Advertising Agency VS Branding Agency

zowhy.com – Materi advertising yang penting agar dapat mempengaruhi dan bisa memberikan kesan tertentu melalui media ialah pewarnaan, penggunaan font yang dapat menarik perhatian, dan teks yang singkat, padat, dan jelas untuk memberi tekanan terkait produk tertentu.

Materi Advertising Agency yang Penting di Media

Materi advertising tersebut kemudian didesain sedemikian rupa, sehingga terkadang dijumpai adanya materi tambahan seperti gambar berupa kartun, sketsa, atau komik agar lebih komunikatif dan mencapai sasaran. Sebab, advertising ditujukan kepada khalayak luas, yang berbeda latar belakang dan juga usia.

Dengan adanya materi tambahan seperti gambar, video, atau foto, diharapkan advertising jadi lebih komunikatif kemudian mudah dipahami oleh khalayak umum.

Sebagaimana tujuannya, pembuatan advertising adalah untuk membuat masyarakat, calon konsumen produk tertentu dapat menerima sekaligus membandingkan pesan tertentu dari suatu produk, kemudian masyarakat bisa menerimanya secara terbuka.

Perbedaan Advertising Agency dan Branding Agency

Mungkin Anda bertanya-tanya apa bedanya Advertising agency dengan branding agency? Secara singkat, kami akan jelaskan, branding agency ialah bisnis strategis atau iklan yang bersifat taktis untuk meningkatkan nilai sebuah produk atau jasa.

Branding agency bertindak secara khusus mengembangkan nilai merek, dengan mendorong strategi pemasaran baik secara internal maupun eksternal dari sebuah perusahaan.

Branding agency akan menggerakkan personil mereka untuk memberikan saran dan ikut mengembangkan rencana strategis membuat sebuah merek dikenal oleh khalayak luas.

Branding agency bisa menyewa jasa advertising agency untuk membuatkan iklan yang sesuai dengan strategi branding yang sudah ditetapkannya bersama perusahaan produk atau jasa.

Tugas membranding sebuah produk kadang kala diambil sendiri oleh divisi tertentu dari sebuah perusahaan, namun seiring perkembangan jaman, tidak sedikit orang yang mendirikan branding agency untuk menjawab kebutuhan perusahaan yang tidak memiliki divisi khusus untuk memikirkan branding produk.

Advertising Agency

Fungsi Advertising Agency

Melihat bentuk dan konsep kerjanya, tentu sudah bisa menebak fungsi advertising agency. Sesuai dengan tujuannya, advertising agency memberikan fungsi khusus untuk sebuah perusahaan jasa atau produk yang sudah menyewa jasanya, yaitu untuk mewujudkan ide dan mengkomersialkan ide tersebut.

Dengan kata lain, fungsi sebuah perusahaan advertising agency berjalan dengan baik jika mampu mengambil ide dan mengubahnya menjadi media berkomunikasi antara produk dan jasa kepada khalayak umum dengan cara yang lebih efektif dan mengesankan. Fungsinya juga akan memiliki nilai lebih jika mampu meningkatkan pendapatan klien yang sudah menyewa jasanya.

Dalam hal bekerja, Advertising Agency mengintegrasikan layanan yang profesional dan berkualitas sehingga mampu membantu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesadaran public melalui iklan yang dibuatnya.

Sarana dan Prasarana Advertising Agency

Saranan dan prasarana yang harus dimiliki oleh perusahaan Advertising Agency disesuaikan dengan jenis advertising yang dibuatnya. Iklan layanan masyarakat akan berbeda dengan iklan tentang sebuah produk dan jasa.

Bedanya karena iklan layanan masyarakat mengandung pesan yang berbeda dengan iklan tentang sebuah produk. Ikaln layanan masyarakat pada umumnya mengandung pesan agar masyarakat menyadari tentang baik dan buruknya sesuatu, sehingga masyarakat yang jadi obyek iklan berubah ke arah positif.

Sedangkan iklan tentang sebuah produk atau jasa memiliki tujuan agar khayalak mengetahui informasi mengenai produk atau jasa tertentu kemudian tertarik untuk membelinya. Akan tetapi, sarana untuk memasang dua jenis iklan tersebut bisa dilakukan di sarana yang sama.

Tenaga yang dibutuhkan oleh Advertising Agency

Sesuai jenis iklan yang dibuat oleh advertising agency, tenaga yang dibutuhkan sebagai sumberdaya manusia kreatif dibalik pembuatannya pun ada beberapa jenis.

