Bernard Arnault , Total Kekayaan Rp539,5 Triliun

Table of Contents Hide Posisi 11 Terkaya Di Dunia Dengan Bisnis FashionAkusisi Brand Brand Fashion Mewah dan PerhiasanDalam…

Coba Anda sebutkan Bisnis Fashion Brand mewah yang menjadi favorit Anda? Apakah Louis Vuitton , Christian Dior, Fendi atau DKNY ? Ya, kepopuleran semua brand mewah tersebut adalah berkat tangan dingin seorang Bernard Jean Étienne Arnault.

Meskipun Arnault bukan pendiri dan pemilik brand tersebut, tetapi peran Arnault membuat brand tersebut mendunia seperti sekarang.

Posisi 11 Terkaya Di Dunia Dengan Bisnis Fashion

Ia pun menduduki peringkat 11 dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2017 versi majalah Forbes. Dengan kekayaan yang mencapai US$41,5 miliar atau senilai Rp539,5 triliun. Arnault juga menjadi orang terkaya di Prancis versi Forbes menggeser kedudukan Liliane Bettencourt.

Arnault dilahirkan dari keluarga yang sangat kaya raya pada 5 Maret 1949 di Roubaix, Prancis. Kedua orangtuanya mempunyai perusahaan properti dan konstruksi sendiri yaitu Ferret-Savinel.

Arnault kecil mengenyam pendidikan di Ecole Polytechnique sembari bekerja sambilan pada bisnis keluarganya tersebut.

Ia pun belajar bisnis dari perusahaan tersebut, hingga Arnault diberi kepercayaan untuk membuat beberapa proyek properti.

Puncaknya, saat Arnault dipilih untuk membuka cabang Bisnis Fashion  keluarganya di Palm Beach, Florida, Amerika pada tahun 1981. Arnault beserta dengan anak istrinya pun turut pindah ke Amerika.

Kepindahan ini juga dilatarbelakangi karena situasi politik yang tidak bersahabat dengan dirinya. Tiga tahun kemudian, saat situasi politik telah membaik, Arnault beserta keluarganya kembali lagi ke Prancis dan mendirikan sebuah perusahaan properti sendiri yang dinamai Ferinel.

 

Akusisi Brand Brand Fashion Mewah dan Perhiasan

Selanjutnya, Arnault mulai agresif mengakuisisi beberapa perusahaan brand mewah. Ia membeli Financiere Agache sebuah perusahaan perhiasaan.

Selanjutnya ia mengambil alih perusahaan Boussac. Adapun Boussac adalah perusahaan tekstil yang telah memiliki sebuah brand produk mewah yaitu Christian Dior. Di tangannya, brand Dior terus berkembang hingga saat ini.

Puncaknya saat ia membeli LVMH (Louis Vuitton Moët Hennessy) senilai US$1,5 juta di tahun 1987 dan menjadikannya sebagai transaksi bisnis terbesar sepanjang sejarah Prancis.

Pada bulan Januari 1989, Arnault menggelontorkan US$500 juta lagi untuk menguasai saham sebesar 43,5 persen dari Bisnis Fashion   LVMH, dan 35 persen hak suara, sehingga mencapai batas minoritas yang dia perlukan untuk menghentikan pembongkaran kelompok LVMH. Pada tanggal 13 Januari 1989, dia dengan suara bulat memilih ketua dewan eksekutif manajemen.

 

Dalam 11 Tahun Bisnis Fashion LVMH  Naik 500%

Sejak saat itu, Arnault memimpin perusahaan tersebut melalui rencana pengembangan yang ambisius, mengubahnya menjadi salah satu grup brand mewah terbesar di dunia, bersama Swiss Richemont dan Kering yang berbasis di Prancis.

Dalam sebelas tahun, nilai pasar LVMH telah dikalikan setidaknya lima belas, sementara, secara simultan, penjualan dan keuntungan naik sebesar 500%.

Pada bulan Juli 1988, Arnault mengakuisisi Céline. Pada tahun 1993, LVMH mengakuisisi Berluti dan Kenzo. Pada tahun yang sama, Arnault membeli koran ekonomi Prancis La Tribune.

Perusahaan Bisnis Fashion  tersebut tidak pernah mencapai kesuksesan yang diinginkan, terlepas dari investasi 150 juta euro, dan dia menjualnya pada bulan November 2007 untuk membeli sebuah surat kabar ekonomi Prancis yang berbeda Les Échos, untuk 240 juta Euro.

Pada tahun 1994, LVMH mengakuisisi perusahaan parfum Guerlain. Pada tahun 1996, Arnault membeli Loewe, diikuti oleh Marc Jacobs dan Sephora pada tahun 1997.

Merek ini juga diintegrasikan ke dalam kelompok: Thomas Pink pada tahun 1999, Emilio Pucci pada tahun 2000 dan Fendi, DKNY dan La Samaritaine pada tahun 2001.

Pada 1990-an, Arnault memutuskan untuk mengembangkan sebuah pusat di New York untuk mengelola kehadiran LVMH di Amerika Serikat. Dia memilih Christian de Portzamparc untuk mengawasi proyek ini. Hasilnya adalah LVMH Tower 24 lantai di Manhattan, Amerika Serikat, yang dibuka pada bulan Desember 1999.

 

List Kekayaan Bernard Arnault

  1. Hotel di Pegunungan Alpen Prancis

Le Cheval Blanc, yang terletak di Pegunungan Alpen Prancis, memiliki resor ski yang indah dan desain yang luar biasa untuk menyesuaikan standar para tamunya.

