Bahasa Inggris Bagi Software Engineer dan Programmer

https://zowhy.com/ Software Engineer dan Programmer adalah dua profesi yang banyak dibutuhkan di jaman modern sekarang. Hampir semua segi kehidupan bersentuhan dengan internet, dan berbagai jenis aplikasi pun sudah bermunculan di mana-mana. Sehingga kebutuhan akan Software Engineer dan Programmer semakin meningkat.

Kedudukan Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional berlaku juga dalam dunia pemrograman. Sehingga mau tidak mau, para Software Engineer dan Programmer dituntut untuk dapat menguasai Bahasa Inggris, minimal dasarnya. Di bawah ini adalah beberapa alasan pentingnya kemampuan Bahasa Inggris dalam implementasi kerja kedua profesi ini:

  1. Hampir semua Bahasa pemrograman menggunakan Bahasa Inggris

Jaman sekarang sudah ada berbagai pilihan Bahasa pemrograman yang bisa digunakan, seperti Python, C++, Java, dll. Dari kesemua Bahasa pemrograman yang ada, rata-rata semuanya menggunakan Bahasa Inggris. Jika kalian memahami Bahasa Inggris dengan baik, pasti akan lebih mudah untuk menerapkan berbagai  perintah-perintah program.

Perintah-perintah dasar juga banyak yang menggunakan kata Bahasa Inggris seperti round, sum, insert, dll. Jika paham artinya, pasti akan lebih mudah mengetahui fungsinya. Selain itu, pilihan fungsi yang bisa digunakan pada setiap aplikasi pun kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris

  • Semua dokumen publik perusahaan menggunakan Bahasa Inggris

Menjadi seorang Software Engineer dan Programmer pasti mengharuskan kalian untuk membaca berbagai jenis dokumen, entah itu dalam bentuk proposal atau penjelasan produk. Untuk mempermudah pemahaman, banyak perusahaan yang menuliskan semua dokumennya dalam Bahasa Inggris. Disinilah penguasaan Bahasa Inggris menjadi penting.

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik bisa mempermudah kalian untuk memahami dokumen yang dibaca, dan juga untuk menulis dan menyusun dokumen sendiri jika diperlukan. Sebenarnya kalian bisa menggunakan jasa penerjemah di internet, tapi pasti akan memakan waktu lama. Dan akan semakin sulit juga jika kalian tiba-tiba mendapat kesempatan untuk menulis dokumen.

  • Banyak kursus atau langkah-langkah yang menggunakan Bahasa Inggris

Sekarang ini sudah ada banyak kursus online tentang pemrograman yang beredar di internet. Jika kalian sebagai Software Enginner atau Programmer ini menambah skill atau kemampuan baru, untuk menghemat waktu pasti kalian memilih kursus online atau melihat berbagai video tutorial. Nah, berbagai kursus online dan video tutorial ini pasti kebanyakan tersedia dalam Bahasa Inggris.

Kalian bisa saja mencari yang berbahasa Indonesia, tapi pasti tidak bisa menemukan selengkap yang berbahasa Inggris. Yang berbahasa Indonesia saja mungkin hasil terjemahan dari materi Bahasa Inggris. Jika kalian bisa berbahasa Inggris dengan baik pasti akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari.

  • Bahasa Inggris bisa digunakan sebagai sarana komunikasi

Untuk yang bekerja di perusahaan internasional, pasti anggota tim atau rekan kerja tidak semuanya berasal dari Indonesia. Dan mereka juga tidak semuanya bisa Bahasa Indonesia dengan lancar. Disinilah kemampuan Bahasa Inggris dipergunakan.

Kedepannya kalian pasti akan banyak melakukan presentasi, rapat, atau penyusunan aplikasi bersama. Dengan menggunakan Bahasa Inggris, proses komunikasi kalian akan lebih lancar. Kalian jadi bisa menyampaikan ide kalian dengan baik dan semua pekerjaan akan dapat selesai dengan lebih cepat dan lancar. Kurangnya komunikasi antar rekan kerja juga bisa berdampak buruk bagi kerjasama tim di perusahan.

  • Membuka lebih banyak kesempatan kerja

Jika kemampuan Bahasa Inggris kalian sudah mumpuni, kalian bisa dengan percaya diri melamar ke perusahaan-perusahaan besar yang jangkauannya internasional. Setelah masuk ke perusahaan juga kalian akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menangani berbagai proyek besar internasional. Sekarang juga hampir semua perusahaan mensyaratkan kemampuan Bahasa Inggris bagi calon karyawannya.

baca juga

  • Lebih cepat memahami teknologi terbaru

Berbagai jenis teknologi terbaru selalu bermunculan. Dan para pengembangnya membuatnya dalam Bahasa Inggris dengan tujuan supaya dapat mudah dimengerti oleh masyarakat internasional. Jika kalian paham Bahasa Inggris dengan baik, wawasan kalian pasti akan bertambah karena kalian bisa memahami teknologi-teknologi baru ini dengan baik. Siapa tahu semua teknologi baru ini dapat menjadi inspirasi untuk membuat sendiri inovasi kalian untuk kemajuan bangsa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!