan jasa yang berhubungan dengan pendidikan serta keilmuan administrasi manajemen-bisnis.

Organisasi ini bermarkas di Negara-bagian Virginia, Amerika Serikat. Selain itu GMAC juga memiliki beberapa cabang internasional seperti di Inggris, Hong Kong, dan India.

Lantas jika membicarakan tentang GMAT, ‘ia’ merupakan sebuah tes dan standar penilaian yang dipergunakan untuk mengukur kompetensi serta pencapaian akademis.

Namun berbeda dengan GRE yang bisa digunakan secara umum, karena memang GMAT sendiri merupakan produk dari GMAC, GMAT memiliki spesifikasi yang hanya diperuntukkan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan program pascasarjana (graduate) jenjang magister (master) jurusan manajemen-bisnis di perguruan-perguruan tinggi dan berbagai universitas seluruh dunia.

Berbarengan dengan pendirian organisasi yang menaunginya, pada tahun 1953, GMAT pertama kali dilaksanakan atas prakarsa dari asosiasi sembilan sekolah bisnis. Tes ini dikembangkan untuk menyaring kandidat sekolah bisnis yang berkualitas.

GMAC sendiri hingga saat ini telah menaungi 650 pusat pengujian yang tersebar di 114 negara.

Pada setiap periodenya, GMAT dapat diikuti hingga kurang-lebih sebanyak 200.000 kandidat, yang mana dalam sekali tes-nya memerlukan biaya sebesar US$ 275. GMAT dilaksanakan menggunakan media komputer berbasis CAT atau yang juga dikenal dengan istilah computer adaptive test.

Kredibilitas dari GMAT sendiri juga tidak perlu diragukan – lebih dari 7000 program yang tersebar pada 2300 jurusan pascasarjana perguruan tinggi dan universitas, mau menerima sertifikasi GMAT.

Spesifikasi dari tes GMAT

Maka apa sajakah yang akan diujikan jika seseorang tertarik untuk mencoba GMAT? Juga apa perbedaannya dengan tes GRE yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya?

Secara garis besar, GMAT tidaklah memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan GRE. Hanya terdapat beberapa perbedaan minor yang bahkan bisa terbilang terkesan “kasat mata”.

Beberapa perbedaan minor tersebut-pun akan dengan sendirinya “menampakkan diri” jika karakteristik dan spesifikasi dari GMAT dibahas secara satu-persatu. Dan yang pertama dapat terlihat adalah dari jenis-jenis mata ujian yang ada: dimana kemampuan yang diujikan oleh GMAT hampir sama dengan berbagai kemampuan yang diujikan oleh GRE.

Mata ujian GMAT terdiri dari empat kemampuan yang dianggap krusial dalam menentukan pencapaian kompetensi akademis seseorang, khususnya pada bidang studi manajemen dan bisnis.

Empat kemampuan tersebut, diantaranya: penalaran kuantitatif (quantitative reasoning), penalaran verbal (verbal reasoning), penalaran integral (integrated reasoning), dan penulisan analisis (analytical writing).

Keempat mata uji ini dimaksudkan untuk mengukur beberapa aspek keilmuan yang diperlukan dalam menunjang studi pascasarjana pada bidang manajemen-bisnis nantinya, seperti: penguasaan tatabahasa spesifik (specific grammar), kompetensi aljabar khusus (knowledge of specific algebra), geometri (geometry), dan aritmatika (arithmetic).

Menurut GMAC sendiri, tujuan dari tes GMAT adalah untuk menilai kemampuan menulis analitik dan pemecahan masalah, sekaligus menampilkan ketercukupan data, logika, serta kemampuan berpikir kritis.

Poin-poin ini dianggap amatlah vital pengaruhnya terhadap keberhasilan manajemen-bisnis di dunia nyata.

Rentang skor yang dimiliki GMAT, terbentang dari angka 200-800, sedangkan alokasi total yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh rangkaian ujian memerlukan waktu kurang lebih 187 menit. Untuk spesifikasi masing-masing mata uji, dapat dilihat pada tabel berikut:

No.Mata UjiAlokasi WaktuJumlah PertanyaanFormat Score
1.Analytical writing assessment301 (essay)0-6
2.Integrated reasoning3012 (rancang custom)1-8
3.Quantitative6231 (pilihan ganda)200-800 (digabung dengan skor verbal)
4.Verbal6536 (pilihan ganda)200-800 (digabung dengan skor quantitative)

Bahasa Inggris pada GMAT

Ya, selain beberapa perbedaan minor yang dapat terlihat pada pembahasan mengenai materi GMAT diatas, beberapa perbedaan dan persamaan antara GMAT dan GRE juga dapat ditemui dalam hal yang berkenaan dengan Bahasa Inggris.

Persamaan yang ada terletak pada letak tingkat kemampuan berbahasa yang perlu dimiliki.

Dikarenakan GMAT memang diperuntukkan untuk para penutur asli (native speaker), tes ini memerlukan tingkat kompetensi Bahasa Inggris yang terbilang lanjut.

Bukan lagi Bahasa Inggris hanya sekedar sebagai alat untuk komunikasi semata, melainkan juga merupakan sebuah basis standar keilmuan agar dapat dikonsumsi secara global.

Tingkat kebahasaan seperti ini, sudah masuk kedalam ranah yang cukup spesifik yaitu Bahasa Inggris untuk tujuan akademis atau yang juga dikenal dengan English for Academic Purposes (EAP).

Sedangkan letak perbedaannya berada pada jenis diksi dan tema kebahasaan masing-masing tes.

GRE akan cenderung mengadaptasi Bahasa Inggris dengan cakupan yang lebih luas, mengikuti bidang-bidang yang nantinya akan diujikan. Bahkan bahasa GRE sendiri sampai pada tingkatan Sastra Inggris.

Hal ini berbeda dengan GMAT yang hanya terfokus pada diksi dan tema-tema yang berhubungan dengan bidang kajian manajemen dan bisnis saja.

Karena itu disarankan, jika memang ada ketertarikan untuk mencoba GMAT, fokuskan pengembangan kompetensi Bahasa Inggris pada kajian-kajian manajemen-bisnis –

termasuk di dalam ranting keilmuan Bahasa Inggris untuk keperluan khusus/English for Specific Purposes (beberapa diantaranya sudah dibahas pada artikel sebelumnya: Business English Skill & Business English Communication).

baca juga

Maka selesailah pembahasan mengenai GMAT dan spesifikasinya. Beberapa informasi diatas hanya akan bersifat sebagai perkenalan dan selayang pandang saja mengenai tes yang satu ini.

Jika ingin mengetahui lebih banyak serta terperinci mengenai GMAT, bisa langsung membuka situs resmi GMAC yang tersedia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!