Apartemen Vs Penthouse

zowhy.com – Properti residensial memiliki beberapa jenis bangunan yang berbeda beda. Selain rumah tapak (in land housing) seperti rumah biasa atau town house, properti residensial juga memiliki jenis huniab bertingkat seperti rumah susun, apartemn, kondominium dan Penthouse. Jika sebelumnya kita telah membahas perbedaan antara serviced apartment dengan kondominium, kali ini kita akan membahas perbedaan antara apartemen dan Penthouse.

Sebenarnya definisi apartemen sendiri sudah mencakup hunian bertingkat secara keseluruhan termasuk Penthouse. Hanya saja, istilah Penthouse digunakan untuk mendefinisikan unit apartemen yang terletak di lantai paling tinggi sebuah bangunan apartemen.

Berbeda dengan unit apartemen lain, Penthouse dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti private entrance, perabotan perabotan mewah dan terbaik serta teras yang luas. Penthouse umumnya juga memiliki ukuran unit yang lebih luas daripada apartemen.  jendela yang super besar dan fasilitas pengamanan yang ekstra. Dengan demikian penghuni Penthouse tersebut dapat menikmati pemandangan luar biasa dengan tanpa takut jendela rumahnya akan pecah.

Oleh karena itu tidak heran apabila sebuah bangunan apartemen biasanya hanya memiliki beberapa unit Penthouse. Senopati Apartment misalnya hanya memiliki 4 unit Penthouse di samping 52 unit apartemen.

Dengan fasilitas tersebut dan jumlahnya yang terbatas, umumnya Penthouse memiliki harga yang lebih mahal daripada apartemen. Di situs trovit.co.id[i] disebutkan bahwa harga satu unit Penthouse di Jakarta  berkisar antara 3 milyar rupiah hingga 30 milyar rupiah. Harga ini tergantung dengan berbagai faktor seperti luas unit, jumlah kamar dan ruangan serta lokasi bangunan apartemen dari Penthouse tersebut.

Membeli satu unit Penthouse memiliki beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh apartemen. Keuntungan tersebut antara lain:

  1. Pemandangan yang indah

Salah satu nilai jual dari sebuah Penthouse adalah dengan posisinya yang terletak dititik tertinggi sebuah bangunan apartemen, unit Penthouse memiliki pemandangan luar biasa yang tidak akan bisa anda nikmati jika anda memilih apartemen. Terlebih Penthouse juga dilengkapi dengan jendela yang lebar dan teras yang luas berbeda dengan apartemen pada umumnya yang hanya dilengkapi dengan balkon dengan ukuran yang terbatas.

  • Privasi yang lebih terjaga

Unit Penthouse biasanya dilengkapi dengan private entrance seperti lift yang langsung masuk ke dalam unit. Sehingga privasi penghuni Penthouse tersebut lebih terjaga.

Selain itu jumlah Penthouse dalam satu bangunan apartemen juga terbatas dan tidak menutup kemungkinan antara satu Penthouse dengan Penthouse terpisah di dua tower atau lebih. Jadi, anda tidak perlu bersinggungan dengan orang orang yang tidak anda inginkan jika anda memilih tinggal di Penthouse.

Namun demikian privasi ini juga dapat mereduksi interaksi sosial anda dengan tetangga kanan kiri anda. Sebab anda tinggal di unit yang terpisah dan akan menjadi jarang berinteraksi.

  • Memiliki harga pasar yang lebih stabil

Karena pengguna Penthouse umumnya adalah orang degan kondisi ekonomi menengah keatas dan jumlah supply-nya relative terbatas, harga Penthouse menjadi relatif stabil dibanding apartemen pada umumnya. Sehingga Penthouse terbilang cukup aman untuk anda jadikan sebagai ladang investasi hari tua anda.

Namun demikian, memiliki sebuah unit Penthouse bukan berarti tidak memiliki risiko. Menurut laman brickunderground.com [ii], berikut ini adalah risiko risiko yang harus anda hadapi ketika anda memilih untuk membeli Penthouse daripada sebuah apartemen:

  1. Dibanding unit unit apartemen dibawahnya, Penthouse lebih riskan terkena dampak badai atau cuaca yang buruk. Jika anda tinggal di Penthouse, anda juga lebih memiliki risiko bencana jika terjadi bencana gempa bumi. Sebab anda tinggal dibagian paling atas bangunan dan akses utama untuk anda keluar masuk adalah lift.