Dalam perusahaan advertising, ada beberapa jenis ahli antara lain perencana, penulis jingle , conten writer , penulis scenario iklan, perencana, peneliti, videographers, manajer, produser iklan, direktur, sampai fotografer juga harus ada.

Para ahli tersebut mutlak harus ada di dalam sebuah advertising agency, karena para ahlinya yang menjadi sumber daya utama pembuatan iklan yang komunikatif, bernilai seni, dan tetap mengandung unsur komersial.

Dalam sebuah advertising agency juga dibutuhkan ahli yang mampu membangun kontak sosial yang besar dan memiliki jaringan luas, seseorang yang mampu mengkoordinasi setiap sumber daya yang dimiliki, mampu memberikan profesionalitas dan kualitas kerja yang optimal, mampu mengatur keuangan, serta mampu memimpin pembuatan iklan.

Langkah Kerja Tim Advertising Agency

Hasil produk dari advertising agency melalui beberapa proses yang sangat ketat dan panjang. Berikut langkah kerja tim advertising agency yang harus Anda ketahui agar lebih mengenal seluk beluk advertising agency.

  1. Account Executive melakukan kesepakatan dengan klien

Seperti yang sudah diutarakan, ada orang-orang profesional di balik tim kerja advertising agency. Salah satunya ialah account executive yang tugasnya melakukan pertemuan dengan klien untuk menerima brief mengenai produk atau jasa yang ingin diiklankan.

Pada tahap ini, seorang account executive akan membuat perjanjian dengan klien terkait dengan batas waktu pembuatan dan detail-detail lainnya terkait proyek periklanan dalam sebuah kontrak kerja. Setelah itu, seorang Account Executive akan membuat brief lengkap, berisikan data lengkap tentang produk, dan target iklan, target market, masalah pokok dan gagasan yang diutarakan klien.

Kemudian, hasil brief yang sudah dibuat secara lengkap diberikan kepada tim kreatif sebagai panduan pembuatan iklan dengan media yang sudah disepakati sebelumnya dengan klien. Tim kreatif kemudian akan menindaklanjuti brief produk tersebut menjadi sebuah produk pemasaran.

  1. Tim kreatif mengerjakan brief dari Account Executive

Dalam perusahaan advertising tidak mungkin tidak ada tim kreatif. Orang-orang yang masuk ke dalam tim kreatif advertising agency adalah orang-orang kreatif yang mampu mengelola ide menjadi produk pemasaran yang berkesan untuk target marketing.

Tim kreatif bisa terdiri atas seorang copywriter, penulis scenario iklan, videographer, fotografer, layouter, desainer, dan lain sebagainya, tergantung pada jenis iklan yang sudah disepakati dengan klien. Tim kreatif menerima bahan pembuatan iklan dari Account Executif terlebih dahulu kemudian kepala tim kreatif akan memilih sumber daya manusia profesional yang ada di perusahaannya untuk mengerjakan materi tersebut.

  1. Lay out produksi tim kreatif dievaluasi

Setelah tim kreatif terpilih, mereka segera mengerjakan brief. Hasilnya tidak mungkin terjadi dalam sekali pembuatan, pasti ada desain atu lay out kasar yang siap dievaluasi terlebih dahulu sebelum dipromosikan bersama klien.

Hasil kerja tim kreatif akan didiskusikan terlebih dahulu dengan kepala kreatif. Pada tahap evaluasi, kepala tim kreatif akan memberikan tanggapan, masukan, dan bisa jadi sebuah penolakan. Kemudian tim kreatif akan membuat lagi sampai desain yang dibuat sesuai dengan brief yang sudah disepakati dengan klien, untuk selanjutnya desain hasil tim kreatif diserahkan kepada AE.

  1. AE memberikan hasil kerja tim kreatif kepada klien

Terakhir ialah AE, yakni sebuah tim yang mengelola hasil akhir dari tim kreatif. AE akan memberikan hasil kerja dari tim kreatif kepada klien sebelum deadline. Pada tahap ini, AE akan memperoleh pendapat dari klien, sesuai atau tidak hasil kerja dari tim kreatif ini dengan yang mereka inginkan.

Apabila hasil produksi ditolak, maka tim kreatif harus rela memikirkan kembali konsep iklan yang dibuat. Oleh karenanya, tidak menutup kemungkinan selama berbulan-bulan mereka mengerjakan brief iklan yang sama dengan klien yang sama.

