Belajar Bahasa Korea Jadi Lebih Cepat Dengan Cara Ini

zowhy.com – Bahasa Korea belakangan ini sepertinya jadi bahsa yang sedang naik daun dan banyak peminat untuk mempelajarinya. Entah itu untuk keperluan kuliah di Korea Selatan atau sebagai syarat sebelum bisa berangkat menjadi TKI di Korea Selatan.

Kuliah di Korea makin menjadi pilihan sebab terdapat banyak universitas berkualitas yang menerima mahasiswa dari Indonesia. Kalau untuk tenaga kerja, pihak Korea Selatan biasanya rutin membuka lowongan tenaga kerja di bidang manufaktur maupun perikanan.

Tapi sebelum mimpi untuk melanjutkan studi atau bekerja di Korea Selatan terwujud, ada hal yang harus dipersiapkan salah satunya ialah belajar Hangugeo atau bahasa Korea. Untuk mengetes kemampuan bahasa Korea, biasanya menggunakan tes yang disebut TOPIK (Test of Proficiency In Korean). Tips belajar bahasa Korea yang ada berikut ini bisa dijadikan pedoman untuk memulai belajar bahasa Korea hingga sampai menguasai dan lulus tes TOPIK.

Simak Tips-tips Ini Agar Cepat Menguasai Bahasa Korea

1. Niat yang kuat

Hal yang paling penting dari segala usaha adalah niat, termasuk untuk belajar bahasa Korea. Ketika sudah bertekad untuk bisa menguasai bahasa Korea, maka semuanya akan terasa mudah dan menyenangkan, asalkan ditunjang dengan metode yang tepat.  Tidak ada yang instan di dunia ini, belajar bahasa Korea harus disertai kesabaran dan dedikasi yang tinggi untuk mencapai kemampuan yang cukup

2. Kuasai Penggunaan Huruf Hangeul

Hangeul ialah aksara atau abjad Korea, yang wujudnya kelihatannya agak mirip dengan huruf Mandarin dan Jepang. Namun jika diperhatikan lebih detail akan jelas terlihat perbedaannya, huruf Korea cenderung lebih sederhana dan mudah ditulis.

Awali dengan belajar huruf Hangeul dari huruf vokal, setelah hafal, baru kemudian bisa melanjutkan untuk belajar huruf konsonannya. Belajar huruf Hangeul sangat penting karena huruf inilah yang jadi huruf utamanya, orang Korea tidak terlalu terbiasa menggunakan alfabet latin. Pelajari dengan sabar dan jangan terburu-buru, karena ada beberapa huruf yang nampak mirip.

3. Pelajari Cara Baca dan Tulisnya

Coba tulislah semua huruf Hangeul yang sudah dipelajari, kemudian cobalah untuk menulis nama-nama orang yang Anda kenal atau kata-kata keseharian. Ulangi tahap ini terus menerus sampai kamu bisa menulis tanpa mencontek list huruf yang kamu tulis di awal. Jika sudah lancar menulis, cobalah untuk melafalkan cara baca dari rangkaian huruf Korea tersebut. 

4. Jangan Takut Salah & Beranikan Berbicara

Salah satu poin penting belajar bahasa apapun ialah tak takut melakukan kesalahan dan berani berbicara kosa katanya. Bahasa sebagai cara berkomunikasi harus bisa dituturkan secara baik dan benar, termasuk pelafalannya. Khususnya pada saat belajar bahasa Korea, penguasaan bahasanya tidak akan berkembang jika tidak diimbangi  dengan praktek berbicara.

Hal ini bisa dilakukan dengan lebih optimal saat belajar di tempat kursus bahasa Korea. Melakukan praktek bicara dengan teman kursus atau guru pengajar yang sudah fasih berbahasa Korea. Dengan bergabung di tempat kursus maka bisa menjadi wadah untuk membiasakan diri dengan obrolan-obrolan dalam bahasa Korea.

Supaya lebih terbiasa dengan bahasa Korea, cobalah untuk membiasakan diri dengan hal sederhana di kehidupan sehari-hari seperti mengubah pengaturan bahasa di ponsel atau menempelkan sticky notes di item sehari-hari di sekitar rumah menggunakan bahasa Korea.
 