Jadi pastikan anda memilih Penthouse yang dibangun dalam sebuah bangunan yang tahan gempa. Pastikan juga anda memiliki akses tangga darurat  yang dapat anda gunakan di saat saat mendadak. Anda juga harus memastikan bangunan apartemen anda dilengkapi dengan fasilitas generator listrik sehingga saat terjadi gempa, lift pribadi anda tetap bisa berfungsi;

  • Membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini terutama jika Penthouse milik anda mempunyai teras belakang yang luas. Sehingga anda perlu memperkerjakan seseorang untuk merawat Penthouse anda yang mana seseorang tersebut menjadi tanggung jawab anda pribadi dan bukan tanggung jawab pihak pengelola bangunan;
  • Dengan anda membeli atau menyewa sebuah Penthouse bukan berarti anda memiliki hak untuk merubah hunian anda secara besar besaran. Sebab struktur hunian anda mempengaruhi struktur bangunan apartemen lain dibawah unit Penthouse anda. Oleh karena itu jika anda ingin merubah desain bangunan Penthouse anda, anda perlu mendisukusikannya dengan pihak developer dan mengeluarkan biaya tambahan yang bisa jadi tidak kecil;
  • Adakalanya staff maintenance perlu untuk menggunakan teras belakang Penthouse anda untuk memperbaiki atap bangunan apartemen. Di saat saat seperti itu anda harus rela untuk kehilangan privasi, kedamaian serta halaman belakang Penthouse anda sementara waktu.
  • Adakalanya anda harus memastikan fasilitas fasilitas yang dapat anda miliki dan kelola secara pribadi sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah Penthouse. Sebab laman tersebut menulis bahwa fasilitas sebuah Penthouse memang dapat digunakan oleh anda pribadi tetapi fasilitas tersebut masih merupakan milik pengelola bangunan. Sehingga tidak menutup kemungkinan pihak pengelola bangunan akan menggunakan fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contohnya adalah fasilitas teras belakang. Dalam keseharian anda dapat menggunakan teras tersebut untuk anda pribadi, namun beberapa kasus yang muncul ke ranah hukum menunjukkan bahwa pihak pengelola bisa merubah fasilitas tersebut dari yang sebelumnya hanya anda yang berhak menggunakan menjadi fasilitas umum yang dapat dinikmati semua orang dalam bangunan apartemen tersebut.

Selain digunakan sebagai istilah di dalam properti residensial, istilah Penthouse juga jamak digunakan untuk perhotelan. Penthouse dalam industri perhotelan juga merupakan kamar yang terletak dibagian tertinggi dari hotel tersebut.

Lain daripada itu, kamar dengan level Penthouse di industri perhotelan juga memiliki fasilitas yang lebih mewah dan pemandangan yang lebih menkajubkan daripada kamar kamar hotel dengan fasilitas dibawahnya. Oleh karena itu kamar Penthouse juga memiliki harga sewa yang lebih mahal daripada kamar hotel pada umumnya.

baca juga

    Apartemen Sebagai Instrumen Investasi

    Tidak dapat dipungkiri bahwasanya harga lahan dan rumah tapak di kota kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi atau Tangerang kian hari kian mahal saja. Apalagi jika tanah dan bangunan tersebut terletak dipinggir jalan protokol atau ditengah tengah kota.

    Harga yang mahal ini pula yang membuat generasi muda berduyun duyun memilih untuk tinggal di apartemen. Selain karena harganya yang lebih murah dan keunggulan dalam hal privasi, apartemen juga memiliki keunggulan yang sama dengan rumah tapak yaitu dapat dijadikan sebagai aset untuk investasi jika sedang atau sudah tidak ditinggali lagi.

    Namun demikian fitur fitur apartemen yang berlainan dengan fitur fitur perumahan, jelas memberikan keunggulan dan tantangan tersendiri jika anda ingin menjadikan properti ini sebagai aset untuk berinvestasi. Apa saja keunggulan dan tantangan tersebut? Mari kita lihat lebih lanjut.

