Branding Produk Minuman Kekinian

zowhy.com.com – Branding Produk Minuman , Bisnis kuliner kian hari kian berkembang, tak terkecuali bisnis produk minuman kekinian yang hadir dengan berbagai karakter. Banyak contoh branding produk minuman kekinian yang sukses melakukan penjualan hingga ribuan cup per hari.

Berbagai merk franchise minuman kekinian telah menjamur dengan variasi produk yang berbeda-beda. Mulai dari kopi susu, cheese tea, boba, thai tea dan lain sebagainya. Tertarik membuat brand minuman Anda sendiri?

Dengan menciptakan brand minuman kekinian yang unik dan menarik pasti akan membuat produk minuman Anda cepat viral. Tak usah gusar dengan banyaknya kompetitor usaha minuman kekinian, dengan keunikan yang Anda tawarkan dan sistem branding yang memuaskan Anda akan tetap memiliki porsi sendiri di pasaran.

Ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa contoh branding minuman kekinian yang sedang viral di Indonesia sekarang ini. Dengan mengetahui tren pemasaran saat ini dan selera pasar yang sedang naik akan memudahkan Anda dalam memulai dan menjalankan bisnis ini.

Yuk simak contoh branding produk minuman kekinian yang viral di Indonesia berikut ini. Ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang buntu mencari ide atau cara dalam mengembangkan sebuah usaha minuman.

Contoh Brand Produk Minuman

Di antara berbagai macam brand produk minuman di Indonesia, beberapa di antaranya telah sukses menarik banyak konsumen dan menjadi besar berkat tren atau sustain berkembang perlahan. Berikut contoh branding produk minuman kekinian asal Indonesia dengan brand yang sudah besar dan sukses.

chatime

1. Chatime                                         

Sudah pernah kah Anda merasakan minuman kekinian bubble tea? Minuman ini merupakan minuman teh dengan tambahan topping pearl atau boba. Minuman ini sangat populer di kalangan anak muda sejak tahun 2019 hingga kini.

Sebagai pelopor frinchise minuman boba di Indonesia, Chatime berada di bawah naungan Grup Kawan Lama Sejahtera. Chatime pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 2011 di Mall Living World Alam Sutera, Tangerang.

Dengan banyaknya menu varian yang ditawarkan banyak kalangan anak muda yang tertarik dan menggandrungi minuman satu ini. Meskipun kini sudah banyak kompetitor yang mulai usaha dengan produk yang sama. Brand chatime Indonesia tetap berjaya dan memiliki banyak cabang di Indonesia.

2. Haus

Frinchise minuman Thai tea ini berdiri pada tahub 2018. Di awal kemunculannya, produk Thai tea ini harus bersaing keras dengan tren produk kopi susu yanng kala itu sedang naik daun. Namun siapa sangka, produk Thai tea ini tetap mendapat tempat tersendiri bagi penikmat minuman non kafein, sehingga dapat berkembang pesat hingga saat ini.

Brand Haus dinaungi oleh PT Inspirasi Bisnis Nusantara dan diprakarasai oleh Gufron Syarif dengan 3 rekannya. Sampai 2020, Haus telah memiliki 113 gerai di Indonesia, mayoritas berlokasi di wilayah Jabodetabek.

Meskipun terkenal dengan Thai teanya, brand ini juga menawarkan berbagai varian menu lainnya yang tentunya tidak kalah enak, seperti jus hingga es kopi.

Branding Produk Minuman

3. Kopi Janji Jiwa

Brand kopi Janji Jiwa pertama kali muncul pada tahun 2017 di ITC Kuningan Jakarta. Brand ini beradadi bawah naungan PT Luna Boga Naraya, salah satu perusahaan yang sudah cukup berpengalaman bergelut di bidang kuliner.

Kini brand ini menjadi salah satu favorit para pecinta minuman berkafein. Bahkan hingga tahun 2020, kopi Janji Jiwa telah membuka lebih dari 1000 outlite di seluruh Indonesia. Di tahun 2021, brand ini juga berencana untuk melebarkan sayap dengan membuka beberapa outlite di negara tetangga.

