Cara Tingkatkan Penjualan Anda di Facebook & IG

Berjualan di Facebook sebetulnya sangat menggiurkan dan menguntungkan. Namun itu hanya berlaku bagi pelaku usaha yang memahami cara…

Berjualan di Facebook sebetulnya sangat menggiurkan dan menguntungkan. Namun itu hanya berlaku bagi pelaku usaha yang memahami cara dan trik promosi dengan benar. Jika tak melakukan strategi yang tepat, pelanggan tak akan didapat, penjualan pun sulit meningkat, meski Anda menggunakan jasa iklan facebook sekalipun.

Berikut ini cara efektif yang dapat diterapkan guna meningkatkan penjualan Anda di Facebook. Jika cara berikut diterapkan dengan baik, maka tak ayal bisnis Anda dapat berkembang pesat.

Cara Tingkatkan Penjualan Anda di Facebook & IG

 

Namun hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai cara berikut, alangkah baiknya jika Anda fokus pada satu jenis sosial media ketimbang berjualan di banyak sosmed namun tak terurus. Untuk saat ini, cobalah memfokuskan promo bisnis melalui Facebook.

 

  1. Berteman sesuai Target Pasar

Cara pertama untuk meningkatkan penjualan di facebook yakni dengan berteman sesuai target pasar produk atau jasa Anda. Sangat penting untuk berteman dengan orang-orang yang masuk dalam target pasar Anda. Misal, Anda berjualan jersey anggota klub sepak bola tertentu. Maka orang-orang yang perlu berteman di facebook Anda adalah para anggota fans club tersebut.

Jika Anda sulit menemukannya, manfaatkan search Intertest yang ada pada facebook. Masukan keyword sesuai produk atau jasa Anda. Bahkan lebih dari itu, Anda juga bisa mengintip page dari brand besar pesaing produk Anda. Intiplah siapa saja yang mengikuti ataupun berteman dengan laman brand tersebut, lalu kirim request pertemanan pada mereka.

Untuk melakukan cara ini, Anda juga harus berhati-hati. Jika Anda terlalu banyak merequest banyak untuk menjadi teman, facebook bisa saja memblokir akun Anda. Karena itu, lakukanlah request 10 teman saja per hari, sedikit namun sering. Semakin banyak teman Anda yang sesuai dengan target pasar, maka semakin mudah untuk Anda melakukan promosi.

  1. Page yang Menarik

Halaman facebook jualan tak ada bedanya dengan toko online. Karena itu, buatlah Page semenarik mungkin yang dapat menarik minat para pengguna facebook. Untuk itu, Anda perlu menyertakan foto-foto yang apik, video yang menarik, hingga artikel yang informatif.

Untuk foto, Anda perlu memasukkan foto produk dengan kualitas studio. Dibanding video dan posting, foto atau gambar adalah poin penting untuk membuat tampilan page usaha Anda menarik. Adapun untuk video, Anda tak perlu bersusah payah menguploadnya via Youtube. Uploadlah video buatan Anda sendiri langsung di facebook. Percayalah, viewer dan komentar video facebook asli akan jauh lebih banyak dibanding Anda memberikan link Youtube.

Selain itu, jangan lupakan pula pentingnya posting artikel yang bermanfaat, tentu dengan tema yang masih berkaitan dengan usaha Anda. Belajarlah menulis kreatif untuk membuat artikel menarik. Jika tak ingin bersusah payah, Anda hanya memerlukan jasa freelance writer untuk membuatkan artikel menarik untuk Anda.

  1. Tingkatkan EdgeRank

Cara terakhir untuk meningkatkan penjualan di facebook yakni dengan tingginya edgerank. Jika Anda memposting di facebook, berapa lama postingan tersebut akan bertahan dalam newsfeed teman-teman Anda? Jika seorang teman Anda memiliki ribuan teman, maka postingan tersebut hanya muncul dalam hitungan menit. Saking cepatnya, postingan Anda bahkan tak dilihat teman-teman Anda kecuali sedikit.

Karena itulah sangat penting untuk meningkatkan EdgeRank. Caranya, rajin dan rutinlah memosting. Apapun postingan itu, semakin sering kita memosting maka semakin tinggi kesempatan teman-teman facebook melihat postingan tersebut. Jangan lupa sertkan foto dan video agar teman-teman Anda tak melewatkannya begitu saja.

Cara lain untuk meningkatkan EdgeRank yakni dengan meraih comment, like dan share sebanyak-banyaknya. Semakin banyak Anda mendapatkan respons, semakin viral postingan tersebut. Karena itu, Anda harus rajin membalas setiap komentar dan melakukan share agar banyak pembaca postingan Anda.

 

Demikian tiga cara sederhana namun dapat menjadi langkah jitu untuk meningkatkan penjualan di Facebook. Selamat mencoba.

