7 Langkah Membangun Brand Bisnis

zowhy.com – Membangun brand bisnis menjadi hal mudah jika mengetahui langkah-langkahnya. Setidaknya ada tujuh langkah penting yang harus Anda ketahui. Apa saja? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di dalam pembahasan artikel ini.

Brand merupakan identitas sebuah produk bisnis.  Dengan brand, sebuah produk yang sama akan mudah dibedakan. Tak hanya sekedar nama, tapi sebuah  brand memiliki makna yang lebih dalam dengan memberikan pengalaman yang dirasakan oleh para konsumen.

Di dunia bisnis yang padat kompetisi seperti sekarang ini, sebuah bisnis yang sukses membutuhkan tidak hanya sebuah logo dan nama saja. Sebuah bisnis harus memiliki identitas yang mampu diapresiasi oleh konsumen.

Sebagai faktor penting yang harus menjadi fokus perhatian dalam bisnis, brand harus dirancang sesuai target bisnis yang sudah di tetapkan. Keseriusan dalam  merancang sebuah brand tentu akan berdampak pada peningkatan penjualan serta membangun hubungan baik dengan para konsumen.

Brand yang tepat akan selalu berkesan dan tidak mudah dilupakan oleh para konsumen, bahkan dapat menciptakan basis pelanggan yang setia dengan bisnis Anda.

Membangun Brand Bisnis

Nah, kali ini kita akan membahas tentang 7 langkah yang harus diketahui dalam membangun brand bisnis. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Riset Pasar

Dalam membangun sebuah brand, langkah awal yang perlu Anda ketahui adalah melakukan riset pasar. Anda dapat terlebih dahulu melihat bagaimana target pasar dan juga kompetitor di dalam bisnis yang Anda jalankan.

Lihat target pasar yang sesuai dengan produk brand Anda. Buatlah sebuah skema marketing yang menunjukkan sasaran konsumen yang relevan sesuai data demografis.

Gambaran target pasar atau konsumen yang tepat akan memudahkan Anda dalam membuat brand yang tepat dan akan memberikan dampak yang signifikan.

Jika Anda memerlukan data pendukung dalam membangun sebuah brand. Lakukan observasi terhadap para kompetitor Anda. Lihat siapa kompetitor potensial dalam produk bisnis Anda.

Pelajari bagaimana para kompetitor melakukan kegiatan pemasaran. Carilah perbandingan antara satu brand dengan brand yang lain, hingga Anda menemukan kelebihan dan kelemahan setiap brand bisnis yang sudah berkembang.

Dalam melakukan riset pasar, ada baiknya jika Anda melakukannya dengan cara mencari informasi sebanyak banyaknya melalui forum maupun website, atau dengan berbicara secara langsung dengan target konsumen tentang brand yang menjadi preferensi mereka.

2. Tetapkan Fokus dan Ciri Khas Brand

Menetapkan fokus utama brand sangat berpengaruh terhadap semua unsur dalam membangung brand Anda.

Siapa orang yang akan memberikan value pada brand Anda? Bidang kebutuhan apa yang mampu dipenuhi oleh brand Anda? Bagaimana cara Anda mengantarkan value tersebut?

Itulah beberapa pertanyaan yang dapat Anda jawab sebelum memutuskan membuat sebuah brand. Dengan hal tersebut Anda akan mendapatkan arah yang jelas dalam menetapkan fokus brand yang Anda bangun.

Dengan menentukan fokus brand bisnis, akan memudahkan Anda dalam menentukan ciri khas brand bisnis yang sedang Anda bangun.

Cara yang tepat dalam mewujudkan ciri khas sebuah brand bisnis yaitu dengan memerlakukannya seperti manusia. Tentukan display yang tepat, yang dapat menarik perhatian para konsumen. Melalui penampilan yang menarik dan sesuai target, akan mudah untuk dikenal dan dikenang.

3. Pilih Nama Brand yang Sesuai

Meskipun pengaruh nama brand bisa jadi memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar, tergantung jenis bisnisnya. Karena sejatinya, sebuah brand bisnis lebih dari sekedar nama. Ciri khas, pelayanan, attitude dan reputasi sebuah bisnis lah yang akan membuat sebuah brand banyak dikenal.

