7 Bahasa Asing yang Bisa Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Kita mungkin sering mendengar bahwa belajar bahasa asing akan lebih mudah jika dilakukan sejak dini.

Anak-anak yang mulai belajar bahasa asing sebagai bahasa kedua tentu akan lebih mudah berbahasa tersebut saat sudah dewasa.

Meski begitu kadang orang tua merasa bingung memilih bahasa asing apa yang harus dipelajari anak sejak kecil.

Mengingat saat ini di Indonesia mayoritas masyarakatnya tidak berbahasa asing atau memiliki bahasa kedua, mengajarkan bahasa asing pada anak tentu akan lebih bermanfaat di masa depan.

Berikut tujuh bahasa yang bisa dipelajari anak dan mengapa apa anak harus belajar bahasa tersebut.

Inggris

Bisa dibilang bahasa Inggris adalah bahasa utama yang saat ini paling banyak dipelajari sebagai bahasa asing di Indonesia.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di banyak negara termasuk 57 negara yang menjadikannya sebagai bahasa resmi dan digunakan juga di berbagai organisasi internasional.

Saat ini menguasai bahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang biasanya digunakan saat melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, anak bisa mulai belajar bahasa Inggris sejak dini agar di masa depan ia lebih mudah belajar dan bersaing di dunia kerja.

Dengan belajar bahasa Inggris anak juga bisa belajar lebih banyak lewat situs situs berbahasa Inggris yang kini tersedia di internet.

kini zowhy.com memberikan solusi mudah untuk kursus bahasa inggris anak dengan metode belajar online zoom

Bahasa Inggris termasuk bahasa yang mudah dipelajari dan tidak begitu rumit. Banyak lembaga kursus di Indonesia saat ini yang menawarkan pembelajaran atau kursus bahasa Inggris untuk anak.

Mandarin

Perlu diketahui bahwa saat ini ada lebih dari 800 juta orang yang berbicara dalam bahasa Mandarin atau bahasa Cina. Karena memiliki banyak penutur bahasa ini menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Tidak heran jika bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan karena tentu saja karena negara ini adalah salah satu negara terbesar dengan penduduk terbanyak di dunia. Selain itu, masyarakat dengan etnis Cina tersebar luas di seluruh penjuru planet.

Saat ini Cina merupakan negara industri yang sangat berpengaruh di dunia bisnis oleh sebab itu, anak bisa belajar bahasa Mandarin sejak dini. Dengan menguasai bahasa Mandarin tentunya akan lebih mudah masuk dalam dunia bisnis yang banyak digeluti oleh mereka yang beretnis Tionghoa.

Perancis

Bahasa Perancis adalah salah satu bahasa yang merupakan golongan rumpun bahasa Latin. Meski tak begitu populer di Indonesia dan dianggap sulit, ternyata bahasa Perancis menjadi salah satu bahasa yang bisa dipelajari anak sejak dini.

Dewasa ini, ada sekitar 65 juta penduduk Perancis yang menguasai bahasa ini dan juga 72 juta penduduk di negara lain yang menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa keduanya seperti Kanada dan beberapa negara di Afrika. Bahasa Perancis seperti bahasa latin lainnya tergolong bahasa yang estetik atau indah.

Meskipun bahasa Perancis termasuk bahasa yang sulit dipelajari tidak seperti bahasa Inggris, bahasa ini bisa lebih mudah dikuasai jika dipelajari sejak dini. Terlebih, bahasa ini juga banyak digunakan dalam dunia internasional termasuk di dunia kuliner.

Jerman

Seperti halnya bahasa Prancis, bahasa Jerman juga menjadi salah satu bahasa yang biasanya ditawarkan dalam bimbingan kursus bahasa asing di Indonesia. Meskipun tidak begitu populer bahasa Jerman bisa sangat membantu mengingat bahasa Jerman juga banyak digunakan di Eropa.

