Daftar 80 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Di 80 Bidang Usaha

https://www.zowhy.com- hal penting setelah anda memulai bisnis adalah mengembangkan usaha itu sendiri, maka sangat penting untuk anda mampu meningkat kan omzet dan profit dari usaha anda, kami memberikan tips tips unik dan menarik dan tentunya dapat sangat diterapkan di dalam usaha yang anda jalani

 

kami memberikan banyak sekali tip yang berbeda, karena setiap usaha memiliki keunikan masing masing yang tidak bisa dipukul rata dalam menerapkan startegy sales dan marketing nya , oleh karena itu 80 macam cara untuk 80 macam industry ini kami rangkum spesial untuk anda

10 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Omset Apotek Anda

Untuk meningkatkan omset pendapatan apotek, diperlukan manajemen yang terampil dari segala sisi, baik produksi, distribusi, sistem penjualan hingga strategi marketing. Buruknya strategi pemasaran dapat berakibat pada sepinya pengunjung apotek. Karena itu, berikut ini beberapa strategi yang dapat dilakukan guna meningkatkan omset pendapatan apotek Anda.

  1. Pelayanan memuaskan

Pelayanan terbaik selalu menjadi dasar segala strategi marketing. Sekreatif apapun cara Anda memasarkan apotek, tentu hanya akan membuahkan sia-sia jika pelayanan apotek sangat buruk. Pelayanan adalah salah satu faktor utama konsumen menjadi pelanggan setia. Pelayanan memuaskan pula dapat menunjang marketing mouth to mouth hingga apotek anda menjadi favorit masyarakat sekitar.

  1. Stok obat yang lengkap

Pastikan apotek Anda memiliki ketersediaan obat yang cukup lengkap. Cek daftar obat wajib apotek yang dikeluarkan Dinas Kesehatan setempat, lalu beli semua jenis obat dalam daftar tersebut. Lakukan evaluasi obat apa saja yang laku dan sering dicari pembeli. Stok obat tersebut dengan jumlah yang cukup banyak.

  1. Layanan apoteker

Berilah layanan apoteker secara percuma kepada pembeli yang kebingungan saat mencari obat yang tepat. Kosultasi langsung pada apoteker menjadi layanan yang akan disukai pembeli. Dengannya, apotek Anda mendapat kesan yang baik dari para pelanggan. Alhasil, omset penjualan pun akan terus meningkat.

  1. Kerja sama dengan klinik

Strategi ini merupakan cara yang paling efektif dalam meningkatkan omset pendapatan apotek. Dengan kerja sama tersebut pula, Apotek dapat memastikan obat apa saja yang perlu distok. Dengannya, apotek lebih terarah dan tak akan pernah sepi dari pengunjung. Lebih bagus lagi jika kerja sama bisnis dilakukan sejak awal. Yakni dengan membangun apotek Anda bersama dengan sebuah klinik.

  1. Layanan dokter

Berkaitan degan poin sebelumnya, kerja sama dengan dokter juga dapat menunjang bisnis apotek Anda. Saat ini banyak ditemukan apotek yang melayani pemeriksaan dokter dengan terjadwal, baik dokter umum maupun spesialis. Jalinlah kerja sama dengan para dokter dan bangunlah sebuah kamar pemeriksaan lengkap dengan fasilitasnya di dalam apotek. Dengannya, apotek Anda berkembang dan omset pendapatan Anda pastilah akan meningkat.

  1. Kerja sama dengan apotek besar

Terkadang apotek besar menawarkan harga obat yang lebih murah daripada distributor obat itu sendiri. Karena itulah perlu membangun relasi dengan apotek besar agar mendapat informasi mengenai obat dan mendapat obat yang jauh lebih murah.

  1. Buka cabang

Tentu semakin banyak jumlah outlet apotek Anda, maka semakin tinggi pula omset yang anda peroleh. Bukalah cabang apotek Anda di daerah lain. Namun tentu strategi ini membutuhkan modal lebih banyak. Meski demikian, jangan ragu untuk membuka cabang baru karena omset Anda pastilah akan meningkat karenanya.

