Bahasa Inggris Untuk Pengembangan Karir

https://zowhy.com/ Di era globalisasi seperti sekarang ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu skill terpenting yang wajib dimiliki. Kita mungkin saja tidak hanya bersaing dengan rekan satu negara, tapi juga dengan pencari kerja dari negara lain. Jika kita ingin mengembangkan karir kita secara global, kita harus bisa menguasai Bahasa Inggris dan memanfaatkannya untuk menunjang karir kita. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian terapkan untuk memperoleh jenjang karir yang cemerlang.

  1. Mencari Pekerjaan

Yang pertama tentu saja dimulai dengan mencari pekerjaan. Di jaman modern seperti sekarang, ada banyak platform yang menyediakan informasi seputar lowongan pekerjaan. Mulai dari website mencari kerja hingga sosial media. Pertama-tama, tentukan dulu di bidang apa kalian ingin bekerja, entah itu bidang yang sesuai dengan jurusan kuliah kalian atau tidak. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan diri kalian dan kira-kira membuat kalian betah untuk bekerja dalam waktu lama.

Jika sudah menemukan bidang yang kalian inginkan, kalian bisa mulai mencari lowongan-lowongan yang tersedia di bidang tersebut. Nantinya kalian pasti menemukan berbagai macam perusahaan atau lembaga yang berbeda-beda. Pertimbangkan juga persyaratan, lokasi, dan lingkungan kerjanya. Pilih yang sesuai dengan kemampuan kalian. Jika kalian mengincar karir internasional, pilih perusahaan-perusahaan dari luar, atau perusahaan dalam negeri yang sering menjalin kerja sama dengan pihak luar. Karena di perusahaan-perusahaan seperti itu dijamin kemampuan Bahasa Inggris kalian akan sangat digunakan.

  • Membuat Resume / CV

CV atau resume adalah pintu gerbang utama yang akan menghubungkan kalian dengan pencari kerja. Dan sekarang ini banyak perusahaan yang meminta CV atau resume dalam Bahasa Inggris. Di sinilah kalian bisa memanfaatkan kemampuan kalian. Rangkailah kalimat seindah mungkin dalam CV kalian, anggap saja kalian sedang pamer. Ceritakan pengalaman kerja atau magang kalian yang berhubungan dengan pekerjaan yang kalian lamar. Jika CV kalian terlihat rapi dan runtut, itu bisa saja menambah poin plus di mata pencari kerja.

  • Membuat Surat Lamaran / Cover Letter

Cover Letter atau surat lamaran juga adalah salah satu dokumen lain yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Untuk perusahaan dalam negeri, jarang yang mensyaratkan Cover Letter ini. Tapi jika kalian melamar ke perusahaan dari luar negeri, Cover Letter ini biasanya juga menjadi syarat melamar pekerjaan selain CV. Isi Cover Letter biasanya menceritakan alasan kenapa kalian melamar pekerjaan tersebut dan alasan kenapa perusahaan tersebut harus memilih kalian. Dari segi struktur Bahasa Inggris, mirip seperti membuat karangan.

Sebelum mengirimkannya, cobalah latihan membuat beberapa Cover Letter. Cari kemampuan dan kelebihan kalian yang sekiranya bisa berguna untuk digunakan dalam pekerjaan tersebut. Jelaskan juga kekurangan kalian, disertai dengan apa yang kalian lakukan untuk mencoba memperbaikinya. Perusahaan suka orang yang berkembang dari segi kepribadian maupun pengalaman. Jadi sertakan juga pengalaman kalian saat mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan posisi yang akan kalian lamar. Jangan lupa perhatikan grammar dan gunakan Bahasa Inggris yang formal.

baca juga

  • Membangun Relasi

Relasi erat hubungannya dengan kemampuan berkomunikasi. Kalian bisa mulai berlatih kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris kalian bahkan sebelum kalian mendapat pekerjaan. Ini juga dapat melatih kepercayaan diri kalian saat berbicara. Cobalah mengobrol menggunakan Bahasa Inggris dengan orang-orang baru, cari topik-topik tertentu yang bisa dibicarakan, atau cobalah ceritakan tentang diri kalian.

  • Melakukan Wawancara Kerja

Setelah kalian lolos seleksi berkas, tahap selanjutnya adalah wawancara kerja. Jika kalian jarang bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris, pasti akan terasa gugup dan takut. Karena itu latihan sebelumnya perlu dilakukan. Berlatihlah menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Cari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja dan susun jawaban terbaik. Jangan lupa juga untuk terlihat percaya diri di depan pewawancara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!