Tidak hanya di negara Jerman itu sendiri, beberapa negara lain juga menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi maupun bahasa keduanya. Ada 101 juta penduduk dunia yang berbahasa Jerman dan bahkan menganggapnya sepadan dengan bahasa nasional, yakni penduduk Austria dan Swiss.

Belajar bahasa Jerman memang sulit pada awalnya tetapi akan lebih mudah jika dimulai saat usia anak-anak. Saat ini, Jerman juga merupakan salah satu pusat ekonomi di Eropa dan menjadi produsen industri teknologi di dunia.

Jepang

Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara maju di Asia. Negara ini juga punya kebudayaan yang sangat kental. Mereka yang berkunjung ke negara Jepang tentu harus menggunakan bahasa Jepang saat berbicara di sana.

Masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi budaya dan bahasanya.

Meski dikenal dengan kebudayaan tradisionalnya, Jepang juga menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia dan menempati posisi ketiga. Budaya Jepang termasuk hiburan seperti anime, makanan dan sebagainya kini juga sudah menjadi hal biasa di Indonesia. Dengan belajar bahasa Jepang, anak bisa memiliki kesempatan lebih untuk berkembang di masa depan terutama bersaing di dunia bisnis dan kerja.

Korea

Siapa yang tak kenal dengan budaya k-pop saat ini? Bahasa Korea juga menjadi salah satu bahasa asing yang banyak diminati di Indonesia terutama di tempat kursus bahasa asing. Banyaknya penggemar kebudayaan Korea dan dunia hiburan membuat banyak orang yang ingin belajar bahasa tersebut termasuk anak-anak.

Dengan belajar bahasa Korea, seseorang bisa terhubung dengan 75 juta penutur bahasa ini baik di negara Korea Selatan, Korea Utara maupun negara lainnya seperti Jepang, Brazil, Kanada dan lainnya.

Belum lagi ditambah keberhasilan Korea dalam dunia industri dan bisnis membuat Korea menjadi salah satu negara maju di Asia yang banyak memiliki peran dalam dunia tersebut. Jika ingin anak menjadi bagian dari dunia tersebut, tidak ada salahnya jika mengajarinya bahasa Korea sejak dini.

baca juga

Spanyol

Setelah bahasa Mandarin, bahasa Spanyol adalah bahasa dengan jumlah penutur terbanyak kedua di dunia. Dengan jumlah sekitar 400 juta penutur, bahasa ini menjadi bahasa yang bisa dipelajari oleh anak sejak dini.

Menguasai bahasa Spanyol tentu akan sangat berguna karena bahasa ini merupakan bahasa di hampir sebagian besar negara Amerika Latin dan juga negara di Afrika seperti Guinea.

Meskipun bahasa Spanyol tidak banyak digunakan dalam dunia bisnis, mempelajari bahasa Spanyol ternyata bisa membantu mempelajari bahasa Latin lainnya karena mereka memiliki kesamaan. Bahasa latin seperti Spanyol memiliki kesamaan dengan bahasa latin lainnya seperti bahasa Perancis, Italia dan Portugis.

Tidak menutup kemungkinan jika anak belajar bahasa Spanyol maka ia juga bisa mahir dalam bahasa Latin lainnya. Jadi jangan halangi anak, jika ia ingin belajar bahasa yang satu ini.


Demikian beberapa bahasa asing yang mesti dipelajari oleh anak sejak dini jika ingin berhasil di masa depan, terutama dalam jangka waktu 10 tahun dari sekarang. Saat dunia sudah semakin maju, belajar bahasa bisa sangat membantu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Antonio Sorace, dari departemen bilingual Edinburgh University, menyatakan bahwa anak-anak yang belajar bahasa Mandarin, Jerman, dan Perancis bisa menjadi sukses kedepannya.

Hal inilah yang bisa menjadi pertimbangan jika ingin mengirim anak untuk belajar bahasa asing. Sebelum memilih kursus bahasa untuk anak, pastinya orangtua harus mempertimbangkan banyak hal termasuk minat dan kemampuan anak dalam belajar bahasa termasuk memilih kursus bahasa Inggris.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!