Apartemen Vs Kost Kostan

https://www.zowhy.com – Ketika anda memutuskan tinggal sendiri jauh dari orang tua dan keluarga baik untuk sekolah maupun untuk kerja, ada banyak jenis properti yang bisa anda jadikan opsi untuk tempat tinggal. Kost kostan adalah salah satu opsi paling terkenal untuk keperluan ini terutama untuk kalangan mahasiswa.

Namun saat ini banyak juga apartemen yang dibangun dengan menjadikan pangsa pasar mahasiswa sebagai target. Azalea serviced apartment suites sendiri meskipun lebih menargetkan pangsa pasar ekspatriat, dibangun ditengah tengah kota Cikarang dan terbilang cukup dekat dengan beberapa universitas seperti President University.

Persamaan dan Perbedaan Apartemen dengan Kost Kostan

Lalu, apakah bedanya apartemen dengan kost kostan? Artikel ini akan membantu anda mendefinisikan persamaan dan perbedaan antara apartemen dan kost kostan. Sehingga anda dapat dengan mudah menentukan tipe property terbaik untuk tempat anda tinggal.

Tapi sebelumnya perlu anda ketahui, kost kostan dalam artikel ini adalah kost kostan eksklusif. Kost kostan eksklusif adalah kost kostan yang biasanya menyediakan fasilitas seperti kamar mandi dalam kamar dengan water heater, free wifi dan CCTV.

Persamaan apartemen dan kost kostan

1.      Sama sama hunian vertikal

Baik apartemen maupun kost kostan umumnya dibangun menjulang keatas. Namun biasanya bangunan apartemen memiliki jumlah lantai lebih dari tiga sementara tinggi rumah kost tidak lebih dari tiga lantai. Oleh karena itu apartemen dilengkapi dengan fasilitas lift sementara untuk naik ke kamar atas rumah kost harus menggunakan tangga.

2.      Sama sama terletak di pusat kota

Letak kost eksklusif juga tidak jauh dari pusat keramaian seperti kampus, kantor ataupun mall. Namun biasanya lokasi kost eksklusif agak masuk ke gang dan area perumahan atau area perkampungan. Sementara biasanya apartemen terletak tepat dipinggir jalan sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan akses keluar masuk. Bahkan tidak jarang ada apartemen yang jadi satu dengan pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran.

3.      Sama sama memiliki CCTV dan staff keamanan

Tidak jarang pemilik kost eksklusif tidak tinggal di rumah kost tersebut sehingga urusan keamanan dan pengelolaan bangunan kost beliau berikan kepada orang yang beliau percayai di samping menyediakan fasilitas CCTV ditempat tempat tertentu. Namun demikian acapkali orang yang pemilik percayai ini hanya satu orang atau satu keluarga dengan merangkap petugas kebersihan yang bekerja dan tinggal di rumah kost tersebut.

Staff keamanan apartemen berjumlah lebih dari satu mengingat bangunan apartemen yang lebih besar dan luas dibanding rumah kost. Staff keamanan ini seringkali juga bekerja dalam shift untuk menjaga kualitas pengawasan mereka.

4.      Kamar mandi terletak di dalam kamar dan dilengkapi water heater

Berbeda dengan kost kost biasa, kamar mandi kost eksklusif terletak di dalam kamar untuk menjaga privasi masing masing penghuni kost. Sama seperti halnya apartemen, biasanya kamar mandi dalam kost eksklusif juga berbentuk closet duduk dengan shower ditambah water heater. Bedanya, beberapa varian apartemen menyediakan bathtub sebagai fasilitas mandi tambahan.

5.      Gratis parkir

Parkir di kost eksklusif maupun di apartemen umumnya tidak dipungut biaya. Tetapi jika anda berkenan untuk member tip kepada petugas parkirnya, tentu akan sangat diperbolehkan.

Perbedaan apartemen dengan kost kostan

1.      Ukuran

Perbedaan paling esensial dari apartemen dan kost kostan adalah ukuran unit. Sejauh pengalaman penulis, kost eksklusif paling besar seluas 5 kali 5 meter (25 M2) termasuk kamar mandi dan kamar seluas itupun terbilang sangat jarang. Sementara ukuran apartemen studio saja bisa mencapai 35 M2.  Di Azalea serviced apartment suites, unit apartemen dengan ukuran terkecil bisa mencapai 22 M2.