  1. Buka layanan online

Di zaman serba canggih ini, pembelian obat pun dapat dilakukan secara online. Anda dapat mengembangkan bisnis apotek dengan melakukan penjualan online. Saat ini cukup banyak apotek online yang melayani dengan sangat baik. Jadilah salah satunya dan tingkatkan omset pendapatan apotek Anda melalui pemesanan online tersebut.

  1. Layanan antar jemput

Untuk meningkatkan pendapatan apotek, Anda dapat pula memberikan layanan antar jemput. Hal ini bahkan dapat dilakukan kepada pasien di rumah sakit. Mereka sering kali terpaksa membeli obat dari rumah sakit dengan harga yang mahal. Mereka pula harus merawat pasien hingga tak sempat mencari apotek untuk menebus resep. Kesempatan inilah yang dapat Anda ambil dengan melayani antar jemput obat.

  1. Beri promo cek kesehatan gratis

Di hari besar atau perayaan tertentu, buatlah promosi menarik dengan memberikan layanan cek kesehatan gratis. Anda bisa memberikan layanan cek gula darah, atau bahkan sekedar tensi. Hal ini akan menarik banyak orang mengunjungi apotek Anda.

 

Cobalah beberapa strategi marketing di atas. Dengannya Anda membuka banyak kesempatan untuk meningkatkan omset pendapatan apotek. Aktif menjemput bola pula menjadi strategi efektif daripada sekedar menunggu pembeli mendatangi apotek Anda. Selamat mencoba dan giatkanlah diri demimengembangkan bisnis apotek Anda.

Laris Manis! Ini 10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Air Isi Ulang

Usaha air isi ulang merupakan bisnis yang menjanjikan. Mengingat air selalu menjadi kebutuhan manusia. Namun bukan berarti bisnis penjualan air selalu laris manis. Dalam berbisnis, pasti selalu ada pesaing. Karena itu perlu upaya dan cara dalam meningkatkan omset penjualan air isi ulang.

  1. Buat target penjualan

Targetkan penjualan air isi ulang Anda. Dengan adanya target, Anda akan semakin bekerja keras untuk meraih target tersebut. Buatlah target harian, mingguan dan bulanan.

  1. Pesan antar yang cepat

Hampir semua penjual air isi ulang selalu memberi layanan pesan antar. Untuk meningkatkan omset, giatlah dalam memberi layanan tersebut. Pengantaran yang cepat akan membuat pembeli merasa puas. Dengannya, pelanggan Anda akan bertambah. Namun jika Anda sering melakukan pengantaran terlambat, maka pelanggan akan kecewa dan beralih ke pesaing Anda yang melayani lebih cepat.

  1. Mudah dihubungi

Berikan kartu nama dengan nomor telepon aktif saat mengantar galon kepada konsumen. Pastikan telepon tersebut selalu aktif dan mudah dihubungi. Balaslah pesan singkat dari pelanggan yang memesan, mengangkat segera telepon, bahkan gunakan aplikasi chat gratis seperti WhatsApp atau Line untuk pemesanan air. Anda akan memiliki banyak pelanggan jika mudah dihubungi lalu mengirim air dengan cepat. Omset penjualan air isi ulang pun akan selalu meningkat.

  1. Meminjamkan galon

Pinjamkanlah galon kepada pelanggan. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan penjualan Anda. Namun perlu dilakukan pencatatan yang akurat agar Anda tak kehilangan galon yang dipinjamkan secara cuma-cuma tersebut. Pinjamkanlah galon kepada orang yang Anda percaya akan mengembalikannya.

  1. Promosi

Setiap bisnis memerlukan promosi sebagai strategi marketing. Memberikan kartu nama kepada pelanggan saat mengantar galon adalah salah satu promosi yang dapat dilakukan. Selain itu, promosi juga bisa dilakukan dengan memasang poster, menyebar brosur atau beriklan.

