Belajar Bahasa Jepang di Lister.co.id

Zowhy.com – Jepang terkenal dengan kemajuan industri otomotifnya. Bahkan Jepang saat ini masih menguasai pasar dunia di bidang tersebut. Tidak terkecuali di Indonesia.

Di Indonesia bahkan hampir semua merek motor dan mobil adalah hasil pabrikan Jepang. Sebut saja yamaha, honda, suzuki, kawasaki, hyundai, toyota dan masih banyak lagi. Jika kita ke jalan raya pasti yang akan kita lihat adalah mobil ataupun motor dengan merek tersebut.

Meskipun sekarang sudah mulai masuk beberapa merek dari negara lain, seperti wuling dari China. Namun,daya beli masyarakat masih dominan untuk merek-merek hasil pabrikan jepang.

Selain desainnya yang elegan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita, merek-merek jepang juga sudah terbukti kualitas dan keandalannya.

Majunya teknologi otomotif di Jepang tentunya juga menandakan akan majunya pendidikan di negara tersebut. Terutama adalah berkaitan dengan teknologi otomotif.

Kebutuhan akan tenaga kerja profesional juga setiap saat pasti ada, bahkan menuntut jumlah yang tidak sedikit. Tentunya dengan banyaknya merek yang memiliki pasar multinasional, membuat setiap perusahaan bersaing secara ketat untuk melahirkan teknologi baru bagi perkembangan produk yang mereka buat.

Jika tidak demikian, perusahaan tersebut akan tertinggal dengan perusahaan lain sehingga lambat laun akan ditinggalkan. Persaingan inilah yang kemudian membuat teknologi berkembang sangat pesat.

Jika kita menyukai tantangan dan bersaing untuk lebih maju dalam segi wawasan dan ilmu pengetahuan terkait teknologi, Jepang adalah salah satu negara yang mungkin recomended untuk membantumu meraih itu.

Kamu biasa memilih untuk melanjutkan studi disana dan kemudian merasakan juga persaingan di dunia industri otomotif kelas internasional dengan bekerja di sana.

Negeri yang terkenal dengan sebutan Negeri Samurai ini juga memberikan fasilitas bagi mahasiswa asing yang ingin berkuliah di sana. Bahkan Jepang juga memberikan berbagai beasiswa kepada mahasiswa asing.

Tetapi jika kamu ingin berkuliah dengan biaya sendiri juga sangat memungkinkan, meskipun uang yang akan kamu keluarkan pastinya tidak akan sedikit.

Selain karena kita harus mengeluarkan biaya kuliah dan biaya penginapan selama di sana, kita juga harus berdamai dengan biaya hidup yang sangat mahal. Bahkan rata-rata pengeluaran untuk biaya hidup selama satu bulan di Tokyo dan Kyoto bisa mencapai 15 – 30 juta jika di rupiahkan.

Tokyo dan Kyoto adalah kota yang paling recomended untuk belajar di Jepang. Kedua kota ini sudah semacam Yogyakarta jika di Indonesia. Yaitu sebagai kota pelajar. Banyak universitas ternama di kota tersebut.

Tetapi bukan berarti kota-kota lain juga tidak ada universitas yang berkualitas. Kota-kota seperti Fukuoka dan Nagoya juga bisa menjadi referensi untuk berkuliah. Tentu biaya hidup di kota-kota lain selain di Tokyo dan Kyoto akan lebih murah.

Syarat Berkuliah di Jepang

Jika kamu sudah memutuskan untuk berkuliah di Jepang, tentunya kamu harus mengetahui semua syarat yang diperlukan untuk kuliah di Negeri para Samurai itu.

Syarat-syarat utama yang harus dipenuhi adalah mampu berbahasa Jepang baik lisan maupun tulisan, memiliki sertifikat bahasa, ikuti jadwal dan aturan pendaftara kampus, dan siapkan ijazah kelulusan.

Mampu Berbahasa Jepang

Bagi mahasiswa internasional syarat utama untuk berkuliah di jepang adalah mengambil kursus bahasa jepang terlebih dahulu. Biasanya hal ini di lakukan pada tahun pertama ketika kita sudah diterima disalah satu universitas.

Namun, meskipun kita sudah diterima di Universitas dan wajib mengikuti kelas persiapan bahasa, untuk dapat diterima tersebut setidaknya kita juga harus memiliki sedikit pemahaman terkait bahasa jepang.

