Branding Produk Otomotif

Branding Produk Otomotif

Zowhy.com – Branding Produk Otomotif , Industri otomotif yang semakin berkembang telah memberikan banyak ruang untuk kemunculan sejumlah brand produk mobil. Ada beberapa contoh branding produk otomotif yang tumbuh subur dan terkenal di dunia.

Produk otomotif jenis mobil merupakan salah satu produk yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Berdasarkan jenisnya, produk mobil ini hadir dengan berbagai macam jenis sesuai fungsi dan kegunaan tertentu.

Tidak hanya sebagai produk yang memenuhi kebutuhan keluarga, produk otomotif ini juga diperuntukkan dalam bisnis atau usaha tertentu. Mobil pick up dan truck misalnya, mobil-mobil jenis ini sangat membantu dalam kegiatan bisnis atau usaha.

Kini di Indonesia sudah banyak berkembang brand mobil yang memenuhi pasar industri otomotif, mereka mencoba peruntungan di Indonesia adag produk-produknya dapat dikenali oleh banyak orang, mengingat Indonesia merupkan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

Nah, kali ini akan kami paparkan contoh branding produk otomotif dan cara mengembangkannya. Simak dengan saksama!

Branding Produk Otomotif
Branding Produk Otomotif

Contoh Branding Produk Otomotif

Dengan beragam jenis dan harga yang ditawarkan brand otomotif produk mobil telah memenuhi pasar otomotif Indonesia. Dengan segala fungsi yang sesuai kebutuhan brand-brand besar ini telah berhasil menarik perhatian para konsumennya.

Berbagai kelengkapan fitur dan fungsi yang sesuai kebutuhan serta berteknologi canggih ditawarkan dengan cuma-cuma. Hal tersebut yang menjadi faktor utama beberapa brand menancap kuat di hati masyarakat Indonesia. Inilah contoh branding produk otomotif yang dapat mengisnpirasi Anda.

1. Toyota

Brand yang populer di Indonesia ini berasal dari negara Jepang. Toyota Motor Corporation (TMC) adalah pabrik industri otomotif yang telah menghasilkan banyak macam mobil dengan model, fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Sebagai perusahan mobil terbesar di dunia, Toyota mampu memproduksi 1 unit mobil setiap 50 menit dan dapat menghasilkan sekitar 8 hingga 8,5 juta unit mobil setiap tahun di seluruh dunia.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentu merek mobil ini sudah tidak asing lagi. Bahkan di tahun 2015, Toyota mendapat predikat sebagai brand terlaris di Indonesia. Toyota Agya dan Toyota Avanza merupakan jenis produk yang banyak terjual saat itu.

Dengan harga yang terjangkau, Toyota mampu menawarkan performa mesin yang tangguh dan handal, suku cadangnya pun murah dan mudah didapatkan. Hal ini tentu menjadi faktor utama kenapa mobil Toyota menjadi brand yang populer di Indonesia.

Kesuksesan branding Toyota memang tidak hanya terletak pada nama merk yang sudah mendunia, namun kualitas yang prima dan sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia menjadik faktor pendukung yang kuat.

2. Honda

Kepopuleran produk Honda di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Salah satu perusahaan otomotif yang berdiri pada 24 September 1948 di Jepang ini, telah menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959.

Honda Motor Company telah menjadi produsen berbagai produk otomotif seperti mobil, truk, sepeda motor dan skuter yang laris manis di pasaran. Tidak hanya itu. Honda juga mengeluarkan beberapa produk lain seperti generator listrik, mesin kelautan, kendaraan segala medan dan peralatan taman.

Jenis mobil keluaran Honda seperti Honda Jazz dan Honda Brio kini menjadi primadona berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Produk Honda tersebut banyak diminati oleh kalangan anak muda maupun orang tua karena kualitas dan desainnya.

Dari segi kualitas Honda terkenal dengan ketangguhan mesinnya dan desain mobil yang mewah dan sporty. Sehingga pantas jika produk-produk otomotif Honda ini menjadi salah satu brand yang terpopuler di Indonesia.