  1. Berikan bonus

Pesan 10 kali gratis satu, misalnya. Pemberian bonus ini akan meningkatkan omset penjualan karena akan semakin banyak yang memesan air isi ulang Anda. Berikan kupon 10 gratis satu setiap penjualan galon. Siapa pun yang telah mengumpulkan 10 kupon tersebut, ia berhak mendapat gratis satu galon air isi ulang. Strategi ini akan sangat menarik pelanggan untuk mengumpulkan kupon yang artinya mereka akan selalu memesan air isi ulang Anda.

  1. Depot yang bersih

Konsumen pastilah memilih depot air isi ulang yang bersih sebelum memesan dan memutuskan menjadi pelanggan. Dengan kebersihan depot, Anda memberikan jaminan bahwa air yang Anda jual pun merupakan air yang bersih dan layak dikonsumsi.

  1. Kualitas air yang baik

Selain kebersihan depot, konsumen juga menilai kualitas air yang mereka beli. Jika pertama kali membeli saja mendapati kualitas air isi ulang yang buruk, maka mereka pasti tak akan lagi memesan air Anda. Sebaliknya, jika konsumen puas dengan kualitas air yang baik, mereka akan terus setia menjadi pelanggan Anda. Makin banyak pelanggan setia, makin banyak omset pendapatan bisnis Anda.

  1. Miliki karyawan

Jangan memaksakan diri mengerjakan semuanya, dari menyuling air hingga mengantar galon. Jika pemesanan sudah sangat banyak, hal itu akan memperlambat kinerja Anda. Carilah karyawan yang ulet dan jujur untuk membantu pekerjaan Anda. Dengannya pengantaran galon pun tak akan terlambat dan pelanggan tak akan merasa kecewa.

  1. Jaga pelanggan Anda

Jangan pernah sekalipun mengecewakan pelanggan Anda. Pengiriman yang cepat, kualitas yang baik dan pelayanan yang ramah akan membuat pelanggan Anda puas. Kesuksesan bisnis sangat tergantung pada pelanggan. Tidak ada pelanggan maka tidak ada bisnis. Makin banyak pelanggan maka semakin tinggi omset pendapatan.

Demikian 10 cara meningkatkan omset penjualan air isi ulang sebagai strategi pemasaran Anda. Unggullah dalam persaingan, layani sepenuh hati para pelanggan dan raihlah omset sebesar-besarnya. Semoga sukses!

10 Cara Meningkatkan Penjualan Bahan Bangunan

Selain pangan dan sandang, papan pula menjadi kebutuhan pokok manusia. Karena itulah toko bahan bangunan merupakan salah satu  bisnis dengan peluang menjanjikan. Peluang tersebut dapat diraih dengan melakukan beberapa strategi. Lakukan strategi atau cara berikut untuk meningkatkan penjualan bahan bangunan.

  1. Beri potongan harga

Berilah potongan harga kepada pembeli yang memborong bahan bangunan toko Anda. Jika pembeli melakukan transaksi pembelian di batas harga tertentu, berilah potongan harga sekian persen. Memberi potongan harga akan membuat pelanggan senang dan akan berkunjung kembali ke toko Anda.

  1. Beri bonus hadiah

Selain potongan harga, memberikan bonus pembelian juga mampu membuat pelanggan puas dan gembira. Bonus di sini tak perlu hadiah mahal. Cukup souvenir cantik seperti payung, t-shirt,jam dinding, kalender atau barang lain yang bergambar logo brand toko Anda.

  1. Jeli dengan momen

Di momen atau musim tertentu, penjualan bahan bangunan akan meningkat. Di musim hujan misalnya, penjualan pipa atau paralon akan mengalami peningkatan. Atau di saat menjelang hari kemerdekaan, maka cat yang mengalami peningkatan. Jadikan momen ini sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan bahan bangunan.