Jenis-jenis Advertising Agency

Berdasarkan fungsi, tujuan, dan ukuran sebuah iklan, advertising agency ada beberapa jenis dibedakan sesuai dengan tujuan, fungsi, dan lingkup kerjanya. Berikut jenis-jenis advertising agency yang tersebar di masyarakat.

1.     Full Service Agency

Advertising Agency yang mengusung layanan full service agency adalah jenis advertising agency yang mampu memberikan berbagai macam layanan dan solusi pemasaran sebuah produk. Advertising agency seperti ini bisa menjadi tempat berkonsultasi dalam rangka meningkatkan branding produk sebuah perusahaan.

1.     Interactive Agency

Advertising agency yang mengusung layanan jenis interactive agency merupakan jenis agency iklan pintar yang memanfaatkan sebuah jenis teknologi untuk meningkatkan pelayanan publikaisnya. Advertising Agency dengan konsep interaktiv agency bisa menawarkan solusi iklan yang kreatif dan interaktif kepada perusahana penyewa jasanya.

1.     Creative Boutiques

Advertising Agency yang mengusung konsep creative boutiques berarti perusahaan tersebut berukuran kecil dan memiliki layanan khusus berupa iklan kreatif. Perusahaan ini memiliki target market hanya kepada pihak-pihak tertentu.

1.     Media Buying Agency

Advertising Agency dengan konsep media buying agency adalah sebuah perusahaan yang secara khusus hanya mengelola dan membeli tempat iklan untuk kampanye produk.  Perusahaan inilah yang mengelola penayangan iklan tertentu sesuai dengan jadwal di media-media tertentu yang disepakati perusahaan penyewa dengan media buying agency.

Lingkup kerjanya, selain menayangkan sesuai jadwal, perusahaan ini juga memiliki tugas untuk mengawasi apakah iklan ditayangkan dengan benar dan tepat waktu atau tidak. Perusahaan ini juga yang memiliki tugas untuk menurunkan iklan yang sudah tidak relevan atau ketika iklan dari produk atau jasa tertentu sudah waktunya untuk diganti dengan model kampanye yang baru.

1.     In-House Agency

Advertising agency dengan model in-house Agency adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan iklan penuh. Perusahaan ini pada umumnya bekerja dengan cara built-in dan bekerja sesuai kebutuhan perusahaan tertnetu yang menyewanya.

1.     Integrated Ad Service

Advertising Agency dengan jenis integrated Ad Service adalah sebuah perusahaan layanan iklan yang menyediakan layanan perencanaan strategis, rancangan kreatis, penelitian mendalam, sampai pada pemilihan media untuk dieksekusi menjadi sebuah iklan.

1.     Integrated Media Service

Jenis advertising agency ini memberikan layanan media berupa media cetiak, elektronik, atau digital untuk menayangkan iklan yang sudah dibuat. Agency ini merupakan perusahaan yang menjadi perantara antara pengiklan dengan media.

1.     Marketing Services

Advertising Agency dengan konsep marketing services merupakan perusahaan yang memberikan solusi pemasaran. Dengan kata lain perusahaan ini menjadi konsultan pemasaran termasuk iklan, promosi penjualan, kampanye, riset pasar, pemasaran event, public relations, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1.     Content Services

Advertising Agency content services adalah lembaga usaha yang secara khusus melayani perusahaan jasa atau produk yang membutuhkan konten kampanye, pemasaran event, public relations, dan lain sebagainya untuk berbagai macam media seperti TV, animasi, radio, youtube, dan lain sebagainya.

1.     Advertising agency e-Solution

Berdasakan namnya, perusahaan ini akan menyediakan berbagai macam e-solusi (elektronik solusi) seperti menyediakan layanan integrasi sistem, pemasaran mesin pencari, konsultasi e-bisnis dan manajemen hubungan pelanggan secara online, promosi e-sales, dan lain sebagainya.

1.     Integrated Branding Service

Perusahaan advertising agency ini akan bekerjasama dengan perusahaan penyewa jasanya dalam hal memastikan pengiklan mendapatkan layanan branding yang berkualitas. Sasarannya bisa dalam lingkup nasional maupun internasional, tergantung pada keinginan pengiklan.

Contoh Advertising Agency di Dunia

Setelah mengetahui pengertian advertising, tugas dan fungsi advertising agency, serta tujuannya, di bagian ini kami perkenalkan perusahaan periklanan terbesar di dunia yang memiliki pelanggan dari seluruh dunia.