    1.      Membeli apartemen biasanya sekaligus membeli furniture yang didalamnya

    Bagi anda yang ingin menggunakan fully furnished apartment sebagai tempat tinggal, hal ini tentu akan memudahkan anda karena anda tidak perlu lagi membeli perabotan untuk hunian anda. Begitupun halnya jika anda ingin menyewakan apartemen anda untuk orang lain.

    Apabila anda menyewakannya untuk harian, maka anda sudah tidak perlu membeli furniture baru dan tinggal menyewakannya saja. Apalagi jika apartemen anda adalah serviced apartment seperti Azalea serviced apartment suites Cikarang anda tidak perlu membersihkannya secara langsung. Cukup meminta trained staff yang diperkerjakan oleh pihak pengelola apartment untuk membersihkan unit anda ketika ada tamu yang akan masuk.

    2.      Apartemen dibangun dengan satuan unit yang berfasilitas lengkap

    Sehingga tamu single dapat menyewa apartemen anda. Karena fasilitas inti seperti dapur dan kamar mandi ada di dalam unit apartemen anda. Lain halnya dengan rumah yang biasanya harus disewa oleh lebih dari satu orang dalam satu rombongan.

    Kalaupun rumah tersebut dapat disewa perkamar pertamu, maka privasi tamu tersebut akan kurang terjaga. Sebab beberapa fasilitas seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu harus dia bagi dengan tamu lain yang bisa jadi tidak dia kenal.

    Meskipun demikian, ada juga fasilitas apartemen yang digunakan secara sharing seperti kolam renang atau restoran. Tetapi tentu jika dibandingkan dengan guest house di perumahan, privasi di apartemen lebih menjanjikan.

    3.      Apartemen dibangun di dekat pusat kota

    Hal ini berarti anda memiliki peluang pasar yang besar. Anda bisa menyewakan unit apartemen anda secara bulanan untuk mahasiswa atau pekerja. Selain itu anda juga bisa menyewakan unit apartemen anda secara harian untuk calon mahasiswa yang sedang mengikuti tes masuk, wisuda atau calon pekerja yang sedang membutuhkan tempat menginap untuk tes wawancara.

    Di musim liburan, anda dapat menyewakan apartemen anda untuk masyarakat yang ingin berlibur dengan menikmati suasana perkotaan.

    4.      Harga apartemen kemungkinan besar akan terus naik

    Meskipun kenaikannya fluktuatif, namun harga apartemen akan terus naik sebagaimana harga tanah dan rumah. Hal ini disebabkan karena permintaan akan hunian tidak akan surut meskipun ketersediaan lahan semakin menyempit.

    Anda bisa saja membeli apartemen seharga 500 juta rupiah hari ini dan menjualnya lagi dengan harga sebesar 600 juta tahun depan. Akan tetapi anda juga harus melihat pergerakan pasar jual beli apartemen di pasar sekunder agar harga yang anda patok sesuai dengan kapabilitas pasar yang anda inginkan.

    5.      Harga apartemen lebih murah daripada rumah tapak

    Sebenarnya tergantung jenis apartemen dan rumah yang dimaksud juga. Tetapi pada umumnya untuk hunian yang terletak ditengah kota, apartemen jelas lebih murah daripada rumah tapak yang layak.

    Kecuali jenis apartemen yang dimaksud adalah penthouse, maka bisa jadi harga rumah tapak akan lebih murah. Namun untuk apartemen kelas biasa tentu harganya lebih murah daripada rumah tapak di lokasi yang sama.

    Jika anda yang berminat menjdikan apartemen sebagai instrument investasi, jelas hal ini berarti bisnis anda dapat mencapai titik BEP lebih cepat daripada jika anda membeli rumah tapak. Namun apabila anda ingin menjadikan apartemen sebagai hunian biasa, tentu hal ini berarti apartemen lebih affordable daripada rumah tapak.

    Di samping keunggulan keunggulan tersebut diatas, investasi di apartemen juga memiliki berbagai risiko sebagaimana investasi pada umumnya. Dilansir dari laman duwitmu.com[i], berikut ini risiko yang harus anda hadapi ketika ingin menjadikan apartemen sebagai instrument investasi:

    1.      Apartemen tidak jadi dibangun atau molor dari target yang seharusnya

    Umumnya sebuah kompleks apartemen sudah dipasarkan ketika apartemen tersebut belum selesai dibangun atau bahkan masih dalam tahap perencanaan saja. Oleh karena itu terdapat kemungkinan besar apartemen tersebut tidak jadi dibangun atau jadi dibangun tapi durasi pembangunannya lebih lama dari yang ditargetkan.