  1. Jual barang berkualitas

Konsumen akan selalu menilai barang yang mereka beli. Jika konsumen menemukan kualitas yang baik dari toko bahan bangunan Anda, maka sang mereka pasti akan menjadikan toko Anda sebagai toko langganan. Apalagi kualitas pada bahan bangunan sangat berdampak pada kekuatan dan keawetan bangunan.

  1. Pelayanan yang ramah

Pelayanan toko bahan bangunan sering kali tak enak dipandang. Pelayanan yang ramah dapat meningkatkan kualitas toko bahan bangunan di mata konsumen. Pelayanan yang ramah pula dapat meningkatkan jumlah pelanggan, yang artinya pula meningkatkan penjualan bahan bangunan.

  1. Kerja sama dengan pemborong

Pemborong tukang bangunan selalu membutuhkan bahan bangunan. Jalinlah hubungan yang akrab dan jalin kerja sama agar pemborong merekomendasikan toko bahan bangunan Anda kepada siapa pun yang menggunakan jasanya.

  1. Marketing ke proyek pembangunan

Siapkan tim pemasaran untuk menawarkan toko bahan bangunan Anda ke kompleks perumahan yang tengah dibangun. Kebutuhan kompleks perumahan akan bahan bangunan sangatlah besar dan mampu meningkatkan penjualan toko cat bahan bangunan dengan sangat drastis.

  1. Cari lokasi strategis

Cara ini sebetulnya hanya bisa dilakukan di awal pembukaan toko bangunan. Tentu lokasi toko yang berdekatan dengan proyek pembangunan perumahan akan sangat mudah meningkatkan penjualan bahan bangunan. Jika saat ini lokasi toko Anda kurang strategis dan berdampak buruk pada pendapatan, mungkin Anda perlu berpikir untuk memindahkan toko bahan bangunan ke lokasi yang lebih strategis.

  1. Buat poster

Buatlah sebuah poster besar yang dipanjang di depan toko bahan bangunan. Isi poster bisa berupa promo yang Anda berikan, hadiah yang ditawarkan atau kualitas yang dijanjikan. Buatlah desain poster semenarik mungkin agar memancing perhatian orang-orang yang lewat.

  1. Sediakan jasa tukang bangunan

Menjual bahan bangunan plus menyediakan jasa tukang bangunan yang kompeten adalah ide cerdas untuk meningkatkan penjualan. Setiap orang yang mengalami kerusakan rumah atau ingin merenovasi, misalnya, bisa memperoleh solusi hanya dengan pergi ke toko Anda. Mereka tak perlu mencari tukang lain yang notabene kinerjanya tak bisa begitu saja dipercaya. Hal ini tentu akan disambut secara positif oleh para konsumen.

 

Demikian sepuluh cara meningkatkan penjualan bahan bangunan. Gunakan cara tersebut sebagai kunci untuk meraih omset berlipat ganda. Jika Anda lebih giat melakukan marketing, maka pendapatan akan terus meningkat dan kesuksesan sudah ada di depan mata.

Saat itu, mungkin Anda perlu memutuskan untuk membuka cabang di banyak tempat strategis, di beberapa daerah potensial. Saat itu, Anda mungkin akan merekrut lebih banyak pegawai yang artinya Anda turut berjasa membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Inilah 13 Cara Meningkatkan Penjualan Baju Anak Online

Saat ini jumlah penjual online semakin menjamur dan fashion adalah salah satu produk yang paling diminati. Karena itu perlu banyak cara dalam menghadapi persaingan yang berat agar penjualan selalu meningkat.

Kabar baiknya, penjual baju anak online dapat dibilang memiliki peluang yang lebih tinggi. Pasalnya, anak-anak selalu membutuhkan baju di setiap tahap tumbuh kembang mereka. Sehingga hampir semua penjual baju anak online tak pernah sepi pembeli jika si pelaku bisnis melakukan strategi marketing dengan baik. Untuk menangkap peluang tersebut, berikut beberapa cara meningkatkan penjualan baju anak online.

