English for Software Engineer – Bahasa Inggris, Bahasa Teknologi

zowhy.com – Yap, selamat datang pada artikel Specific Purposes, para pembelajar Bahasa Inggris! Memasuki penghujung artikel mengenai bahasan Bahasa Inggris guna tujuan khusus atau yang juga disebut dengan English for specific purposes (ESP), berbagai tema yang muncul pun dirasa semakin menarik.

Jika sebelumnya telah dibahas pada artikel ESP, berbagai tema seperti

(1) Bahasa Inggris manajemen dan bisnis, mencakup interview preparation, customer service, English for hospitality, English for secretary, dan English for Banking

(2) Bahasa Inggris untuk tujuan akademis, yaitu scholarship mentorship;

(3) Bahasa Inggris untuk kesehatan, English for nurses;

(4) Bahasa Inggris untuk penerbangan, Aviation English; serta,

(5) Bahasa Inggris pada bidang hukum atau English for Legal, dan di artikel kali ini akan dibahas mengenai materi ESP yang lain yaitu Bahasa Inggris pada bidang teknologi atau English for Software Engineer yang berjudul: Bahasa Inggris, Bahasa Teknologi.

Akan sangat mudah terlihat pada beberapa bidang tertentu di mana Bahasa Inggris mampu mendominasi secara mutlak dalam penggunaan bahasa yang dibutuhkan.

Berbagai bidang seperti penerbangan, medis, keilmuan dan banyak cabang turunannya yang lain telah “setuju” untuk membakukan Bahasa Inggris sebagai bahasa “resmi” mereka. Beberapa diantaranya bahkan sudah begitu identik sehingga seakan sudah begitu mendarah daging bagi para praktisi dan penggunanya. Begitu juga seperti yang dialami pada bidang teknologi, tentu kita semua dapat menyaksikannya.

Bahasa Inggris muncul sebagai bahasa yang digunakan pada berbagai media, baik pada gawai (gadget) maupun berbagai platform yang lebih besar seperti pada sistem operasi (operating system) leptop dan komputer. Bahkan beberapa istilah Bahasa Inggris ini terkadang luluh begitu saja ke dalam Bahasa Indonesia.

Hanya sedikit di antaranya yang mampu dipadankan dengan sebuah bentukan kosakata baru. Karena itulah pembahasan kali ini dianggap cukup menarik bagi siapa saja.

Bahasa Inggris dan teknologi.

Tentu saja tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi dewasa ini sudah mencapai titik yang begitu pesat dan progresif.

Terkhusus pada teknologi digital , komputasi, informasi serta komunikasi, berbagai gambaran dan ide yang dalam beberapa dekade lalu hanya terbilang sebagai sebuah “cerita fiksi ilmiah” dan “khayalan belaka”, saat ini sudah dapat diwujudkan berkat tingkat kemutakhiran yang ada.

Dan tentu saja, itu semua berakar pada berbagai pencapaian para pengembang teknologi dari dunia barat yang mampu menelurkan berbagai terobosan serta temuan fenomenal.

Sebut saja nama-nama besar seperti Bill Gates sang pendiri raksasa teknologi komputasi , Microsoft; Steve Wozniak, otak dibalik ke-mahajaya-an penguasa gawai dari barat, Apple; serta Elon Musk, salah satu anggota PayPal mafia yang saat ini “menguasai” dunia – pencapaian mereka seakan-akan didapat dari hasil komunikasi dengan makhluk-mahluk “luar angkasa”.

Berbagai temuan mereka diatas begitu mempengaruhi laju peradaban teknologi manusia dewasa ini, dan tentu saja, mereka adalah orang-orang yang memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka – para penutur asli (native speaker) yang tentu saja akan memilih menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada berbagai karya-karya monumental.

Maka itu, akan sangat mudah menemukan Bahasa Inggris sebagai bahasa standar pada produk-produk seperti: sistem operasi (operating system) Windows yang dibesut oleh Microsoft; antarmuka (interface) iOS milik Apple; hingga misi-misi luar angkasa yang dinaungi oleh organisasi sipil SpaceX baru-baru ini.

Dan melalui “pembudayaan” yang mereka lakukan, secara tidak sadar miliaran manusia di dunia saat ini sudah terbiasa menggunakan Bahasa Inggris pada alat-alat teknologi milik mereka.