1.     WPP Group plc (UK)

WPP adalah grup layanan advertising terbesar di dunia, mempekerjakan lebih dari 200.000 orang, mereka bekerja di 3.000 kantor di 113 negara. Visi WPP adalah memiliki peran sebagai perusahaan induk periklanan untuk melengkapi tujuan bisnis.

WPP berdiri dengan misi mengembangkan dan mengelola bakat yang cocok di dunia advertising, untuk menerapkan sumber daya manusia tersebut ke seluruh dunia, mengembangkan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan klien, memungkinkan sumber daya manusianya untuk menjalin kemitraan secara sampai memperoleh keuntungan yang menguntungkan semau pihak.

Dalam WPP, mitra yang bekerjasama dengan perusahaan akan memiliki akses ke perusahaan dengan semua sumber daya manusia yang terampil di bidang pemasaran dan komunikasi secara global. WPP menjadi mitra yang akan meringankan pekerjaan perusahaan secara profesional dalam hal pengenalan produk ke khalayak luas di seluruh dunia.

1.     Omnicom Group Inc. (US)

Omnicom Group Inc merupakan perusahaan advertising dunia yang bergerak khusus di bidang pemasaran industri terkait dengan jasa atau produk tertentu dengan media yang paling inovatif, kolaboratif dan beragam. Bersama-sama, staf Omnicom Group Inc berusaha memberikan ide kreatif dan kompetitif berdasarkan klien.

Omnicom merupakan perusahaan yang sudah memiliki jaringan global, terhubung dengan perusahaan komunikasi pemasaran terkemuka. Omnicom memberikan layanan berupa produk advertising berkualitas yang berlandaskan kreativitas, teknologi dan inovatif.

Omnicom Group mengelola beberapa agen diversifikasi global, di bawah Kelompok Perusahaan DAS yang mencakup lebih dari 200 merek di berbagai disiplin pemasaran seperti hubungan masyarakat, pemasaran medis dan farmasi, manajemen hubungan pelanggan, hiburan dan acara, pembelanja, branding dan desain, dan penelitian.

1.     The Interpublic Group of Companies, Inc. (US)

Interpublic Group of Companies, Inc. (IPG) adalah perusahaan periklanan global yang memiliki tiga jaringan utama: McCann Worldgroup, Lowe and Partners, dan FCB. Instansi medianya berada di bawah entitas IPG Mediabrands.

The Interpublic Group of Companies memiliki sejumlah agen khusus di bidang hubungan masyarakat, pemasaran olahraga, outsuorching, dan perawatan kesehatan. The Interpublik Group of Companies menjadi salah satu dari “Big Four” perusahaan agensi terbesar di dunia, di samping WPP, Publicis, dan Omnicom.

1.     Publicis Groupe S.A. (FR)

Publicis Groupe merupakan salah satu perusahaan advertising yang diperhitungkan di dunia global yang memiliki platform unik kepada kliennya. Perusahaan ini memberi klien akses plug & play ke layanan terbaik di kelasnya.

Didukung oleh Global Client Leader (GCL), klien Publicis Groupe mendapatkan keuntungan dari layanan tanpa batas berupa kreativitas dan teknologi pemasaran secara global. Publicis Groupe menciptakan empat bentuk konektivitas dan integrasi untuk memudahkan hubungan dengan kepentingan klien, antara lain Publicis Communications, Publicis Sapient, Publicis Media and Publicis Health.

Seluruh transformasi Publicis Groupe dirancang untuk menempatkan klien sebagai central kebijakan. Kebutuhan dan tujuan klien adalah dasar kebijakan utama bagi Publicis untuk memberikan solusi yang tepat guna membantu klien mencapai tujuannya bisa berkembang dan maju di persaingan bisnis global.

1.     Leverate Media

Leverate media adalah lembaga media independen yang berdiri pada awal tahun 2013 di Berlin, Jerman. Perusahaan ini berusaha menyediakan layanan media terbaik di kelasnya yang berfokus pada kombinasi saluran dan penempatan berkinerja tinggi.

Sampai saat ini, kantor cabang Leverate Media berada di Cologne, London, Munich, New York, Jakarta dan Singapura. Leverate Media sangat menghargai transparansi, sikap kerja keras dan pendekatan analitis terhadap keinginan klien.

Kantor pusat regional Leverate Media di Singapura dengan penjualan di Jakarta melayani advertising di tingkat Asia Pasifik, dengan target market utama negara-negara di kawasan Asia Pasifik yaitu Australia, Kamboja, Polinesia Prancis, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan masih banyak lagi.

bca juga

error: Content is protected !!