    Tentu hal ini akan merugikan anda sebagai konsumen. Untuk menghindari hal ini ada baiknya anda membeli apartemen yang sudah jadi atau dibangun oleh developer yang memiliki rekam jejak bagus.

    Azalea serviced apartment suites Cikarang adalah salah satunya. Baru selesai dibangun tahun 2019 kemarin, apartemen ini kini punya lebih dari 100 unit apartemen yang bisa anda beli.

    Azalea serviced apartment suites Cikarang juga dibangun oleh developer ternama di Indonesia yaitu PT. Pudjiadi Prestige dan dikelola oleh perusahaan pengelola real estate asal Jepang yatu Taisei Corporation.

    2.      Harga apartemen turun

    Secara teoritis sebagaimana pasar dalam industri perumahan, jenis pasar apartemen seharusnya inelastic yaitu meskipun harga naik, permintaan tidak akan turun ceteris paribus. Akan tetapi pada praktiknya bisa jadi harga atau permintaan apartemen turun. Sebab baik harga maupun permintaan apartemen dipengaruhi oleh faktor faktor lain seperti pendapatan, komoditas subtitusi dan kondisi ekonomi secara umum.

    Menurut tulisan di duwitmu.com, penurunan harga apartemen di Jakarta disebabkan oleh banyaknya apartemen baru yang memasuki pasar hunian vertikal ini. Peningkatan supply ini tidak diiringi dengan menguatnya sisi permintaan/ demand sehingga mengakibatkan harga sewa atau harga jual apartemen terus menurun.

    Azalea serviced apartment suites disisi lain meskipun terletak tidak jauh dari ibukota, masih berada di lingkungan ‘hijau’ apartemen. Sebab apartemen ini memang dirancang khusus untuk pekerja terutama ekspatriatt asal Jepang yang bekerja di kawasan kawasan industri di Cikarang.

    3.      Sertifikat terlambat

    Masih menurut tulisan di duwitmu.com, pembuatan sertifikat apartemen harus menunggu bangunan fisik apartemen jadi terlebih dahulu dan menunggu semua unit telah diserah terimakan kepada penghuni.

    Oleh karena itu akan menjadi sangat beresiko jika anda berinvestasi pada bangunan apartemen yang belum jadi. Karena anda belum bisa mengklaim kepemilikan anda atas apartemen tersebut.

    4.      Bunga KPA yang terus meningkat

    Jika anda membeli apartemen unuk berinvestasi dengan cara meminjam dana ke Bank, maka anda juga harus memperhitungkan biaya bunga yang harus anda keluarkan. Pasalnya jika bunga KPA yang anda pilih adalah bunga jenis floating (fluktuatif tergantung pasar), maka risiko ana akan semakin tinggi dibanding jika bunga yang anda pilih adalah bunga jenis flat (tetap).

    Dilihat dari keunggulan dan risiko diatas terlihat bahwasanya Azalea serviced apartment suites adalah salah satu apartemen unggulan. Sebab apartemen ini sudah jadi, dibangun dan dikelola oleh perusahaan terkemuka dan memiliki lokasi yang strategis. Jadi, tunggu apa lagi!

    “Tips Memilih Apartemen yang Cocok Untuk Keluarga”

    Di zaman modern seperti sekarang ini, sudah banyak orang, baik yang tinggal sendiri maupun bersama keluarga, yang lebih memilih apartemen dibandingkan rumah biasa untuk dijadikan tempat tinggal. Walaupun apartemen memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki rumah biasa, tidak bisa dipungkiri memang luas apartemen lebih kecil. Sehingga terkadang ada beberapa orang yang masih ragu untuk membeli apartemen, terutama keluarga-keluarga muda yang sedang mencari hunian baru. Kebanyakan mereka sudah memiliki anak-anak kecil yang sedang dalam masa aktifnya dan butuh perhatian ekstra, sehingga banyak dari keluarga-keluarga ini yang merasa sangsi apakah apartemen bisa menjadi pilihan akomodasi yang tepat dan ramah anak.