Dengan berbagai kemajuan umat manusia yang luar biasa tersebut, era sekarang pun disebut-sebut sebagai abad teknologi komunikasi dan informasi – membuat manusia berkutat pada berbagai kemajuan komputasi digital.

Maka akan sangat mudah bagi suatu bahasa agar mampu meraih gelar dan dijuluki sebagai bahasa abad ini: dengan menguasai teknologi industri tersebut dan menjadi bahasa standarnya.

Dan coba tebak, bahasa apa yang sekarang telah mampu “membentangkan dominasi”-nya hingga bisa menguasai bidang di atas serta terbilang melampaui berbagai bahasa-bahasa lain? Ya, tentu saja, Bahasa Inggris. Atas dasar itulah mengapa Bahasa Inggris pantas di anugerahi gelar sebagai bahasa teknologi.

Bahasa Inggris teknologi dan kepustakaannya.

Jika dikaji secara kepustakaan atau literasi, Bahasa Inggris pada kajian teknologi sendiri merupakan sebuah bahasa “luaran” yang hanya dimaksudkan sebagai bahasa pengoperasian. Sedangkan untuk bahasa bentukan serta produksinya sendiri, terdapat sebuah bahasa tersendiri yang disebut sebagai bahasa pemrograman.

Jenis bahasa ini menggunakan algoritma tertentu yang digunakan secara khusus oleh para perancang perangkat lunak (software programmer). Ada banyak bahasa pemrograman di luar sana yang biasa digunakan dalam merancang sebuah perangkat lunak, namun berbagai bahasa tersebut akan diarahkan pada Bahasa Inggris sebagai bahasa penggunaannya kelak.

Bahasa yang digunakan pada suatu perangkat lunak pun pada dasarnya akan menggunakan tatabahasa (grammar) serta struktur (structure) yang sudah terstandar.

Atas dasar itulah, beberapa bidang kajian pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris sudah mulai memberikan minat yang sangat antusias pada salah satu “kelebihan” terpendam dari jenis teknologi ini. Beberapa ahli percaya bahwa standar kebahasaan tersebut, jika dipaparkan secara terus menerus kepada para pembelajar Bahasa Inggris, dapat membantu meningkatkan efektivitas dari proses pembelajaran yang dialaminya.

Pengembangan keilmuan ini termasuk ke dalam cabang keilmuan pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua/asing atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai English as second/foreign language (ESL/EFL) teaching and learning.

baca juga

Istilah serta kosakata yang berhubungan dengan teknologi.

Sebagai penutup artikel ini, akan diberikan beberapa kosakata serta istilah yang biasa digunakan ketika membicarakan mengenai teknologi. Beberapa kosakata tersebut akan disertai contoh kalimat dan artinya dalam Bahasa Indonesia:

Kata & DefinisiContoh Kalimat
Bahasa InggrisBahasa Indonesia
Platform: basis media yang digunakan oleh suatu bentuk teknologi..It is beyond the “orthodox” (PCs and consoles), mobile devices are taken more and more seriously in being a fully-fledged gaming devices.Jauh melebihi yang “ortodoks”(seperti komputer dan konsol), perangkat mobile menjadi semakin serius dalam mendalami dunia permainan digital.
Operating system: landasan perangkat lunak yang biasa digunakan sebagai media pengoperasian perangkat keras teknologi.The Windows is the most populer operating system.Windows adalah sistem operasi yang paling populer.
Search engine: alat pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dll.No one said that Google is the most reliable search engine.Tidak ada yang mengatakan bahwa Google adalah mesin pencari yang paling dapat diandalkan.
Console: alat yang digunakan dalam menjalankan suatu perangkat lunak.I got many video game consoles when still back in the day.Dulu, aku punya banyak konsol.
Handheld: alat yang dirancang agar digunakan dengan cara digenggam.People nowadays prefer the handheld console.Orang-orang jaman sekarang lebih menyukai konsol genggam.

Dan itulah bahasan mengenai Bahasa Inggris sebagai bahasa teknologi. Dengan sering-sering memaparkan diri terhadap berbagai muatan Bahasa Inggris yang berhubungan dengan teknologi, tidak hanya seseorang akan menjadi semakin fasih dalam mengoperasikan gawai-gawai yang mereka miliki, tetapi juga sekaligus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!