2.      Fasilitas pendukung

Seperti yang disebut dalam beberapa paragraf diatas, pengelola apartemen menyediakan fasilitas yang biasanya tidak dimiliki oleh kost eksklusif seperti fitness center, minimart (atau bahkan mall), dan kolam renang. Kalau di Azalea serviced apartment suites, fasilitas pendukung ini ditambah pemandian air hangat Onsen yang jelas tidak akan anda temukan di kost eksklusif manapun.

Umumnya kost eksklusif juga tidak menyediakan layanan kebersihan unit dan laundry. Penghuni kost akan diminta untuk membersihkan unitnya secara mandiri, laundry di tempat laundry terdekat atau jika penjaga kost menyediakan fasilitas ini, biasanya pembayaran jasa layanan tersebut dilakukan secara terpisah.

Bahkan jika anda sedang sial, bisa jadi anda akan mendapatkan kost yang tidak menyediakan jasa reparasi kamar kost gratis. Sehingga ketika fasilitas seperti AC atau saluran air rusak anda harus memperbaikinya sendiri atau membayar jasa reparasi secara terpisah. Saat ini memang sudah ada perusahaan yang menyediakan jasa maintenance kost kostan secara menyeluruh, tetapi layanan ini masih belum banyak digunakan oleh para pemilik kostan, terutaman pemilik kostan di daerah daerah.

Hal ini tidak akan anda dapatkan di apartemen. Sebab pengelola apartemen biasanya menyediakan layanan terintegrasi meliputi jasa bersih bersih unit dan jasa reparasi gratis.

Untuk fasilitas ini Azalea serviced apartment suites bahkan bekerja sama dengan perusahaan pengelola apartemen terkemuka dari Jepang yaitu Taisei Co., Ltd untuk memastikan anda mendapatkan staff staff terlatih yang memberikan pelayanan maksimum.

3.      Dapur dan tempat tamu

Perbedaan mencolok antara kost eksklusif dan apartemen adalah fasilitas masak memasak dan ruang tamu. Oleh karena itu fasilitas ini sengaja penulis pisahkan menjadi subbab tersendiri.

Fasilitas memasak dan ruang tamu di kost eksklusif merupakan fasilitas komunal/bersama. Penghuni kost boleh saja membawa peralatan masak bertenaga listrik kecil seperti magic com, rice cooker atau heater tetapi seringkali tidak diperbolehkan membawa peralatan bertenaga listrik besar seperti kulkas. Untuk tamu tidak jarang juga memiliki jam batas kunjung atau peraturan seperti dilarang membawa tamu lawan jenis di kamar. Fasilitas dapur dan ruang tamu seperti kulkas, kompor, kitchen set serta sofa disediakan secara terpisah untuk digunakan bersama sama dengan penghuni kost lainnya.

Keuntungan dari fasilitas ini adalah anda tetap bisa menjaga silaturahmi dengan tetangga unit anda sembari tetap menjaga privasi. Tetapi kekurangannya, anda tidak bisa memprediksi bagaimana perilaku tetangga anda tersebut bisa jadi dia adalah orang yang jorok atau suka mengambil makanan di kulkas sembarangan.

Di apartemen, fasilitas dapur dan ruang tamu terdapat di masing masing unit. Kitchen set, kompor, kulkas dan sofa biasanya sudah termasuk didalam fasilitas unit apartemen. Sehingga anda tidak perlu khawatir ada makanan hilang atau dapur anda kotor.

baca juga

4.      Kepemilikan

Sebuah unit apartemen dapat anda tinggali dengan dua tipe transaksi yaitu transaksi jual beli dan transaksi sewa menyewa. Sedangkan di kost eksklusif, anda hanya bisa menempati kamar anda dengan menandatangani kontrak sewa menyewa saja.

Jika anda membeli sebuah unit apartemen dan anda tidak dapat menempati apartemen tersebut dalam suatu waktu, anda bisa menyewakan apartemen tersebut secara harian sesuai dengan keinginan anda. Sementara umumnya pemilik kost eksklusif tidak memperbolehkan kamar yang mereka sewakan untuk disewakan ulang kepada orang lain oleh penghuni kost.

Hal hal diatas adalah persamaan dan perbedaan antara apartemen dan rumah kost yang dapat anda pertimbangkan. Memiliki apartemen dengan fasilitas lengkap seperti Azalea serviced apartment suites tentu impian semua orang namun tentunya banyak yang harus dipertimbangkan untuk memilih sebuah tempat tinggal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!