  1. Beri harga promo

Beli satu gratis satu, atau beli tiga diskon sekian persen, atau promosi harga serupa dapat membuat pembeli tertarik pada produk Anda. Berilah harga promo terutama saat persaingan sangat ketat, misalnya di bulan Ramadhan menjelang Hari Raya.

  1. Pelayanan cepat

Penjualan online harus mengutamakan layanan yang fast respons dan fast delivery. Hal ini merupakan salah satu poin yang dipertimbangkan pembeli untuk membeli rating bintang lima pada Anda. Tentu citra positif akan menunjang peningkatan penjualan baju anak di toko online Anda.

  1. Tawarkan harga grosir

Berikan harga khusus grosir jika konsumen membeli produk dalam jumlah banyak. Pastikan pembeli Anda mendapat untung yang cukup banyak jika menjual kembali barang Anda. Hal ini menjadi kesempatan untuk menerima order dalam jumlah yang banyak.

  1. Jual produk unik

Baju anak yang lucu dan tidak pasaran menjadi pertimbangan orang tua untuk membeli. Meski harganya sedikit mahal sekalipun, mereka tak segan membelinya asalkan produknya berkualitas, bagus, serta berdesain lucu dan unik.

  1. Jual paket

Beberapa konsumen lebih menyukai pembelian satu set baju ketimbang membeli per item. Buatlah paket baju plus celana, bahkan plus topi dan sepatu, dengan harga yang lebih murah dibanding membeli satuan. Atau bisa pula membuat paket sarung plus sajadah anak, atau dress plus bandana, gamis plus jilbab, dan lain sebagainya. Tawarkan harga miring untuk setiap paket tersebut.

  1. Beri layanan antar gratis

Gratis ongkos kirim sangat diminati setiap pembeli, terutama bagi mereka yang tinggal di luar Jawa. Karena itu, tawarkan gratis ongkos kirim bagi pelanggan Anda. Untuk menghindari kerugian, Anda bisa memasang syarat ongkir dengan adanya pembelian minimum sekian rupiah.

  1. Beri garansi

Kekurangan membeli baju secara online yakni ukuran yang tak bisa dicocokkan secara langsung. Karena itu, berilah garansi penukaran produk jika pembeli mengalami kekecilan atau kebesaran ukuran. Garansi ini akan sangat diapresiasi pembeli hingga mampu meningkatkan penjualan baju anak online Anda.

  1. Pajang foto yang menarik

Pastikan display foto yang ditampilkan merupakan foto terbaik. Jika perlu, bayar bantuan jasa fotografer untuk mengambil gambar produk-produk Anda agar nampak profesional.

  1. Cara pembayaran yang mudah

Beri layanan dengan menerima segala jenis pembayaran, debit atau kredit, serta transfer dari bank manapun. Kemudahan pembayaran merupakan nilai plus yang dapat menunjang peningkatan penjualan baju anak di toko online Anda.

  1. Daftar di berbagai marketplace

Jadilah penjual tepercaya di beberapa marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya. Daftarlah di semua marketplace tersebut namun jangan sampai kewalahan mengurusnya.

  1. Aktifkan sosial media

Tawarkan pula produk Anda melalui sosial media favorit seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Manfaatkan media sosial sebagai alat marketing penjualan baju anak online Anda.

  1. Ikuti tren

Fashion dan tren tak mungkin terpisahkan. Karena itu, ikutilah selalu tren lalu update produk Anda sesuai tren yang ada. Sebagai contoh, film apa yang sedang marak dibicarakan, maka karakter film itu sangat diminati sebagai gambar baju anak.

  1. Jual baju impor

Para orang tua muda saat ini tengah digandrungi baju anak impor yang berkualitas meski harganya lebih mahal daripada baju lokal. Bagi beberapa konsumen, kualitas adalah nomor satu dibanding mengejar harga yang murah. Karena itu jangan takut untuk menambah produk toko Anda dengan cara impor. Sekarang ini pun banyak penjual online yang menawarkan baju anak impor berkualitas namun dengan harga miring.