    Apartemen sebenarnya bisa saja menjadi hunian yang cocok untuk keluarga yang memiliki anak. Tapi tetap ada beberapa hal yang memang harus menjadi bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan apartemen. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya:

    1. Posisi unit apartemen

    Bagi yang memiliki anak kecil, sebaiknya pilih lokasi unit di lantai yang tidak terlalu tinggi. Jikalau memang harus memilih yang berlokasi cukup tinggi, pastikan unit tersebut memiliki proteksi keamanan yang memadai. Lokasi unit di daerah lantai bawah juga memudahkan akses karena dekat dengan pintu keluar.

    Selain dari segi keamanan, pertimbangkan juga pemilihan unit berdasarkan pencahayaan sinar matahari dan tingkat kebisingan. Biasanya unit di lantai yang agak tinggi mendapat lebih banyak sinar matahari dan tingkat kebisingannya rendah.

    • Tipe dan luas ruang

    Sesuaikan tipe unit dengan kebutuhan anda dan keluarga, misalkan bagi yang memiliki dua anak maka akan butuh kurang lebih 3 kamar tidur. Sesuaikan jug ajika anda ingin memanfaatkan ruangan untuk keperluan tambahan misalnya ruangan untuk bekerja atau ruangan untuk gudang. Bagi yang memiliki anak kecil, lebih baik jika anda memilih unit apartemen dengan luas ruangan yang agak besar. Hal ini karena anak kecil biasanya cenderung suka bermain dan berlarian di dalam ruangan. Selain itu cek juga jendela dan ventilasi udaranya, pastikan ruangan mendapat asupan sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang baik.

    • Perabotan

    Jika anda sudah memiliki beberapa perabot untuk dibawa pindah ke apartemen, sebaiknya jangan pilih apartemen yang full furniture atau full furnished, karena dapat menyebabkan ruangan menjadi terlalu penuh. Jika seperti itu, sebaiknya anda mencari apartemen dengan tipe semi furnished atau unfurnished. Jika anda tidak memiliki perabotan apapun, anda bisa memilih apartemen full furnished. Tapi jangan lupa untuk mengecek dan memperhatikan kelayakan setiap perabotan yang ada.

    • Keamanan

    Keamanan adalah faktor penting yang tidak bisa dilewatkan dalam memilih apartemen untuk keluarga. Sebelum menyewa, cari tahu bagaimana prosedur penjagaan keamanan di sana, apakah ada kamera CCTV atau tidak, bagaimana sistem penguncian ruangannya, dan apakah pintu masuk dan keluar terjaga dengan baik atau tidak. Jika diperlukan, anda bisa menambahkan alarm keamanan pribadai di pintu masuk unit apartemen anda.

    • Lingkungan sekitar

    Lingkungan sekitar sangat penting kenyamanan keluarga selama tinggal di apartemen. Pilih apartemen yang dikelilingi banyak ruang terbuka hijau, sehingga tampak asri dan bisa dimanfaatkan untuk menghirup udara segar di pagi hari. Selain itu pilih juga apartemen berlokasi strategis yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner. Dengan begitu anda dan keluarga tidak perlu keluar jauh-jauh jika ingin berjalan-jalan atau membeli keperluan sehari-hari.

    • Akses jalan dan transportasi

    Apartemen yang strategis lokasinya dekat dengan jalan-jalan utama atau jalan tol. Sesuaikan juga jarak lokasi apartemen dengan tempat kerja anda atau sekolah anak-anak. Usahakan cari yang jaraknya tidak terlalu jauh dan aksesnya mudah, baik itu diakses dengan berjalan kaki, naik kendaraan pribadi, ataupun naik kendaraan umum.

    • Fasilitas

    Setiap apartemen biasanya menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh penghuninya. Carilah apartemen yang menyediakan berbagai aktivitas bermanfaat bagi keluarga, seperti fasilitas olahraga dan tempat bermain untuk anak. Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, anda tidak perlu pergi keluar untuk menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga.

    • Aturan tentang binatang peliharaan

    Poin ini penting bagi keluarga yang memiliki binatang peliharaan, karena terkadang ada beberapa apartemen yang melarang binatang peliharaan di dalam ruangan. Sebelum menyewa, cari tahu dengan jelas bagaimana peraturan ini berlaku di apartemen yang anda inginkan.

