7 Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan Herbal

https://www.zowhy.com-  Penjualan herbal tradisional tak pernah lesu meski obat modern terus saja bermunculan. Bahkan tak sedikit produsen herbal yang menjadi perusahaan raksasa dengan omset ratusan miliar. Karena itulah bisnis herbal dianggap cukup menjanjikan dan akan terus meningkat hingga di masa yang akan datang.

Meski demikian, ada tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis herbal. Salah satunya yakni beraneka ragamnya jenis produk pengobatan alami dan tradisional tersebut, namun tak ada resep dokter untuk memilahnya.

Jika tak pandai melakukan strategi bisnis herbal, maka akan sangat sulit untuk meningkatkan penjualan. Di bawah ini merupakan strategi jitu dalam memasarkan produk Herbal yang dapat diterapkan sebagai cara untuk meningkatkan penjualan.

  1. Pahami Produk

Menjual herbal berarti harus tahu semua ragam pengobatan alami yang ada. Anda harus menguasai products knowledge sekaligus healthy knowledge. Hal ini menuntut effort yang tinggi mengingat begitu banyak produk herbal yang ada. Bahkan untuk satu jenis saja, madu, misalnya, memiliki varian yang sangat banyak dengan kegunaan yang berbeda antar satu dan lainnya.

Jangan pernah berani menjual herbal tanpa mengetahui rincian produk yang dijual, baik faedahnya, komposisinya, pengobatan untuk penyakit apa, efek samping, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, menjual herbal berarti juga menjadi konsultan. Siapkan diri Anda sebagai pakar herbal yang mampu memberi konsultasi kepada setiap pembeli yang menyampaikan keluhan.

  1. Konsultasi Gratis

Setelah mengetahui aneka produk herbal lengkap dengan pengetahuan tentang kesehatan dan penyakit, maka bukalah konsultasi gratis di toko Anda. Siapa saja yang datang dapat menanyakan dan berkonsultasi tentang keluhan kesehatan ataupun perawatan yang diinginkan. Setelah memberikan konsultasi, berilah solusi dengan produk herbal yang tepat dan sesuai.

Layanan konsultasi gratis ini layaknya apoteker yang siaga di apotek untuk pelanggan yang bertanya. Karena itu, Anda tidak bisa main-main dan asal-asalan memberikan konsultasi. Jika Anda mampu memberikan konsultasi herbal yang tepat, maka toko Anda akan sangat dikenal dan banyak dikunjungi pelanggan. Dengannya penjualan herbal pun akan meningkat dengan cepat.

  1. Beri Kepercayaan

Kepercayaan pembeli merupakan kekuatan utama dalam marketing bisnis herbal. Untuk mendapat kepercayaan bukanlah hal sulit. Dari sisi internal, Anda dapat mengikuti beberapa pelatihan herbal untuk kemudian memajanglah sertifikat pelatihan tersebut di toko Anda. Cara lain, mintalah pakar herbal ataupun seseorang yang berprofesi sebagai dokter untuk memberikan kalimat rekomendasi untuk toko herbal Anda.

Testimoni dari para pelanggan setia yang merasa puas pun menjadi bahan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

 

Jual Obat Herbal di Slawi Tegal Brebes

 

7 Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan Herbal Testimoni tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan memberikan sampel gratis untuk kemudian menerima testimoni dari mereka yang telah merasakan langsung faedah produk Anda. Ingatlah bahwa makin tinggi kepercayaan konsumen, makin tinggi pula angka penjualan toko herbal Anda.

  1. Hanya Menjual Produk Berkualitas

Pastikan semua produk herbal yang Anda jual terdaftar dalam badan pengawas obat dan makanan (BPOM) serta bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain meningkatkan rasa aman bagi konsumen, Anda pun tak terlibat dengan produk yang bisa jadi akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Lagi-lagi, yang perlu diperhatikan adalah Anda menjual produk obat di mana keamanan dan kesehatan menjadi faktor utama.

  1. Harga Bersaing

Selain faedah yang lebih manjur, herbal juga dipilih karena harganya yang lebih terjangkau dibanding obat umum atau produk non-herbal. Karena itu, pantaulah selalu harga produk untuk segmen pasar yang sama dan pastikan produk herbal yang Anda jual memiliki harga termurah di pasaran. Pun jika ingin menambah produk dalam etalase toko Anda. Cek dulu harga pasaran sebelum memasok produk dengan jumlah banyak.

  1. Bangun Jaringan

Bukalah program agen dan reseller untuk memperluas jaringan penjualan produk. Namun pastikan bahwa semua pihak yang tergabung dalam jaringan penjualan haruslah memiliki dasar pengetahuan kesehatan dan herbal. Jika tidak, mereka justru akan menjatuhkan brand toko Anda alih-alih menyebar produk kepada konsumen yang lebih luas.

baca juga

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

  1. Beriklan

Besarkan nama toko Anda, baik online maupun offline, dengan cara beriklan. Buat kalimat ataupun visual iklan menarik untuk dipajang di media massa, media sosial, brosur, poster, banner, kartu nama bisnis dan lain sebagainya. Ikutilah beragam acara kesehatan seperti forum ataupun simposium asosiasi dokter untuk memperkenalkan produk Anda ke kalangan medis.

Demikian tujuh strategi jitu untuk meningkatkan penjualan herbal. Selain cara di atas, selalu ada strategi lain yang juga ampuh untuk menyokong bisnis Anda. Berpikirlah kreatif dan profesional untuk mengembangkannya.7 Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan Herbal

error: Content is protected !!