7 Strategi Marketing Cara Meningkatkan Penjualan Buku

Table of Contents Hide 7 Tips Cara Jitu Melejitkan Penjualan Toko BukuJemput bolaBeri diskonBeri bonusJual e-bookJual secara onlineSistem…

https://www.undercover.co.id- Penjualan buku memiliki tantangan tersendiri karena kondisi pasar yang tak dapat ditebak. Sebagian besar masyarakat masih memandang buku bukan kebutuhan utama. Alhasil, cukup sulit mencari strategi ataupun cara untuk meningkatkan penjualan buku.

Namun bukan berarti buku tak laku di pasaran. Mencari pasar yang tepat dan melakukan promosi yang giat harus terus dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan agar buku laris terjual.

7 Tips Cara Jitu Melejitkan Penjualan Toko Buku

  1. Jemput bola

Jangan menunggu pembeli saja, namun carilah pembeli yang sekiranya akan membeli buku. Cara jemput bola ini bisa dilakukan dengan memasarkan secara langsung ke masyarakat dan  menawarkan langsung kepada individu. Jangan menunggu buku laris hanya karena menaruhnya di toko buku. Jemput bola ini bisa juga dilakukan dengan cara menawarkan buku ke sekolah-sekolah atau menggelar dagangan di sekitar kampus.

  1. Beri diskon

Siapa yang tak tertarik dengan diskon. Potongan harga merupakan strategi efektif untuk meningkatkan penjualan apapun itu, termasuk buku. Tawarkanlah diskon sebagai ajak promo penjualan Anda.

Jika Anda memiliki database pelanggan, tawarkan diskon ini kepada mereka melalui email ataupun pesan singkat. Selain itu, buat poster besar tentang promosi diskon lalu pajanglah di keramaian atau di depan toko Anda.

  1. Beri bonus

Selain diskon, hadiah atau bonus pula menjadi cara efektif untuk menarik minat pembeli. Cara ini seringkali dilakukan penerbit, misalnya dengan memberi bonus goodiebag, note, pensil warna, spidol, dan lain sebagainya. Buku dengan tanda tangan penulis juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para fans.

  1. Jual e-book

Saat ini banyak masyarakat yang beralih dari buku fisik ke e-book. Karena itu, jangan hanya menjual buku fisik, namun jual pula buku elektronik. Dengan menjual dua jenis buku maka Anda mengambil strategi jitu untuk meningkatkan penjualan.

Buku jenis elektronik saat ini pula banyak dibuat oleh penerbit. Bekerjasamalah dengan penerbit untuk ikut memasarkan e-book mereka. Lalu carilah pasar yang tepat untuk menjual e-book. Kalangan kelas menengah ke atas dan masyarakat melek teknologi adalah sasaran utama.

  1. Jual secara online

Selain memiliki toko buku fisik, Anda juga perlu memiliki toko buku online. Di era modern kini, masyarakat mulai beralih pada e-commerce. Karena itu, sangat disayangkan jika Anda melepaskan peluang menjual lebih banyak buku dengan melalui penjualan online.

Buatlah toko buku online, lalu buat promosi menarik melalui sosial media atau beriklan dengan adwords Google. Raihlah banyak follower di akun sosial media Anda, simpan database setiap pembeli toko online Anda. Hal ini akan sangat berguna untuk marketing, terutama untuk menawarkan promo.

  1. Sistem pre-order

Menjual buku yang belum terbit di pasaran adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Bekerjasamalah dengan penerbit dan buatlah sistem pre-order, yakni pemesanan buku yang belum dicetak. Pembeli baru mendapatkan pesanan bukunya ketika buku itu cetak. Artinya, mereka merupakan orang pertama yang memiliki buku tersebut bahkan ketika buku itu belum masuk ke pasaran toko buku.

Namun untuk melakukan cara ini, Anda perlu mendapatkan kepercayaan dari para pembeli. Untuk itu, mintalah penerbit merilis toko buku Anda sebagai agen atau reseller resmi penerbit mereka. Jika tidak mendapatkannya, maka Anda perlu mendapat testimoni positif dari para pelanggan agar toko buku online Anda mendapat kepercayaan dari para pembeli..

  1. Tulis review buku

Review buku dapat menjadi alat marketing untuk meningkatkan daya tarik pembeli. Tulislah review buku lalu sebarkanlah melalui website toko buku dan sosial media Anda, tentu beserta link cara pembelian. Review yang positif dapat membuat pembaca tertarik untuk membelinya.

Baca Juga

80 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

Cobalah ketujuh strategi di atas sebagai cara Anda meningkatkan penjualan buku. Strategi marketing yang jitu adalah kunci utama laku tidaknya buku yang Anda jual. Semakin tepat strategi marketing yang dilakukan, semakin banyak buku yang Anda jual, semakin besar omset yang Anda dapatkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

0 Shares:
You May Also Like