 

5. Sering-seringlah Berlatih

Kunci utama dalam belajar bahasa asing khususnya bahasa Korea adalah komitmen yang dipegang. Jika ingin cepat bisa berbahasa Korea maka harus mau berlatih sesering mungkin, secara lisan maupun tulisan. Luangkan waktu khusus untuk berlatih agar dapat mengasah kemampuan bahasa tersebut. Jangan cepat putus asa dan terus semangat berlatih, apabila di tempat kursus, manfaatkan kehadiran guru pengajar untuk bertanya hal yang belum dikuasai.

6. Perbanyak Kosakata

Saat sudah mahir dengan huruf Hangeul dan cukup lancar melafalkannya, sekarang saatnya untuk memperbanyak kosakata. Bisa dimulai dari kosa kata dasar untuk kehidupan sehari-hari misalkan nama hari, sebutan angka, frasa percakapan sederhana. Bisa juga yang lebih spesifik, seperti percakapan dengan topik mengunjungi Korea, sebaiknya lebih fokus dalam kosa kata yang berhubungan dengan petunjuk arah atau transportasi.

Akan lebih membantu jika menuliskan setiap kosa kata yang baru dipelajari di notes/catatanyang mudah dibawa ke manapun. Cara ini juga dapat membantu untuk mengingat pelajaran / materi baru dan melatih penulisan Hangeul.

7. Gunakan Konglish

Ada istilah Konglish dalam bahasa Korea, arti Konglish ialah kata pinjaman yang meminjam bunyi dan makna dari kata bahasa Inggris. Kata-kata ini sangat mudah dikenali dan cukup familiar karena terdengar seperti kata dalam bahasa Inggris, hanya saja diucapkan dengan aksen Korea.

Misalnya, kata ‘keop’ yang berasal dari kata ‘cup’. Kata ‘kape’ dari kata bahasa Inggris ‘cafe’. Atau ‘pija’ dari kata ‘pizza’, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Masuk ke kursus bahasa Korea

Akan ada saatnya ketika sedang belajar bahasa Korea malah kehilangan motivasi untuk belajar. Jangan sampai hal itu terjadi, temukan cara lain untuk menjaga rutinitas belajar tetap menyenangkan, bisa dengan cara mengikuti kelas di kursus bahasa Korea.

Hadir di kelas bersama orang-orang yang mempunyai niat belajar yang sama, yakni ingin menguasai bahasa Korea. Dalam kelas kursus bahasa Korea bisa lebih dinamis dibanding belajar sendiri di rumah. Karena adanya feedback secara langsung dari guru pengajar dan bisa secara aktif berinteraksi dengan siswa lainnya.

Disini bisa melatih skill speaking maupun listening sambil belajar tentang bab-bab penting seperti tata bahasa dan pelafalan. Belajar bahasa Korea jadi tidak gampang membosankan karena ada teman yang bisa diajak belajar bersama.

9. Tentukan tujuan belajar bahasa Korea

Seluruh poin-poin di atas merupakan tips yang bisa dicoba untuk belajar bahasa Korea dengan cepat. Termasuk dengan mengikuti kursus bahasa Korea agar penguasaanya dapat lebih optimal. Namun, jika belajar tanpa memiliki tujuan tertentu, besar kemungkinan malah akan kewalahan dengan semua materi pelajaran dan akan mudah bosan saat belajar.

Mantapkan tujuan belajar untuk membuat strategi belajar yang mencakup poin apa saja yang mesti dipelajari. Ini dimaksudkan agar motivasi untuk belajar tetap terjaga dan bisa mencapai tujuan dengan baik. Pikirkan alasan mengapa mempelajari bahasa Korea dan buatlah tujuan yang spesifik, terukur, realistis, dan sesuai dengan waktu agar tetap fokus dalam belajar.

Nah, itulah ulasan mengenai cara-cara belajar bahasa Korea yang bisa diterapkan agar mampu menguasainya dengan lebih cepat. Sangat disarankan untuk mengikuti kursus bahasa Korea agar penguasaan bahasanya lebih optimal, karena dibimbing oleh guru pengajar yang berpengalaman.

Ditambah lagi dengan modul dan materi yang diajarkan secara intensif akan mampu meningkatkan kemampuan membaca maupun menulis huruf Hangeul. Setelah selesai kursus, diharapkan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Korea dengan cukup lancar. Untuk itu, sudah siap untuk menerapkan tips-tips pada ulasan di atas?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!