7 Cara Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel

https://www.zowhy.com –  Strategi marketing hotel berbeda dengan pelayanan jasa lain. Kepuasan pengunjung, misalnya, jauh lebih utama daripada menurunkan harga yang ditawarkan. Berikut penjelasan tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan kamar hotel secara tepat dan efektif.

  1. Buat website lengkap dengan pemesanan online

Website resmi hotel akan lebih disukai calon pengunjung dari pada agen penjualan online. Pasalnya, memesan kamar via website hotel langsung pastilah memiliki tingkat keakuratan dan kepercayaan yang tinggi. Belum lagi fasilitas dan foto yang dijabarkan website hotel pastilah lebih lengkap ketimbang agen penjualan online.

Karena itu, buatlah website semenarik dan selengkap mungkin. Tulis konten artikel yang apik serta foto-foto hotel yang selalu diperbarui. Berilah promosi khusus bagi tamu yang memesan kamar via website. Pastikan website hotel diketahui para tamu dan diketahui banyak orang. Agar website diketahui para tamu, maka jadikan website sebagai homepage begitu terkoneksi dengan Wi-Fi hotel. Adapun untuk diketahui banyak orang, maka buatlah blog di dalam website hotel Anda.

  1. Buat blog dengan content menarik

Terkait poin sebelumnya, hidupkan website dengan artikel-artikel yang menarik. Tak hanya mengabarkan kegiatan, fasilitas dan promo hotel, isilah website dengan content blog yang menarik hingga dibuka banyak orang. Blog tersebut bisa berisi tentang traveling baik destinasi favorit, tips perjalanan, wisata unik dan lain sebagainya dikaitkan dengan lokasi hotel berada.

Buatlah content SEO agar website hotel muncul di urutan teratas mesin pencari. Semakin kuat SEO website hotel, semakin banyak jumlah pengunjung website. Lalu semakin banyak pengunjung website, maka semakin banyak pemesanan hingga meningkatkan penjualan kamar.

  1. Jalin kerja sama dengan agen penjualan online

Meski telah memiliki website yang oke, bukan berarti tak perlu kerja sama dengan agen penjualan online. Saat ini begitu banyak aplikasi gratis via android dan iOS yang melayani penjualan online segala tiket baik transportasi, akomodasi hingga paket wisata. Sebut saja Traveloka,  Trivago, Wego, Tiket.com dan masih banyak lagi.

Para agen tersebut memiliki pelanggan setia karena dianggap praktis dan memberikan banyak promosi dan diskon. Tentu sangat mudah jika ingin melakukan traveling, kita hanya perlu membuka gadget, kemudian buka aplikasi, memesan tiket transportasi PP beserta kamar hotel, lalu bayar dalam satu transaksi. Sangat praktis! Karena itu, bekerja sama dengan agen penjualan online membawa keuntungan bagi pemilik hotel. Meski harus membayar jasa pada agen tersebut, penjualan kamar hotel juga akan meningkat.

  1. Manfaatkan sosial media

Sosial media selalu menjadi solusi efektif di hampir semua ranah bisnis. Pun dengan bisnis hotel. Aktiflah di berbagai sosial media untuk melakukan promosi. Dengan adanya website, content sosial media pun dapat diintegrasikan dengan content website hotel. Selain rutin dan aktif posting, berikan pula respons yang cepat kepada siapa pun yang bertanya tentang hotel melalui sosial media.

  1. Buat sayembara atau menjadi sponsor acara

Upaya ini merupakan langkah branding agar hotel makin dikenal masyarakat secara luas. Jadilah sponsor acara yang diikuti banyak orang. Jika tidak ingin mengeluarkan dana, berikan sponsor dengan cara memberikan penginapan atau makan gratis.

Mengadakan sayembara atau lomba juga menjadi strategi efektif untuk meningkatkan brand hotel. Salah satu jenis lomba yang dapat digelar yakni sayembara blog yang memberikan tema tentang hotel dan traveling serta mensyaratkan embed link ke website hotel. Hal ini memberikan kesempatan untuk tersebarnya image positif hotel dari para blogger yang mengikuti ajang sayembara tersebut.

  1. Marketing dari mulut ke mulut

Satu hal yang membuat bisnis jasa unggul yakni adanya kepuasaan yang diterima pengguna jasa. Jika ada tamu hotel merasa sangat puas dengan layanan hotel yang super memuaskan, maka hal itu mampu menjadi alat marketing yang sangat efektif. Pasalnya, tamu tersebut pastilah akan membagikan pengalaman menginap yang menyenangkan kepada kerabat dan teman. Lalu kerabat dan teman itu mengisahkan kembali kepada kerabat dan temannya yang lain. Maka tersebarlah kisah kepuasan tamu tersebut dari mulut ke mulut yang mana beberapa di antara mereka kemudian menjadi tamu hotel Anda.

Yang perlu diperhatikan ialah, secara psikologis, seseorang akan membagikan cerita kepada banyak orang hanya dalam dua kemungkinan. Pertama, jika mengalami kepuasan yang tak terkira, atau kedua jika mengalami kekecewaan yang teramat sangat. Karena itu, pastikan hotel Anda memberikan pelayanan yang amat sangat memuaskan. Sekedar ramah, baik dan cepat tak membuat pelayanan hotel sangat memuaskan. Buatlah pelayanan yang ekstraordinary. Dengannya, marketing mulut ke mulut sangat efektif dalam meningkatkan penjualan kamar hotel.

Baca Juga :

  1. Beauty Water Usaha Unik Dari Artis Cantik Nafa Urbach
  2. Coca-Cola Tetap Jadi yang Terpercaya! Ini Rahasia 5 Merek Ternama Dunia!
  3. Media Promosi Usaha Anda

 

  1. Bagikan souvenir gratis

Meski butuh dana untuk melakukan cara ini, namun souvenir dapat menarik minat calon tamu untuk membeli kamar. Souvenir dapat pula dibagikan sebagai hadiah jika tamu memesan dua kamar, atau menyewa kamar di saat weekend, atau menginap tiga hari dan lain sebagainya. Souvenir bisa berupa t-shirt, mug cantik, kalender, payung dan lain sebagainya yang bertuliskan brand hotel Anda. Souvenir tersebut pula sebagai langkah banding agar hotel makin dikenal publik.

Selain tujuh cara di atas, ada beberapa cara lain tentang bagaimana meningkatkan penjualan kamar hotel. Sebut saja pemasangan adsense di google maupun facebook, menyebarkan promo via email dan pesan singkat, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan upaya beriklan. Makin banyak cara yang ditempuh, maka bukan hal mustahil pendapatan hotel juga akan terus meningkat drastis.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =

You May Also Like