Persaingan dalam bisnis tak mungkin dielakkan. Justru karena adanya persaingan, para pelaku bisnis makin terpacu semangatnya untuk lebih giat memasarkan dan lebih inovatif dalam menghasilkan produk. Karena itu, jangan harapkan penjualan baju anak online Anda meningkat jika enggan melakukan cara dan strategi agar bertahan dalam gelombang persaingan.

 

Ini Dia Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Bakso, dari Kaki Lima Menjadi Pebisnis Handal

 

Memulai usaha pastilah dari yang terkecil. Meski saat ini Anda baru menjual bakso setaraf kaki lima, bukan berarti Anda tak mampu menjadi pelaku bisnis pemilik banyak kedai bakso terkenal. Untuk menuju impian tersebut, perlu upaya keras dan pantang menyerah. Berikut tips untuk meningkatkan penjualan bakso dengan cara yang cepat dan sukses.

  1. Membuka cabang

Salah satu cara membuat bisnis bakso Anda berkembang ialah dengan membuka cabang. Semakin banyak kedai atau warung bakso Anda, maka omset penjualan bakso pun akan semakin meningkat. Namun cara ini tentu membutuhkan modal yang besar. Sisihkanlah sekian persen laba untuk ditabung dan membuka cabang kedai.

  1. Membuka waralaba

Jika membuka cabang terlalu memberatkan terutama dari segi dana, maka waralaba atau franchise adalah solusinya. Anda akan mendapat banyak keuntungan dari penjualan waralaba meski tak menjanjikan laba yang besar dalam penjualan. Namun untuk menawarkan waralaba, Anda harus memiliki brand atau merk yang kuat. Meski demikian, jika Anda sukses melakukannya, bisnis bakso Anda akan sangat terkenal dan penjualan bakso pastilah akan meningkat.

  1. Buat bakso unik dan kreatif

Buatlah menu bakso dengan ide yang berbeda, baik bentuknya atau rasanya ataupun penyajiannya. Ide kreatif dalam membuat resep bakso akan menarik minat banyak pembeli. Mereka penasaran dengan bakso yang berbeda dari biasanya. Perhatikanlah bakso kreatif yang bermunculan, sebut saja bakso kotak, bakso beranak, bakso tebak dan lain sebagainya.

  1. Racik rasa yang lezat

Ide kreatif harus selaras dengan kualitas rasa yang lezat. Seunik apapun bakso Anda, jika rasanya hambar, maka pengunjung tak akan menyukainya. Mereka akan memilih bakso bulat biasa namun rasanya lezat ketimbang bakso unik dan kreatif namun rasanya tak nikmat.

  1. Beri harga yang murah

Kedai bakso dapat ditemui di mana saja. Karena itulah persaingan bisnis bakso sangatlah ketat. Agar unggul dalam persaingan tersebut, berilah harga yang murah untuk semangkok bakso. Jika ada dua kedai bakso yang sama-sama lezat namun memasang harga yang berbeda, maka konsumen akan tertarik dengan kedai yang menjual bakso lebih murah.

  1. Daftar BPOM dan Halal MUI

Daftarkan brand bakso Anda ke dinas kesehatan dan sertifikasi halal MUI. Pendaftaran keduanya sebetulnya saat mudah. Dua hal yang perlu anda lakukan adalah mendaftar ke lembaga atau dinas terkait, serta pastikan produksi bakso terjamin kesehatan dan kehalalannya. Dengan adanya dua sertifikat tersebut, bisnis bakso Anda akan makin disukai konsumen. Anda pun dapat meningkatkan penjualan bakso dengan efektif dan mudah.

  1. Pikirkan nama brand yang menarik

Buatlah sebuah brand bakso yang unik dan menarik. Pikirkan sebuah nama yang dapat membuat konsumen selalu teringat brand Anda, atau membuat mereka tertawa geli, atau kaitkan dengan fasilitas kedai dan jenis bakso yang dijual.

