6 Strategi Branding Sukses

zowhy.com – startegy branding sukses , Saat ini, menjadi pebisnis sudah menjadi tren dan pilihan banyak orang. Namun, memulai sebuah bisnis tak semudah yang dibayangkan. Sebaiknya Anda memiliki banyak pengetahuan tentang bisnis termasuk dalam hal bagaimana strategi branding yang menjual.

Dari banyaknya kesuksesan sebuah perusahaan dengan bisnis yang dijalankan, tentu berkaitan erat dengan keberhasilan proses branding dalam kegiatan pemasaran. Dengan strategi branding yang tepat akan menciptakan citra baik bagi perusahaan.

Terdapat beberapa strategi branding yang dapat Anda adopsi untuk menghasilkan usaha branding yang sukses dan berhasil.

Yuk, simak 6 strategi branding dan contoh suksesnya, yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan branding bisnis Anda agar semakin melejit.

Strategi Branding Sukses

1.  Memiliki Logo yang Tepat

Branding sebuah usaha wajib menggunakan logo yang memiliki kesesuaian dengan produk yang tawarkan. Hal itu sangat penting karena akan memberikan pengaruh besar terhadap konsumen.

Logo Strategi Branding Sukses yang bagus memiliki tingkat visualitas yang tinggi, sehingga para konsumen mudah memahami dan logo tersebut akan selalu hadir dalam ingatan mereka. Dengan kesan yang membekas konsumen akan mudah untuk melakukan pembelian ulang denga merk yang sama.

Penempatan logo dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan branding, akan lebih baik jika logo disematkan dalam semua produk marketing yang telah Anda rencanakan. Anda dapat menempatkan logo pada kemasan produk, atau pada foto profil dalam akun bisnis media sosial.

2. Gunakan Tagline yang Efektif

Tidak hanya dengan logo yang lebih mengarah pada sebuah gambar, strategi branding juga dapat dilakukan melalui tagline yang berupa kata-kata. Tagline yang efektif, simple dan sesuai dengan karakteristik bisnis harus tercipta agar strategi pemasaran mencapai target sasaran.

Penggunaan tagline Strategi Branding Sukses sebuah produk harus benar-benar menggambarkan visi dan misi yang diinginkan perusahaan, tidak hanya rangkaian kata yang manis namun tidak berkesan.

Alangkah lebih baik jika merumuskan kata tagline dengan merujuk pada masalah yang sedang dihadapi para konsumen, dan produk Anda hadir menawarkan solusinya.

3. Mengintegrasikan Unsur Branding

Agar upaya branding berjalan efektif, gunakan semua unsur branding dalam satu kesatuan strategi pemasaran bisnis Anda.

Merk yang Anda branding akan mudah tersampaikan kepada para konsumen dengan menempatkan semua unsur branding pada media pemasaran yang Anda gunakan.

Adapun unsur branding yang patut Anda perhatikan, seperti nama merk, logo, tagline, jingle, brand ambassador, dan tampilan visual produk.

Tempatkan unsur-unsur brand tersebut pada setiap kemasan produk, iklan, dan media sosial agar lebih banyak dikenal masyarakat umum.

4. Melakukan Soft Campaign

Strategi Branding Sukses berikut dapat dilakukan secara online maupun offline. Dengan perkembangan teknologid dan informasi banyak bisnis yang melakukan kegiatan soft campaign pada media sosial.

Pemilihan media sosial sebagai media favorit soft campaign karena memiliki jangkauan yang sangat luas dengan biaya yang relatif murah.

Dengan mengunggah konten berisi informasi brand maka akan berdampak pada pilihan konsumen dan menciptakan citra baik brand tersebut.

Soft campaign melalui media sosial juga lebih efektif dalam mengedukasi konsumen guna memperkenalan produk bisnis dan meningkatkan apresiasi terhadap produk tersebut.

Dengan pengaruh yang mendalam dari hasil soft campaign, akan membawa peningkatan terhadap penjualan dan menambah kepercayaan konsumen terhadap layanan bisnis.

5. Membuat Pesan Sesuai Brand

Strategi Branding Sukses Gaya komunikasi yang sesuai dengan brand sangat penting dilakukan dalam usaha branding. Ketika brand yang sedang diangkat merefleksikan kesan feminim, gunakan gaya komunikasi yang feminin juga.