Sehinngga alangkah lebih baik jika kamu mempersiapkan diri dari sebelum mendaftar berkuliah di Jepang, yaitu dengan mengambil kursus bahasa jepang terlebih dahulu.

Memiliki Sertifikat Bahasa

Bahasa inggris adalah salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa internasional. Sehingga calon mahasiswa harus mengikuti tes TOEFL-iBT, TOEIC atau IELTS.

Kita perlu mencari terlebih daulu skor minimal yang menjadi syarat untuk masuk ke salah satu kampus yang ingin kita tuju di Jepang. Siapkan diri baik-baik terutama terkait kemampuan bahasa inggrismu jika kamu ingin berkuliah di jepang dan mengambil kelas internasional.

Ikuti jadwal dan aturan pendaftaran kampus

Sebelum kita mendaftarkan diri untuk berkuliah di jepang calon mahasiswa sebelumnya harus mengirimkan lamaran atau proposal kepada profesor di kampus tujuan.

Tujuannya yaitu agar profesor tersebut bersedia menjadi pembimbing kita selama melakukan proses studi di kampus tujuan. Sehingga direkomendasikan untuk mencari profesor yang memiliki riset sama dengan kita.

Siapkan CV dan Ijazah Kelulusan

Selain membuat proposal penelitian yang dikirimkan ke profesor di universitas tujuan kita. Kita juga perlu melampirkan proposal tersebut bersama curriculum vitae kita.

Untuk itu buatlah CV semenarik mungkin dan disesuaikan dengan kebutuhanmu sebagai calon mahasiswa yang ingin melamar di salah satu perguruan tinggi internasional. JIka belum memiliki pengalaman membuat CV bisa mencari contoh di internet untuk CV dengan keperluan college application.

CV harus ditulis dengan jelas dan mampu mencerminkan dirimu, serta tentunya berikanlah informasi yang valid sesuai dengan dirimu.

Kemudian siapkan juga ijazah kelulusanmu. Ijazah kelulusan harus di legalisir karena mayoritas universitas di jepang mengharuskan ijazah kita di legalisir. Dan usahakan ijazah kita tetap rapi, tidak rusah apalagi sobek. Rawatlah ijahmu sebaik mungkin dan ada baiknya di laminating.

Nah, empat syarat diatas hanyalah syarat wajib yang bersifat umum ya, sebenarnya masih banyak lagi syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti mengisi form pendaftaran, membuat dan melampirkan passport dan visa, dan lain sebagainya.

Dan dari keempat syarat utama di atas, dua diantaranya adalah syarat dalam penguasaan bahasa. Yaitu bahasa jepang dan bahasa inggris.

Jika kamu ingin bekuliah di jepang sudah saatnya dari sekarang kita harus memilih lembaga kursus untuk persiapan kita sebelum ke Jepang.

baca juga

Belajar Bahasa Jepang di Lister.co.id

Lembaga kursus yang bisa kamu percaya untuk belajar kursus bahasa jepang adalah Lister.co.id. Lister memiliki paket belajar bahasa jepang yang bermacam-macam dari yang mulai paket singkat dan paket lama.

Untuk kursus dengan paket singkat setidaknya minimal akan dilakukan dam empat kali pertemuan dan minimal bisa selesai dalam 1 bulan. Dan untuk paket lama bisa berlangsung sampai 3 bulan bahkan lebih.

Paket-paket tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan mengambil paket tersebut kita bisa berdiskusi dengan Lister terlebih dahulu terkait tujuan kita belajar bahasa jepang. Sehingga nantinya kita tidak akan salah pilih paket.

Selain itu keutamaan belajar di lister adalah selama proses belajar mengajar dengan 90 menit setiap sesinya akan dilakukan secara privat. Namun kita juga akan dikenalkan dengan berbagai komunitas bahasa jepang yang memiliki tujuan yang sama dalam bahasa jepang.

Hal ini tentunya sangat membantu kita dalam pengembangan bahasa jepang yang sedang kita pelajari karena bisa langsung berinteraksi dan berkomunikasi dalam bahasa jepang dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama dengan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Toefl Prediction ITP
Read More

Toefl Prediction ITP

zowhy.com – Toefl merupakan sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kita dalam Bahasa Inggris. Hasil tes tersebut…