Rasa minuman kopi yang ditawarkan oleh Janji Jiwa ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan harga terjangkau dan bersaing dengan brand minuman kopi lainnya kualitas produk yang ditawarkan sangat memuaskan.

Sejak awal membuka sistem franchise, kopi Janji Jiwa menawarkan harga 85 hingga 115 jutaan untuk lisensinya saja. Namun dengan banyaknya outlite yang sudah dibuka bahkan hingga Papua, kemungkinan besar kesempatan untuk bermitra saat ini sangat kecil. Manajemen kopi Janji Jiwa bisa jadi tidak akan mudah melepas lisensi waralaba lagi untuk kota besar di Indonesia.

Tips Membuat Nama Brand Minuman Menarik

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis minuman kekinian dan meraih sukses seperti contoh branding produk minuman ternama di atas, hal utama yang perlu Anda pikirkan adalah pemilihan nama brand atau merek yang tepat.

Ya, sebuah produk dengan brand menarik, tentu akan membuat omzet meningkat dan berpengaruh terhadap kinerja bisnis yang positif.

Inilah beberapa tips membuat nama brand minuman yang menarik untuk bisnis Anda.

1. Merek Belum Pernah Dipakai

Sebagai salah satu unsur utama yang dilihat dan ditemui oleh konsumen. Tentu Anda menginginkan memiliki nama brand yang tidak sama dengan merek lainnya bukan?

Sebagai wajah dari bisnis minuman Anda, Anda harus menentukan nama merk yang belum pernah sama sekali dipakai. Untuk mengetahui sebuah nama brand sudah atau belum pernah dipakai Anda dapat menemukannya dengan bantuan situs pencarian Google.

Jika merk yang Anda pilih tidak ditemukan dan tidak memiliki kesamaan dengan merk yang sudah ada, maka Anda bisa menggunakannya sebagai merek dagang produk minuman Anda.

Karena jika memakai merk yang sama dengan yang sudah ada, bisa jadi Anda akan dikenakan pelanggaran hak cipta sehingga produk-produk Anda akan kalah saing atau tidak dapat mencapai target konsumen.

Agar lebih meyakinkan Anda dapat mencari informasi pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual untuk mengetahui nama brand yang sudah ada dan terdaftar secara resmi.

2. Ciptakan Nama yang Unik

Apa yang membuat Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan hingga produk minuman Coca Cola populer? Ya, mereka memiliki nama brand yang sangat unik.

Tips kali ini dalam menentukan merk produk minuman adalah dengan mencari nama yang unik. Dengan nama yang unik tentu akan membuat banyak orang tertarik.

Seperti kebanyakan brand minuman tingkat internasional, mereka memakai nama brand yang sangat unik dan menarik.

Dengan nama yang unik mampu membuat merk tersebut bertahan lama di pasar, tanpa takut tersaingi bahkan tergeser dengan produk serupa yang bermunculan. Nama yang unik memiliki brand awereness yang sangat kuat, sehingga dapat melekat pada ingatan siapa pun yang telah mengenalnya.

3. Buat Nama Brand yang Pendek

Setelah memilih nama brand yang unik dan menarik, tips selanjutnya adalah Anda dapat memilih nama pendek dari produk minuman Anda.

Ketika hendak mengenalkan produk minuman Anda, pilihlah nama brand yang pendek. Dengan brand yang pendek, produk minuman kekinian akan lebih mudah diingat.

Nama brand yang bagus dan baik adalah nama brand yang mengandung tidak lebih dari tiga suku kata. Dengan karakter seperti itu, nama brand Anda akan mudah diingat.

Dengan toleransi tiga suku kata, nama sebuah brand jelas akan mudah diingat dan diucapkan saat konsumen berinteraksi dengan brand tersebut.

baca juga

Itulah contoh branding produk minuman kekinian yang viral di Indonesia dan tips membuat nama brand minuman yang menarik. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!