 

12 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Selain Facebook, Instagram pula menjadi media sosial yang ramai dimanfaatkan pelaku usaha untuk menjajakkan bisnis. Selain memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, Instagram memiliki banyak fitur yang sangat nyaman dan sangat cocok untuk membuka usaha. Selain itu, ada banyak cara mudah yang dapat dilakukan agar penjualan di Instagram selalu meningkat.

  1. Perbanyak Follower

Follower merupakan calon pembeli Anda. Semakin banyak follower yang Anda miliki, makin banyak kesempatan untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Karena itulah, Anda hendaknya memiliki follower asli dan bukan sekedar membelinya. Tentu bukan hal mudah untuk mendapatkan jutaan follower, namun Anda bisa melakukan banyak cara untuk mendapatkannya.

 

  1. Follow Target Pasar

Salah satu cara untuk menambah follower adalah melakukan follow terlebih dahulu. Targetkan pasar dari produk atau jasa yang Anda jual. Anda bisa mengintip follower atau penyuka akun kompetitor yang telah memiliki brand besar. Followlah akun-akun follower tersebut. Dengan berbekal kesukaan yang sama, akun-akun tersebut berpotensi menjadi follower Anda.

  1. Shoutout for Shoutout

Yakni cara promosi silang dengan akun pelaku usaha lain di Instagram. Buatlah kerja sama dengan mereka untuk saling mempromosikan produk. Tentu akun yang diajak bekerja sama merupakan pelaku usaha yang bergerak di ranah bisnis yang berbeda jauh dari usaha Anda. Cara promosi ini cukup efektif untuk menambah follower dan tentunya meningkatkan penjualan.

  1. Lakukan Endorse

Pilihlah selebgram yang memiliki follower sesuai target pasar Anda. Gunakan jasanya untuk melakukan endorse produk atau jasa yang Anda jual. Cara ini banyak dilakukan sebagai strategi instagram marketing yang cukup efektif.

  1. Program Giveaway

Seringlah memberikan giveaway produk Anda pada akun terpilih dengan syarat menjadi follower. Selain menambah deret calon pembeli, giveaway juga meningkatkan branding dan meningkatkan ketertarikan pasar pada produk Anda.

  1. Perbanyak Hashtag

Hashtag layaknya keyword yang membuat produk Anda dapat mudah ditemukan para pengguna Instagram. Karena itu, manfaatkan hashtag dengan beragam kalimat yang kiranya menjadi keyword dalam pencarian.

  1. Fokus Niche

Fokuslah dalam melakukan promosi melalui Instagram. Jika Anda menjual cemilan misalnya. Postinglah segala hal tentang cemilan saja dan buatlah akun dengan nama yang sesuai seperti @cemilansehat atau @jajananmurah dan lain sebagainya.

  1. Buat Profil yang Lengkap

Lengkapi profil akun Instagram Anda agar calon pembeli memiliki kepercayaan tinggi bahwa akun Anda adalah penjual asli dan bukan penipu. Anda bisa menyebut alamat, kontak atau bahkan link menuju toko online Anda ataupun gerai marketplace Anda.

  1. Posting di Jam yang Tepat

Waktu di mana para pengguna instagram online yakni saat sarapan atau berangkat kerja, siang hari ketika istirahat, serta malam hari sebelum tidur. Pastikan Anda memosting produk di tiga waktu tersebut agar banyak follower yang melihatnya.

  1. Posting Foto Transaksi dan Komentar

Jangan sekedar posting foto produk saja. Sewaktu-waktu, postinglah foto lain yang menunjukkan resi pengiriman, atau bukti transaksi, atau paket-paket yang menumpuk siap kirim, atau bisa juga komentar dari pembeli. Hal ini dapat berdampak besar bagi kepercayaan calon pembeli pada akun jualan Anda.

  1. Tonjolkan Harga Diskon

Cara lain untuk meningkatkan penjualan di Instagram yakni menonjolkan harga diskon. Cara ini bisa dilakukan dengan menulis harga asli yang dicoret, kemudian menebalkan harga setelah diskon. Hal ini bisa menarik minat lebih pada calon pembeli Anda.

  1. Gencar Promosi

Setelah melakukan semua cara di atas, jangan lupakan usaha Anda untuk melakukan promosi secara terus menerus. Promosi tidak harus selalu menampilkan produk. Anda bisa melakukan promosi melalui video penggunaan produk, artikel yang bermanfaat, foto tutorial dan lain sebagainya.

 

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Meski butuh banyak effort, namun cara ini sangat manjur untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Cobalah semua cara dan yakinlah penjualan Anda akan mengalami peningkatan berpuluh kali lipat.

 

0 Shares:
You May Also Like