Begini Caranya Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea

Momen ulang tahun seseorang sering kali menjadi momen yang spesial. Adakalanya kita ingin memberi kejutan-kejutan kecil untuk orang-orang terdekat dengan hal yang menyenangkan. Kamu ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk orang spesial dengan cara yang berbeda? Yuk coba pake ungkapan bahasa Korea!

Ungkapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea terbagi menjadi dua macam, formal dan informal. Semuanya bisa kamu gunakan sesuai dengan kondisi yang ada. Jika seseorang yang ingin kamu beri ucapan lebih tua atau dewasa, kamu bisa menggunakan formal. Ungkapan formal dinilai lebih sopan daripada ungkapan informal.

Lalu, seperti apa penjelasan detailnya? Yuk baca artikel ini sampai akhir.

Baca juga: Nama Hari, Bulan dan Tahun dalam Bahasa Korea, Mudah Diingat!

Ungkapan Formal “Selamat Ulang Tahun”

생신 축하드립니다
(Saeng-shin chuk-ha-deu-rim-nida)

Kalimat di atas dapat diartikan “selamat ulang tahun”, sama seperti standar pada umumnya. Hanya saja kalimat di atas lebih terkesan formal, sehingga cocok digunakan untuk seseorang yang memiliki pangkat lebih tinggi atau usianya jauh lebih tua seperti atasan, guru, atau orang yang dihormati lainnya. 

Namun, ada juga bentuk semi-formal saat mengucapkan selamat ulang tahun yaitu tinggal mengubah ke dalam bentuk kata kerja akhiran ~요 [yo] yaitu menjadi 생일 축하해요 [saengil chukha haeyo].

Baca juga: Ketahui Materi Tata Bahasa Korea Terlengkap untuk Pemula

Ungkapan Informal “Selamat Ulang Tahun”

생일 축하해
(Saeng-il chuk-ha-hae)

Kalimat itu juga diartikan “selamat ulang tahun”. Hanya saja ditujukan untuk orang yang lebih muda atau sebaya dengan kamu.

Berbagai ungkapan lain yang bisa kamu coba:

생일축하합니다, 앞으로 더 사랑을 많이 받으세요.
Saengil chukha hamnida, apeuri deo sarangeul manhi badeuseyo.

Artinya: Selamat bertambah umur! Semoga kasih sayang berlimpah kepadamu.

Saat mengucapkan hari lahir teman atau partner kerja mungkin, kamu bisa mendoakan semoga kasih sayang selalu melimpah di kehidupannya.

행복한 생일 친구. 많은 돈
Haengbokhan saengil chingu. Manh-eun don.

Artinya: Selamat ulang tahun kawanku. Semoga rezekimu selalu mengalir.

Selain kebahagiaan dan kasih sayang, tak lupa mendoakan kawan mendapatkan rezeki yang tiada putus juga penting dan baik tentunya. Dijamin persahabatan yang kamu jalin menjadi semakin erat!

Ada kata 친구 (chingu) dalam ungkapan di atas yang artinya sahabat atau teman.

해피 어머니의 생일, 오래 행복하게
Haepi eomeon-iui saengil, orae haengbokhage.

Artinya: Selamat ulang tahun, Mama. Semoga panjang umur!

Mau mencoba mengucapkan selamat ulang tahun pada Ibu dengan bahasa Korea? Siapa takut! Ungkapan di atas bisa kamu coba, zowhy. Ungkapan di atas juga mengandung unsur kebaikan yaitu mendoakan berumur panjang lho.

Bagaimana? Cukup menambah pengetahuanmu hari ini, bukan? Ayo tentukan pilihan ucapan mana yang akan kamu kirimkan untuk orang tersayang. Ketika ada kerabat yang berulang tahun, pasti yang paling disering diucapkan adalah selamat ulang tahun atau happy birthday, dengan berbagai pilihan di atas tentu ucapanmu akan anti mainstream. Selamat mencoba!

Era digital membuat segalanya mudah. Mau belajar apa saja tidak perlu pergi jauh-jauh karena segalanya bisa dilakuakn secara online. Misalnya, belajar bahasa Korea. Dulu, mungkin kamu harus pergi ke lembaga kursus yang ada di kota untuk beguru dengan para pengajar yang ahli. Namun, sekarang hanya melalui laptop dan koneksi internet, akses belajar pun kamu dapatkan tanpa repot.

zowhy menyediakan berbagai macam kursus bahasa asing seperti bahasa Korea dari level dasar. Siapa saja dapat mengambil kursus itu dengan jadwal yang fleksibel dan tutor terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea kamu. Daftar sekarang!

Referensi:

Sumber gambar: freepik.com, giphy.com

error: Content is protected !!