Ayo, Pelajari Macam-Macam Aksen Bahasa Inggris Biar Makin Pro

zowhy.com – Mana suaranya yang lagi belajar bahasa Inggris? Kalian penganut Bahasa Inggris UK atau Bahasa Inggris US? Hmm.. Bahasa Inggris bukannya cuma 1 aja ya? Jangan salah! Perpecahan Bahasa Inggris menjadi dua kubu ini dimulai setelah kemerdekaan Amerika dari Britania Raya di tahun 1776. Saat itu, banyak orang Amerika yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme mereka dan berusaha menceraikan dan memisahkan diri mereka dari hal-hal yang berbau Inggris, termasuk Bahasa Inggris.

Nah, Thomas Jefferson dan Noah Webster menjadi salah satu pelopor yang sangat berpengaruh dalam pembentukan Bahasa Inggris US. Mereka mengkampanyekan pentingnya mengganti bahasa nasional mereka untuk menunjukkan kalau mereka sudah tidak dijajah lagi. Tentu saja, ada banyak orang-orang Inggris, dan segelintir orang Amerika yang protes. Bahkan, perdebatan orang-orang UK dan US soal Bahasa Inggris masih berlangsung sampai saat ini loh! Tanyakan saja kenalan kalian yang berasal dari US atau UK cara pelafalan tomato yang benar, pasti jawaban mereka bertentangan.

Duh, ini kenapa sih bahas sejarah? Eits, selain grammar, aksen juga penting, zowhy! Kalau sudah memilih akan mengikuti aksen british English sebaiknya seluruh kalimat kalian dilafalkan dengan British English. Karena, bakalan terdengar aneh dan bikin orang-orang angkat alis kalau pas kalian bicara, aksen kalian tidak konsisten! Tentunya, menguasai kedua aksen tersebut adalah hal yang ideal, tapi tetap ingat untuk selalu konsisten pada saat berbicara ya. Nah, biar kalian tidak salah-salah aksen lagi, ini dia beberapa perbedaan British English dan American English. Yuk, pelajari aksen berbahasa Inggris biar makin pro.

Ejaan

Saat mengajukan idenya untuk menghilangkan Bahasa Inggris UK dari Amerika, Noah Webster tidak memikirkan betapa susahnya orang-orang Amerika nanti untuk mempelajari sebuah bahasa baru. Solusinya? Dia tetap menggunakan bahasa Inggris UK tapi dengan sedikit perbedaan, apa saja perbedaannya? Honour jadi honor, labour jadi labor, colour jadi color. Kreatif ya?

Kata benda kolektif

Kata benda kolektif adalah kata benda yang dipakai untuk menyebutkan sekelompok orang atau benda. Contohnya adalah team, staff, band, etc. Kalau American English, kamu hanya akan mendengar orang-orang berkata “The team is playing” karena kata benda kolektif itu singular. Tapi, British English bisa menggunakkan “The team are playing” atau “The team is playing” karena kata benda kolektif dalam British English itu bisa plural dan singular.

Kata Kerja Lampau

Yang benar yang mana sih, learnt atau learned? Dua-duanya benar kok! Hanya satunya British English dan yang satunya American English. Kata kerja lampau British English pasti yang berakhiran –t, sedangkan American English lebih suka menggunakan –ed untuk mengakhiri kata kerja lampau mereka.

Kosa Kata

Kalau ngomongin kosa kata, ada banyak banget yang berbeda. Contoh (British English di kiri – American English di kanan): wardrobe – closet, underground train – subway, waistcoat – vest, trouser – pant, queue – line, pavement – sidewalk, dll.

Baca juga:

Kata Kerja Modal

Sering dengar shall kan pasti? Shall itu bukan bentuk kedua atau keberapapun dari should lho ya! Shall memiliki arti yang sama dengan will. Penggunaanya juga sama: I will go home – I shall go home. British English masih sering menggunakan shall sedangkan American English lebih suka pakai will. Menurut American English, shall itu terlalu formal.

Pelafalan

Nah, yang terakhir sekaligus yang paling kentara adalah pelafalan. Katanya sih, British English itu terdengar lebih anggun dan formal dibandingkan American English yang terdengar kasual dan lebih merakyat. Untuk melatih biar aksen kalian bisa terdengar seperti native speaker, sering-sering senam mulut alias latihan speaking.

Itu dia tadi beberapa perbedaan British English dan American English. Kalau kamu masih belum bisa dan ngerasa bahasa Inggrismu masih Indo banget, jangan berkecil hati. Pelajari grammar-nya dengan baik dulu, baru deh nanti pelan-pelan belajar aksen. Tetap semangat ya zowhy!

Sumber:

https://www.thoughtco.com/american-english-to-british-english-4010264

https://time.com/5604227/american-british-english-literature/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!