Namun, perlu diingat juga bahwa nama brand merupakan hal penting yang harus tetap dipilih di awal memulai bisnis. Pemilihan nama brand akan berpengaruh pada pembuatan desain logo, penentuan nama domain, strategi pemasaran, serta pendaftaran merk dagang.

Tentukan nama brand yang unik dan mudah diingat. Sebisa mungkin ciptakan sebuah merk yang sulit ditiru orang lain. Jika berncana untuk mengekspansi bisnis dengan produk yang berbeda, sebaiknya Anda memilih nama brand yang memiliki makna luas.

4. Buat Slogan Brand yang Mudah Diingat

Menciptakan sebuah slogan yang mudah diingat dan mampu memawakili visi dan misi sebuah brand tentu bukan merupakan hal yang mudah.

Slogan yang dibuat harus singkat dan deskriptif. Hal tersebut akan menunjang brand bisnis mudah dikenal dan dapat digunakna dalam headline website, kartu nama dan media sosial.

Pembuatan slogan tidak harus di awal memulai bisnis dan berlaku selamanya. Namun, slogan dapat dibuat secara berkala seiring perkembangan brand bisnis. Slogan brand dapat juga disesuaikan dengan strategi baru untuk kepentingan marketing.

5. Buat Desain Tampilan Brand

Membuat desain brand dengan pemilihan warna dan font yang sesuai dan menarik merupakan hal yang sangat penting.

Bukan hanya nama dan slogan brand, Anda juga perlu menentukan tampilan visual brand bisnis dengan tepat. Tentukan warna apa akan dijadikan sebagai warna utama dan font apa yang cocok digunakan untuk brand yang akan Anda usung.

Temukan berbagai inspirasi warna yang sesuai dengan bisnis Anda dengan beberapa tool yang telah tersedia di situs pencarian. Pilih juga font yang sesuai agar brand Anda semakin mudah dikenal dan menarik secara visual.

6. Buat Logo Brand Berkualitas

Sebuah logo pada dasarnya merupakan wajah sebuah brand, sehingga dalam membuat loga harus mampu mewakili nilai, visi, dan misi brand bisnis.

Secara visual orang akan lebih mudah mengenal brand melalui logo. Dengan logo yang unik, mudah diingat dan terukur tentu akan membawa sebuah brand semakin mudah dikenal.

Anda dapat membuat sebuah desain logo brand secara mandiri atau dengan menggunakan jasa desainer. Di awal membangun brand bisnis mungkin Anda juga memerlukan konsultasi desain dengan ahlinya agar logo yang dibuat dapat sesuai dengan harapan.

Kualitas logo brand yang baik dapat diukur dengan banyaknya orang yang mudah memahami, megingat dan tertarik dengan desain logo tersebut. Semakin banyak orang yang mudah ingat dan merasa sangat kenal dengan sebuah logo brand meskipun dalam skala yang kecil, itu artinya desain logo Anda sagat berkualitas dan efektif.

baca juga

    7. Upgrading Bisnis

    Membangun brand bisnis tidak cukup dengan logo dan tagline yang terkenang. Brand bisnis harus terus eksis dan konsisten ketika konsumen bisnis Anda berinteraksi dengannya.

    Perlu adanya evolusi brand bisnis ketika target pasar bergerak dinamis dengan adanya para konsumen baru. Perlu adanya pendekatan baru untuk mengenali mereka dan membawa mereka berinteraksi dengan brand yang kita buat.

    Perlu diingat bahwa kita tidak selalu memiliki kendali penuh terhadap penilaian brand bisnis yang kita kembangkan. Perlu adanya sikap toleransi dan tetap mengapresiasi semua penilaian orang terhadap brand bisnis Anda.

    Kuncinya adalah tetap jaga reputasi brand, baik di pasaran atau di hadapan pelanggan yang loyal. Dari situlah Anda dapat mewujudkan basis konsumen setia terhadap bisnis Anda.

    Itulah 7 langkah yang harus diketahui dalam membangun brand bisnis. Jika Anda berniat untuk membangun sebuah brand bisnis yang kuat dan timeless, Anda dapat mewujudkannnya melalui langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!