Hotel ini memiliki interior mewah dan dihiasi dengan kulit binatang dan karpet bulu. Hotel ini menawarkan 34 kamar untuk para tamu. Kamar ini sangat eksklusif dan memiliki standar yang sangat tinggi. Chalet ski dan penthouse mewah menambah keindahan hotel.

  1. Gedung Yayasan Louis Vuitton

Frank Gehry merancang bangunan untuk Yayasan Louis Vuitton untuk Penciptaan. Dibangun dengan menghabiskan dana sebesar US$127 juta dan terletak di sebuah taman besar di Paris, Bois de Boulogne.

 

  1. Bisnis Kapal Pesiar

Pada tahun 2008, Arnault membeli yacht Princess seharga 253 juta Euro untuk memulai bisnis kapal pesiarnya.

  1. Penyulingan Anggur dan Anggur

Bernard Arnault sangat menyukai anggur dan kelompok merek mewahnya LVMH karenanya memiliki sekitar sebelas merek berbeda termasuk Moët et Chandon, Krug, Hennessy, Chateau d’Yquem dan banyak lagi. Arnault suka menghabiskan liburan di daerah dengan kebun anggur yang indah. Bordeaux adalah salah satu daerah kebun anggur favorit Arnault.

  1. Properti Arnault

Arnault dan keluarganya memiliki sejumlah rumah di berbagai belahan dunia. Mereka juga memiliki kebun anggur dan yacht bersama dengan sebuah pulau di Bahama.

Bagian paling populer dari perkebunan tersebut adalah rumahnya di St. Tropez, Cheval Blanc Hotel di Pegunungan Alpen dan Chevrolet Blanc berusia 150 tahun di Bordeaux yang dimiliki oleh Arnault dan Albert Frere.

  1. Pulau Indigo

Arnault membeli Pulau Indigo yang menakjubkan di Bahama dengan senilai US$ 35 juta. Pulau ini dikenal sebagai “pulau surga.” Pulau Indigo menyebar lebih dari 135 hektar dan dikenal dengan vila mewah di puncak bukit yang ditawarkan kepada para tamu. Pulau Indigo menyediakan makanan perhotelan dan eksotis serta rasa rileks.

 

7 Fakta Menarik tentang Bernard Arnault

#1 Arnault Menyukai Tenis

Ia sangat menyukai tenis dan sering terlihat bermain tenis agar tetap aktif dan bugar secara fisik. Petenis kesayangannya tak lain adalah legenda Swiss Roger Federer. Dia tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menonton pertandingan tenis di lapangan terbuka Prancis dan sering terlihat di kotak VIP bersama keluarganya.

#2 Arnault Memiliki Yacht Mewah

Arnault merupakan pemilik kapal pesiar bernama Amadeus yang dibuat pada tahun 1969 dengan segala kemewahannya. Kapal pesiar super adalah simbol kemewahan dan membawa keunggulan bagi gaya hidup Arnault. Dia melengkapi interior kapal pesiar dengan desain dari desainer interior Zuretti yang terkenal. Kapal pesiar Amadeus dengan panjang 230 kaki dan memiliki mesin yang kuat. Kapal pesiar tersebut telah didatangi orang-orang terkenal seperti penyanyi U2 Bono dan tokoh politik Inggris Tony Blair di kapal, bersama keluarga mereka.

#3 Mendukung Women on the Pledge Board for Europe

LVMH juga merupakan salah satu perusahaan Eropa yang telah berjanji untuk meningkatkan jumlah kehadiran perempuan dalam boardroom mereka. Ikrar “Women on the Pledge Board for Europe” berusaha membuat kehadiran wanita mencapai setidaknya 30% pada akhir tahun 2015 dan sampai 40% pada tahun 2020.

#4 Pianis yang Mahir

Bernard Arnault mengambil pelajaran piano saat kecil dan merupakan pianis klasik yang terlatih. Arnault dikenal bermain piano di waktu luangnya. Istri kedua Arnault, Hélène Mercier, juga seorang pianis dan bermain di konser. Dikatakan bahwa kisah cinta Arnault dengan istri keduanya dimulai karena istrinya terkesan dengan keterampilan bermain piano Arnault. Arnault adalah penggemar berat Chopin dan mencoba memainkan komposisinya.

#5 Pecinta Keluarga

Dalam biografinya, “The Creative Passion,” Bernard Arnault menekankan akan nilai pentingnya keluarga. Arnault mengaku selalu sarapan pagi dengan anak bungsunya setiap hari. Selain itu, anak-anak tertua Arnault juga berbicara tentang pentingnya nilai keluarga dan bagaimana mereka tumbuh mengikuti dan menghargai nilai-nilai tersebut.

 

#6 Pecinta seni

Bernard Arnault memiliki apresiasi yang luar biasa terhadap seni dan dikenal sebagai salah satu kolektor seni terbesar. Koleksinya terdiri dari beberapa seniman termasuk Picasso, Henry Moore, Andy Warhol dan Yves Klein. Koleksi Arnault dikenal sangat kontemporer. LVMH didirikan sebagai pelindung seni di Prancis karena cinta Arnault untuk seni dan kreativitas.

 

baca juga

Amancio Ortega Billionaire Spanyol Berkat ZARA Fashion

900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri

 

#7 Dijuluki ‘Donald Trump dari Prancis

Bernard Arnault telah dipuji dengan disebut Donald Trump dari Prancis. Trump seperti Arnault adalah pengusaha yang dikenal dan dihormati. Kesamaan antara keduanya adalah dalam hal membentuk kerajaan yang lebih besar daripada kehidupan, memperoleh merek yang berbeda dan memastikannya berkembang. Trump juga memiliki estetika bisnis ekslusif dan seperti Arnault adalah pemilik sebuah kerajaan besar.

0 Shares:
You May Also Like