  1. Seragam pelayan

Berilah seragam untuk para karyawan Anda. Buat seragam tersebut dengan desain yang unik dan berwarna khas kedai Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen untuk mendatangi kedai. Seragam pula harus selaras dengan pelayanan yang prima, ramah dan memuaskan konsumen.

  1. Menjaga kebersihan kedai

Kebersihan adalah salah satu faktor utama agar penjualan bakso Anda meningkat. Konsumen tentu akan memilih makan atau membeli makanan di tempat yang bersih. Pasalnya, kedai yang bersih tentu mencerminkan kehigienisan produk yang dijual.

  1. Promosi

Bisnis apapun selalu membutuhkan promosi untuk meningkatkan penjualan. Bisnis bakso pun harus giat melakukan promosi, baik melalui sosial media, memasang iklan, menyebarkan brosur, memasang poster dan lain sebagainya. Kesuksesan promosi dan strategi marketing akan berdampak sangat besar pada meningkatnya penjualan bakso Anda.

 

Jadi, jangan pernah menyerah dalam membesarkan bisnis Anda. Jika satu cara tak berhasil, maka cobalah cara yang lain. Jika cara satu tak berhasil, maka cobalah banyak cara sekaligus. Semakin anda berusaha, niscaya akan semakin meningkat penjualan bakso Anda.

 

 

15  Strategi Paling Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Barang

 

Barang apapun yang Anda jual, membutuhkan strategi untuk memasarkannya. Tanpa strategi marketing yang efektif, penjualan barang Anda akan sulit ditingkatkan. Ikuti 15 strategi berikut agar penjualan barang meningkat dan terus meningkat.

  1. Lakukan inovasi

Inovasi adalah cara tepat agar penjualan barang tak pernah mati. Makin banyak inovasi yang dilakukan pelaku bisnis, makin tinggi peningkatan penjualan barang. Bisnis adalah tentang inovasi dan marketing. Tanpa keduanya, bisnis tak akan bertahan lama. Pun demikian dengan barang yang anda jual.

  1. Miliki pelanggan loyal

Buatlah pelanggan anda selalu setia pada brand barang Anda. Caranya dengan melakukan branding yang kuat serta memberikan pelayanan yang amat sangat memuaskan kepada pelanggan.

  1. Manfaatkan pelanggan

Jadikan pelanggan setia Anda sebagai agen promosi. Berikan harga spesial kepada mereka yang mempromosikan barang Anda. Dengannya, brand Anda akan makin dikenal kalangan luas.

  1. Berikan diskon

Diskon juga dapat menjadi strategi agar pelanggan selalu loyal pada brand barang Anda. Mereka akan senang jika sering kali mendapat tawaran diskon.

  1. Buat Kemitraan

Makin banyak yang menjual barang Anda, maka penjualan barang Anda pun semakin meningkat. Karena itulah Anda memerlukan mitra yang akan menjual barang Anda. Kemitraan bisa dilakukan dengan membuka agen, reseller atau bahkan franchise.

  1. Minta testimonial

Mintalah testimonial kepada pelanggan Anda. Lalu gunakan testimonial tersebut sebagai bahan marketing penjualan barang. Testimonial yang positif dapat mengangkat brand Anda dan membuat Anda meraih pelanggan baru.

  1. Berjualan secara online

Buatlah toko online untuk memperluas jangkauan pasaran barang. Sungguh rugi seorang yang berbisnis secara offline namun enggan membuka penjualan online.

  1. Optimalisasi toko online dengan SEO

SEO sangat wajib dimiliki website atau toko online agar dikunjungi banyak orang. Dengannya, toko online Anda berada di pencarian teratas google. Konsumen yang mencari via google pun akan mengklik web Anda. Saat ini SEO menjadi strategi yang banyak dilakukan pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan barang.

