6 Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Novel

https://zowhy.com/ adabanyak cara yang bisa digunakan untuk belajar Bahasa Inggris, salah satunya adalah melalui novel atau buku. Dengan membaca novel berbahasa Inggris, kalian bisa belajar cara penggunaan Bahasa Inggris untuk menyatakan perasaan, ide, dan cerita. Bahasa Inggris yang digunakan dalam novel modern juga biasanya merupakan jenis Bahasa yang biasa digunakan sehari-hari. Sehingga belajar novel lebih baik daripada melalui textbook yang biasanya menggunakan jenis Bahasa Inggris yang dirancang untuk pemula yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa utama.

Novel juga biasanya memuat berbagai jenis kosa kata atau vocabulary baru yang jarang kalian temui. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari langsung penerapan kosa kata tersebut dalam kalimat. Novel berbahasa Inggris biasanya ditulis oleh pengarang yang memang ahli Bahasa dan melalui berbagai proses penyuntingan juga, sehingga grammar dan bentuk penulisannya cocok dijadikan bahan pembelajaran. Berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa diterapkan untuk kalian yang ingin mulai belajar Bahasa Inggris melalui novel:

  1. Cari novel yang membuat kalian tertarik

Ada banyak sekali novel berbahasa Inggris dengan berbagai genre di luar sana. Dari beragam novel tersebut juga pastinya ada genre yang kalian suka dan tidak suka. Penting untuk mencari novel yang membuat kalian tertarik dan penasaran dengan jalan ceritanya, hal ini bisa menjadi motivasi dan membuat kalian tidak bosan. Kalian bisa mulai dengan mencari novel-novel berbahasa Inggris best seller yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Novel-novel ini biasanya memiliki jalan cerita yang menarik karena disukai banyak orang.

  • Sesuaikan dengan kemampuan Bahasa Inggris kalian

Jika kalian masih level pemula, kalian pasti akan kesulitan membaca novel yang banyak menggunakan ungkapan dan kosa kata yang rumit. Untuk mengetesnya, kalian bisa membaca beberapa lembar halaman awal novel. Jika dirasa gaya penulisannya mudah dipahami dan kalian tidak menemukan terlalu banyak kosa kata sulit, berarti novel itu sesuai dengan level kalian. Jangan dilanjutkan jika kalian tidak paham jalan ceritanya dan menemukan banyak sekali kata yang kalian tidak mengerti artinya.

  • Sediakan kamus

Selalu sedia kamus di dekat kalian saat kalian belajar Bahasa Inggris, baik itu kamus offline tradisional maupun aplikasi kamus di handphone. Jika kalian menemukan kata yang tidak kalian mengerti dalam novel, kalian bisa langsung mencari artinya di kamus. Supaya tidak lupa, kalian bisa juga menuliskan kata tersebut di note, jangan lupa tuliskan juga contoh penggunaannya dalam kalimat.

  • Beri tanda

Tips ini direkomendasikan untuk diaplikasikan pada novel milik kalian sendiri ya. Jangan corat-coret novel milik perpustakaan atau teman kalian. Kalian bisa memberi tanda dengan bolpen berwarna atau dengan stabilo pada kata-kata sulit atau kalimat baru yang kalian pelajari. Jika perlu kalian juga bisa menuliskan artinya dengan tulisan kecil di pinggiran halaman.

  • Jangan berhenti

Banyak pemula yang melakukan kesalahan ini saat pertama kali membaca novel berbahasa Inggris, mereka tidak menyediakan kamus, dan langsung menyerah begitu bertemu dengan kata yang tidak mereka mengerti. Karena novel memiliki plot atau jalan cerita tersendiri, coba saja terus lanjut membaca. Walaupun nantinya bertemu dengan banyak kosa kata lain yang tidak kalian mengerti, kalian bisa saja tetap memahami jalan ceritanya. Dengan begitu kalian bisa menduga-duga arti dari kata-kata sulit tadi. Tapi supaya lebih pasti, memang lebih baik mencari artinya di kamus.

baca juga

  • Terus membaca

Jika ingin mahir berbahasa Inggris melalui novel, jangan berhenti hanya di satu novel. Semakin banyak novel yang kalian baca, semakin banyak kosa kata yang kalian tahu dan semakin luas kemampuan berbahasa kalian. Siapa tahu, membaca novel berbahasa Inggris bisa jadi hobi baru kalian untuk mengisi waktu luang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!