Cara Membuat Bento Jepang Sederhana

Bento Jepang, pernah mendengar kata Bento sebelumnya? Bagi penggemar Jepang dan ibu-ibu muda pasti sering mendengar kata Bento karena ibu-ibu muda suka mencari ide menu baru untuk bekal sekolah anak kesayangannya. Betul ya? He he

Tapi, mungkin ada di antara kamu yang masih belum tahu Bento itu apa dan bagaimana sejarahnya. Nah, di artikel ini zowhy akan membahas asal muasal Bento Jepang sekaligus cara paling sederhana untuk membuatnya!

thespruceeate.com

Apa itu Bento?

Bento adalah makanan favorit asal Jepang yang biasa disajikan sebagai bekal untuk sekolah. Umumnya, makanan ini ditata dengan sangat baik sehingga memiliki tampilan yang sangat menarik. Cocok untuk anak-anak.

Menurut laman Tsunagu Japan, kata bento berasal dari Cina, dan makna aslinya adalah “mudah” atau “praktis” (walaupun sekarang ditulis dengan kata berbeda). Meskipun sebenarnya orang Jepang telah membuat makanan berbahan nasi yang mudah dibawa selama berabad-abad, kotak bento pernis yang umum kita temui sekarang baru dibuat pada abad ke-16, bertepatan dengan munculnya kata bento pertama kali di dalam kamus. Kemudian, bento benar-benar dipraktikkan secara umum selama zaman Edo (1603-1868), dan pada periode itu pula buku masak ditulis sebagai panduan untuk membuatnya.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bahan – Bahan Pembuatan Bento Ala Jepang

  • 40 gram tuna kalengan
  • 400 gram nasi Jepang
  • 1/3 sdt garam
  • 1 sdm mayones
  • Cetakan onigiri

Langkah Sederhana Pembuatan Bento

  • Langkah pertama, campurkan tuna kalengan dengan saus mayones, lalu aduk hingga rata. Sisihkan.
  • Ambil mangkuk, masukan nasi panas ke dalamnya.
  • Percikkan garam pada nasi, aduk nasi hingga rata.
  • Siapkan cetakan onigiri, kemudian isi dengan nasi hingga setengah full. Agar lebih padat, kamu bisa memasukan nasi sambil ditekan secara lembut.
  • Ambil tuna, kemudian oleskan di atas nasi hingga merata. Tambahkan kembali nasi di atasnya sampai cetakan onigiri penuh.
  • Tutup cetakan onigiri, buka kembali dan keluarkan onigiri dari cetakan. Tata sedemikian rupa ke dalam kotak bekal.

Tambahan Menu yang Bisa Kamu Pilih

  • Aneka gorengan: chicken katsu, kroket.
  • Ikan-ikanan : ikan tuna, salmon, tongkol dan jenis ikan lainnya.
  • Berbagai acar: acar wasabi, acar timun, kimchi.
  • Masakan yang dipanggang, sayuran rebus dan tumis-tumisan.

Tambahan menu di atas adalah digunakan untuk pilihan isian Bento sendiri. Kamu bisa menggunakan makanan berprotein, makanan sederhana yang dapat dibuat di rumah atau bahkan makanan beku, seperti karaage (ayam goreng), bakso, sosis mini, dan steak hamburger (secaman daging cincang yang dibentuk menjadi patty).

Namun sesekali, sayur-sayuran jangan lupa digunakan. Untuk kamu yang sudah mahir memasak, mungkin suka membuat makanan yang agak rumit, tetapi untuk bento,sedikit tambahan sayur brokoli atau bayam rebus saja sudah cukup. Tomat mini juga bisa digunakan pada bento untuk memberi aksen warna yang cerah. Selain itu, beberapa irisan tamagoyaki (telur dadar gulung) bisa ditambahkan agar Bento terlihat lebih berwarna.

Nah setelah beberapa langkah di atas sudah selesai dilakukan, kamu bisa menyajikan dengan berbagai menu tambahan untuk menunjang kadar gizi dari Bento sendiri. Sesuaikan saja dengan selera yang diinginkan. Bento Jepang yang sehat dan bergizi seimbang siap disantap dan disajikan untuk keluarga!

Bagaimana? Mudah, bukan?

zowhy adalah sebuah platform online yang menyediakan berbagai kursus bahasa asing; diantaranya ada kelas 10 bahasa asing termasuk bahasa Jepang lho! Kelas bahasa Jepang cocok untuk kamu penggemar kuliner ataupun budaya Jepang agar lebih memahami dan menyerap pengetahuan tentang Jepang lebih luas lagi. Tutor terbaik yang sudah tersertifikasi dan ahli di bidangnya siap membantu kamu sampai mahir.

Baca juga: Kursus Bahasa Jepang

Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke yang lain ya!

Dapatkan update info-info menarik lainnya dengan subscribe newsletter zowhy, sign up dulu yuk!

error: Content is protected !!