  1. Pasang iklan di Google

Jika SEO terlalu ribet untuk diterapkan dalam web Anda, maka manfaatkan saja layanan Google Adwords. Hanya saja, Anda harus membayar agar Google mengiklankan web Anda dengan menaruhnya di pencarian teratas.

  1. Manfaatkan sosial media

Ada tiga sosial media yang bisa anda manfaatkan untuk menjual barang, yakni Facebook, Twitter dan Instagram. Pengguna ketiga medsos tersebut sangat banyak sehingga memberikan peluang yang besar untuk melakukan promosi. Sosmed tersebut juga memberikan layanan pasang iklan, namun dengan membayar tentunya.

  1. Manfaatkan aplikasi pesan singkat

WhatsApps, BBM, Line dan lain sebagainya dapat menjadi media marketing yang sangat efektif. Bahkan sms pula masih ramai digunakan orang untuk melakukan promosi penjualan barang. Manfaatkan segala cara pesan singkat tersebut untuk meningkatkan penjualan.

  1. Manfaatkan Youtube

Buatlah video menarik untuk promosi barang Anda. Jika terlalu ribet untuk membuat video, pasanglah iklan di Youtube. Saat ini pengguna Youtube di Indonesia mencapai puluhan juta pengguna. Bayangkan jika mereka semua berpotensi menjadi pelanggan Anda.

  1. Daftar marketplace

Daftarlah menjadi penjual di beberapa marketplace seperti tokopedia, shppee, bukalapak, olx dan lain sebagainya.

  1. Beriklan di media

Koran, buletin, majalah, hingga televisi dan radio merupakan media efektif untuk beriklan. Buatlah desain dan kalimat promo iklan barang jualan Anda semenarik mungkin. Lalu pasanglah di media-media tersebut.

  1. Buat bahan marketing

Buatlah poster, brosur hingga bussines card sebagai bahan marketing penjualan barang Anda. Pasang atau sebarkan bahan marketing tersebut agar brand anda makin dikenal dan penjualan barang pun meningkat.

 

Demikian 15 strategi yang dapat diupayakan para pelaku bisnis. Itulah cara efektif untuk meningkatkan penjualan barang Anda. Cobalah cara-cara tersebut dan raihlah omset yang berlipat-lipat ganda

 

Baca Juga

  1. Inspirasi 500 Kisah Pengusaha Sukses Dalam Dan Luar Negri Untuk Bisnis Anda
  2. Jasa Press Release Premium Ke 500 Media Di Dunia Khusus Untuk Brand Perusahaan Anda
  3. Pelajari 300 Langkah Perkembangan Servis di Bisnis Travel Saat Ini
  4. 200 Rencana Bisnis Untuk Memulai Usaha Di Bidang Fashion
  5. Jasa SEO Google Untuk Perusahaan UKM  Start UP  Corporate
  6. 250 Tips Dan Ide Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Kuliner
  7. Memulai Bisnis Dengan 101 Ide Dan Inspirasi Usaha Untuk Anda
  8. 12 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Toko Anda
  9. Email Marketing
  10. 7 Cara Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel
  11. 1000 Ide Dan Tips Bisnis Online Untuk Menaikkan Omzet dan Profit Bisnis
  12. Pasang Iklan
  13. 1001 Cara Meningkatkan 1000% Omzet Penjualan Di Berbagai Industry Bisnis
  14. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
  15. Media Promosi Usaha Anda
  16. 8 Bisnis Kuliner Nusantara Yang Wajib Di Teladani
  17. 10 Usaha Unik Dan Kreatif Yang Paling Menguntungkan Di Jakarta
  18. Website dan Toko Online Product UMKM
  19. 7 Peluang Usaha Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil
  20. 5 Cara Jitu Terjun Ke Bisnis Online
  21. Jasa Maintenance Social Media

 

artikel ini akan trus diupdate jadi pastikan anda CTR D ( bookmark ) website / post ini di browser anda , agar anda dapat mudah menemukanya , bila kedepannya anda ingin mengecek update an artikel ini

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =

You May Also Like