    Apartemen Azalea Suites di Cikarang, Bekasi, menghadirkan berbagai pilihan unit apartemen yang sesuai untuk kebutuhan keluarga. Dengan pemilihan warna yang kalem, setiap ruangan di Azalea Suites dedesign untuk menciptakan kesan hangat dan nyaman bagi penghuninya. Selain itu, penataan ruangannya juga berkonsep pintar dan minimalis sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan penghuni dengan tetap memperhatikan pemanfaatan ruang. Ada 4 tipe kamar yang ditawarkan, Two Bedroom Suites, Studio Suites, Corner Studio Suites, dan Studio Deluxe.

    Azalea Suites bertempat di tengah kawasan industri besar dan memiliki lokasi yang dekat dengan banyak tempat publik. Dengan alamat lengkap di Jalan Raya Cikarang CIbarusah, Exit Tol Jakarta-Cikampek KM 28, jaraknya hanya 1 jam 45 menit dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, sehingga cocok bagi yang sering bepergian. Selain itu dari President University jaraknya hanya 15 menit, dan dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Cikarang jaraknya hanya 9 menit.

    Untuk fasilitas hiburan pun tidak kalah. Ada Jababeka Golf & Country Club, Waterboom Lippo Cikarang, dan Go! Wet Grand Wisata Bekasi yang kesemuanya berjarak kurang dari 30 menit dari apartemen Azalea Suites. Kawasan mall terdekat seperti Citywalk Lippo Cikarang dan Mall Lippo Cikarang juga menawarkan berbagai jenis kuliner dan hiburan yang sesuai dengan kebutuhan hidup masyarakat modern. Benar-benar lokasi yang menguntungkan dan dekat dengan semua kebutuhan.

    Kelebihan lain yang membedakan Azalea Suites dengan apartemen lain adalah berbagai fasilitasnya yang mewah dan memanjakan penghuninya. Ada fasilitas lobby yang luas dan mewah, tidak kalah dengan hotel berbintang. Bagi penghuni yang ingin berolahraga secara rutin, tidak perlu bingung mencari tempat, karena ada pusat kebugaran atau gym umum dengan fasilitas peralatan olahraga lengkap. Selain itu ada juga fasilitas sauna dan berbagai fasilitas umum seperti laundry, restaurant atau rumah makan, minimarket, coffee shop, ATM, hingga Business Meeting Room atau ruang rapat

    Tidak hanya sauna dan gym, ada juga kolam renang dan sun deck. Renang merupakan salah satu jenis olahraga efektif yang dapat melatih seluruh otot tubuh. Renang juga terbukti bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengendalikan kadar gula dalam tubuh, membakar kalori, hingga memperbaiki otot-otot yang cedera. Setelah selesai berenang, fasilitas sun deck yang nyaman bisa dimanfaatkan untuk duduk bersantai sambil menyantap makanan atau minum kopi. Sangat cocok untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan yang ada.

    Belum selesai sampai di situ, masih ada lagi satu fasilitas khas yang hanya bisa ditemukan di Azalea Suites. Yaitu, Onsen atau yang biasa dikenal sebagai tempat spa bergaya Jepang. Onsen menghadirkan sensasi mandi khas Jepang yang santai dan nyaman. Dalam Bahasa Jepang, kata Onsen digunakan untuk menyebut tempat berendam yang berisi air panas asli langsung dari sumbernya, Objek wisata Onsen ini sangat diminati oleh turis-turis asing dari luar Jepang. Selain menenangkan tubuh dan pikiran, Onsen juga sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berendam di Onsen telah terbukti dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti pegal-pegal, rematik, hingga hipertensi. Selain itu, perbedaan suhunya dapat membantu melancarkan peredaran darah yang akhirnya dapat mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur.

    Azalea Suites sudah terbukti memiliki berbagai tipe unit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, keamanan yang terjamin, lingkungan yang asri, akses jalan yang mudah, dan juga berbagai fasilitas lengkap penunjang kebutuhan penghuninya. Dengan segala kelebihannya, Azalea Suites sangat cocok untuk dijadikan pilihan hunian baru bersama keluarga.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!