Biografi BJ Habibie, Mimpi dan Kenangan

Siapa yang tidak mengenal sosok kharismatik yang sangat diidolakan masyarakat Indonesia ini? Berkat kegigihannya, beliau dapat mewujudkan mimpi-mimpi masa kecilnya. Siapakah beliau?

Beliau adalah BJ Habibie. Berikut sudah zowhy rangkum biografi singkat, juga tentang mimpi, kenangan, dan pesan-pesan positifnya. Semoga langkahnya bisa menginspirasi pejuang mimpi seperti kamu ya!

Baca juga: Kursus Bahasa Jerman

Biografi BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai mantan presiden Republik Indonesia ke 3, lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Tak lama setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.

Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung.

Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari habitat-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

Mimpi Membangun Pesawat

Mimpi membangun pesawat ini bukanlah tanpa alasan. Menurut Habibie, dengan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan, kebutuhan transportasi udara akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun.

Angkutan udara menggunakan pesawat terbang lebih cepat dan mudah menjangkau ke pulau-pulau atau ke daerah rural di Indonesia.

Selain itu, Indonesia menjadi pasar penjualan pesawat jarak dekat-menengah terbesar di dunia. Namun potensi yang begitu besar belum bisa dimanfaatkan industri dirgantara dalam negeri.

Meski belum selesai 100%, pesawat rancangan Habibie ini sudah banjir pesanan. Pada 2015 lalu tercatat, sebanyak 145 unit pesawat turbo prop R80 sudah dipesan sejumlah maskapai.

Bacharuddin Jusuf Habibie terlibat dalam proses pengembangan proyek pesawat R80. Sumber lain menyebutkan pesawat tersebut sedang dalam proses desain. Namun, Presiden ke-3 RI ini tidak bisa menjadi saksi saat pesawat ini selesai.

BJ Habibie Meninggal

Namun, pada tanggal 11 September 2019 lalu, BJ Habibie menutup usia untuk selama-lamanya. Pemakaman dilakukan di Rumah Sakit Pusat Gatot Soebroto Jakarta. Bj Habibie menutup usia saat berumur 83 tahun.

Quotes BJ Habibie

Meski sudah tiada, perkataan BJ Habibie yang dikenal sebagai “Bapak Teknologi” ini masih dikenang dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Apakah kamu salah satunya? Berikut daftar quotes ala Bapak Habibie yang khas namun inspiratif.

Di manapun engkau berada selalulah menjadi yg terbaik dan berikan yang terbaik dari yg bisa kita berikan.

Bagi para calon sarjana, silahkan merenungkan sendiri langkah yang akan ditempuh agar bisa bersinergi positif dalam kehidupan.

Kebahagiaan dan kesedihan tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Di balik senyum seseorang, ada sesuatu yang kamu tidak akan pernah mengerti.

Kata – Kata BJ Habibie Tentang Cinta

Apa lagi yang kamu idolakan dari sosok Habibie selain kecerdasannya? Apalagi kalau bukan kehidupan romantisnya bersama sang istri, Ainun!

B.J Habibie juga memiliki tempat di hati banyak masyarakat lantaran kisah cintanya dengan sang istri, Ainun, yang begitu sukses membuat baper di kalangan masyarakat. Kata-kata romantis yang diberikannya tersebut berisi ungkapan hati dan perasaan yang tulus untuk ibu Ainun hingga akhir hayatnya. Beberapa sudah zowhy rangkum dari berbagi sumber untuk kamu.

Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang ke luar bersama ke arah yang sama”. “Cinta itu keikhlasan, tak ada paksaan ataupun rasa pelampiasan”.

“Seorang pria tidak akan menjadi pria besar tanpa adanya wanita hebat di sisinya yang selalu memberi dukungan dan harapan, dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil”

“Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapa pun” 

“Kekurangan terhadap pasangan, menjadi sesuatu yang membuat hubungan seharusnya saling melengkapi” .

“Saya tidak bisa menjanjikan banyak hal. Tapi yang jelas, saya akan menjadi suami yang terbaik untuk Ainun.”

“Mau ganteng atau tidak, kalau hatinya tidak satu frekuensi, bagaimana?”

“Cinta sejati itu memandang kelemahan lalu diubah menjadi sebuah kelebihan untuk selalu mencintai”.

“Seorang pria tidak akan pernah menjadi seorang pria yang besar tanpa adanya perempuan hebat di sisinya, yang selalu memberi dukungan dan harapan dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil.”

“Terkadang yang kamu butuhkan bukanlah seseorang yang pintar menasihati, tapi seseorang yang tulus mendengarkan dan memahami.”

“Mencintai bukan dengan menemukan seseorang yang sempurna, tapi dengan melihat seseorang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna.”

“Kamu itu orang paling keras kepala dan paling sulit yang pernah aku kenal. Tapi jika aku harus mengulang hidupku, aku akan tetap memilih kamu.”

Referensi:

Admin. Bacharudin Yusuf Habibie Masa Bhakti 1998. kepustakaan – presiden.perpusnas.go.id https://kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id/biography/?box=detail&presiden_id=4&presiden=habibie

Larasati, Novi H.2020. 30 Kata-Kata Romantis B.J Habibie Tentang Cinta Sejati yang Penuh Makna dan Bikin Baper. https://www.diadona.id/relationship/30-kata-kata-romantis-bj-habibie-tentang-cinta-sejati-yang-penuh-makna-200930p.html

Gambar:

Freepik.com, wikipedia.com

error: Content is protected !!