Pesan yang dibuat sesuai dengan brand dan target pasar, akan memudahkan proses pemasaran mencapai target yang sudah direncanakan.

Gaya komunikasi tak hanya berupa kalimat, padupadan warna dan desain brand pun merupakan bagian gaya komunikasi yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan lupa mengkombinaskan unsur-unsur tersebut menjadi pesan komunikasi yang efektif dan menjadi cerminan brand yang unik dan menarik.

6. Lakukan dengan Konsisten

Strategi Branding Sukses , Bagian akhir yang memiliki pengaruh besar yakni konsisten. Strategi branding yang konsisten akan membawa kesuksesan pada kominikasi brand.

Dengan proses branding yang terus menerus dikomunikasikan pada konsumen membuat brand yang diusung melekat erat pada ingatan mereka.

Konsumen akan merasa antusias untuk memahami brand tersebut, jika mereka sering disodori hal-hal yang berkaitan dengan brand tersebut.

Meskipun produk yang ditawarkan memiliki banyak kompetitor, para konsumen tidak akan bingung dan ragu dalam menggunakan produk bisnis Anda karena proses branding yang konsisten.

Tidak cukup hanya menarik, namun melakukan dengan konsisten juga terbukti efektif dalam menjaring konsumen yang loyal. Lakukan terus komunikasi brand kepada target pasar Anda, tentu bisnis Anda akan semakin berkembang dan sukses.

startegy branding sukses

Burger King Contoh Strategi Branding yang Sukses

Strategi Branding Sukses , Mungkin sudah banyak yang tahu tentang brand kuliner Burger King, bukan? Ya, Burger King merupakam salah satu brand terkenal makanan siap saji yang menjual berbagai varian burger yang populer di kancah internasional.

Menurut sejarahnya, Burger King mulai membuka bisnisnya di Indonesia sejak 1997, namun sempat berheti karena terkenan dampak krisis moneter. Meskipun sempat tutup, namun brand ini teteap populer hingga sekarang.

Kepopuleran Burger King ini tentu erat kaitannya dengan faktor branding yang dilakukan. Banyak bisnis burger yang menawarkan produk yang sama, tetapi Burger King tetap menjadi pilihan bagi konsumen setianya, bahkan telah merasuk pada pikiran kebanyakan orang.

Strategi Branding Sukses yang dilakukan oleh Burger King dan terbukti sukses diantaranya adalah cita rasa yang ditawarkan Burger King, Fokus, Memahami cara kerja branding dan melakukan inovasi kemasan.

Meskipun banyak restoran siap saji yang menawarkan berbagai varian rasa burger yang unik dan lezat, namun Burger King tetap konsisten dengan rasa yang dimilikinya sendiri. Dengan cita rasa khas yang dimiliki oleh Burger King membuat pelanggannya mudah mengingat rasa khas yang ditawarkannya dan menjadi pembeda dari produk kompetitor.

Usaha branding yang dilakukannya pun dilakoni dengan fokus dan konsisten. Ketika akan mengeluarkan varian menu baru Burger King akan tetap konsisten dengan cita rasa aslinya sendiri.

Itulah fokus utama dalam Strategi Branding Sukses Burger King, dalam melakukan setiap inovasi Burger King tetap berada pada jalurnya dan ide brand itu sendiri.

Dengan banyaknya bisnis kompetitor dalam usaha restoran siap saji. Burger King sangat memahami bagaimana cara kerja branding. Meskipun semakin banyak bisnis burger yang hadir dan semakin menjamur, Burger King tetap fokus dengan brandingnya dan paham bahwa branding adalah soal jangka waktu.

Hasil dari  branding dapat dirasakan tidak dalam waktu yang singkat. Branding merupakan usaha yang penuh taktik untuk dapat memaksimalkan penjualan dalam jangka panjang.

baca juga

Sampai sekarang Burger King terus berinovasi dalam branding, salah satunya membuat perubahan pada desain kemasan . Strategi branding ini dinilai sukses sampe sekarang.

Itulah ulasan tentang Strategi Branding Sukses. Semoga informasi di atas dapat bisa menjadi referensi dan motinvasi Anda dalam memulai bisnis dan meningkatkan branding.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!