3. Suzuki

Menjadi salah satu produsen produk otomotif brand Suzuki sudah banyak dikenal oleh orang  Indonesia. Suzuki memproduksi berbagai macam produk otomotif seperti kendaraan roda dua, mobil, mesin, dan ATV.

Sebagai salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Brand Suzuki  tetap komitmen dengan karakteristik kualitas yang ditawarkannya. Mobil buatan Suzuki yang banyak diminati seperti Suzuki Wagon R, Suzuki Ertiga maupun Suzuki Swift memberikan kualitas yang prima bagi penggunanya.

Produk-produk Suzuki terkenal dengan harganya yang terjangkau dan juga irit bahan bakar. Tak salah jika, produk-produk otomitif Suzuki ini mampu bersaing ketat dengan kompetitor utamanya yakni Honda dan Toyota.

Cara Mengembangkan Brand Otomotif

Agar penjualan produk otomotif mobil Anda meningkat drastis, diperlukan brand otomoif  yang kuat. Kekuatan sebuah brand bisa diperoleh melalui proses branding yang tepat.

Proses branding produk otomotif tidak hanya terkait nama namun semua hal yang melekat pada produk tersebut dapat mempengaruhi proses branding. Setelah mengetahui contoh branding produk otomotif, berikut cara mengembangkan brand otomotif yang dapat Anda pelajari.

1. Pemasangan Iklan

Untuk melakukan branding produk otomotif Anda dapat memulainya dengan memasang sebuah iklan diberbagai media komunikasi. Pemasangan iklan produk otomotif dapat dilakukan pada televisi, media sosial maupun media youtube dalam bentuk video.

Pemasangan iklan sangatlah penting. Hal ini agar para konsumen tertarik dan mengenal produk otomotif Anda secara visual. Melalui iklan televisi produk Anda akan dikenal secara luas dengan menjangkau segala aspek kehidupan mulai dari perkotaan hingga pedasaan.

Dengan iklan video yang berkualitas akan membantu Anda menghemat pengeluaran perusahaan karena tidak membutuhkan biaya yang mahal dan cukup efektif. Dengan durasi video yang tidak terlalu panjang para konsumen sudah bisa mengetahui spesifikasi produk yang Anda tawarkan. Hal tersebut tentu berpeluang meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk otomotif Anda.

Melalui akun media sosial yang perusahaan miliki, juga dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran mobil atau produk otomotif lainnya. Semakin banyaknya pengguna media sosial aktif sangat berpeluang proses branding Anda sukses menarik hati para konsumen. Dengan unggahan konten yang berkualitas terkait produk otomotif Anda tentu akan mempercepat brand Anda dikenal dan diingat oleh para konsumen.

Pemasangan iklan memang sangat efektif menarik perhatian para calon konsumen produk otomotif. Namun perlu diingat bahwa iklan yangn dipasang pun harus berkarakter dan berkualitas baik agar mudah dipahami oleh para konsumen.

2. Obral Akhir Tahun

 Untuk mengembangkan brand produk otomotif, Anda dapat melakukan strategi branding dengan memberikan obral akhir tahun. Anda dapat menawarkan berbagai keuntungan di akhir tahun seperti hadiah, diskon, kupon, voucher, atau keuntungan menarik lainnya.

Dengan berbagai keuntungan yang Anda tawarkan di akhir tahun, bukan tidak mungkin penjualan Anda akan meningkat dan brand otomotif akan dikenal secara baik. Brand dengan citra positif akan mendatangkan konsumen yang loyal dan berdampak baik pada perusahaan Anda.

baca juga

3. Kontes Produk Otomotif

Kontes produk otomotif menjadi salah satu media yang efektif dalam mengenalakan produk ke masyarakat terutama orang yang hobi dengan otomotif. Tidak hanya sebagai ajang promosi, melalui kontes Anda juga dapat melakukan survei terhadap target pasar untuk mengetahui produk apa yang diminati.

Itulah contoh branding produk otomotif dan cara mengembangkannya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang kini sedang menggeluti bisnis otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like