5 Karakteristik Penentu Memilih Jurusan Kuliah

Salah satu hal penting yang tidak kalah membuat bingung saat ingin melanjutkan studi adalah jurusan.

Pasalnya, perkara jurusan ini sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang yang mempelajarinya sekaligus tidak mudah untuk memilihnya.

Jurusan kuliah artinya kajian bidang ilmu pengetahuan yang ingin kamu pelajari secara akademis.

Tujuannya adalah menyiapkan diri agar siap di dunia kerja dengan bekal ilmu tersebut.

Jadi, ini akan sangat mempengaruhi kehidupan kamu di masa depan. Pikirkan dengan matang jurusan apa yang benar-benar kamu inginkan. Jika bimbang, kamu boleh berkonsultasi pada orang-orang yang kamu percaya ataupun menyewa jasa konsultan pendidikan.

Untuk menambah pengetahuan terkait hal ini, zowhy sudah merangkum 5 jenis karakteristik seseorang dalam menentukan jurusan kuliahnya. Lima karakteristik ini adalah apakah seseorang memiliki sifat idealis, realistis, ambisius, oportunis, strategis.

penentu jurusan kuliah

Tipe Idealis

Jika seseorang memiliki sifat idealis, maka pemilihan jurusan biasanya ditentukan berdasarkan minat bidang yang akan dipelajari dan yang bisa memberikan ilmu sesuai dengan cita-citanya. Memilih jurusan di kampus yang tidak terlalu populer tidaklah mengapa, yang penting jurusan tersebut diajar oleh para pengajar yang ahli dalam bidangnya. Orang idealis juga ingin belajar di lingkungan yang mendukung. Maka lokasi yang benar-benar nyaman untuk belajar, menjadi salah satu faktor penentu pilihan.

Tipe Realistis

Sementara bagi mereka yang realistis, pemilihan jurusan dan kampus didasarkan pada kemampuan dirinya. Mereka tidak akan mengejar jurusan atau kampus dengan peringkat yang tinggi, sangat populer, namun punya persyaratan berat untuk bisa masuk. Yang paling penting jurusannya sesuai dengan apa yang dia butuhkan, kampusnya tidak terlalu menuntut mahasiwanya untuk sangat cemerlang, sehingga dia bisa membagi waktu yang cukup antara belajar dengan mencari pengalaman di luar akademis.

Tipe Oportunis

Tipe berikutnya adalah mereka yang oportunis. Yang masuk kategori ini adalah orang-orang yang menempatkan kuliah ke luar negeri lebih sebagai sarana untuk mencapai tujuan lain yang lebih besar. Biasanya mereka akan memilih jurusan dan kampus dengan jumlah mata kuliah yang sedikit atau dengan mata kuliah yang relatif mudah mereka pelajari. Waktu luang yang mereka punya akan dimanfaatkan untuk mencari uang, pengalaman, relasi, dan bersenang-senang.

Tipe Ambisius

Ambisius Lain lagi dengan tipe ambisius. Tipe ini tau bahwa kuliah di luar negeri adalah kesempatan besar bukan cuma untuk menimba ilmu, tetapi juga berjejaring, dan meningkatkan karir. Oleh karena itu biasanya tipe ini akan mengincar jurusan dan kampus terbaik dan ternama di sebuah negara. Mereka siap akan konsekuensi bekerja keras untuk bisa masuk ke jurusan tersebut dan lulus dengan nilai yang baik.

Tipe Strategis

Tipe lainnya adalah orang-orang yang strategis. Mereka memilih jurusan bukan karena mereka suka atau sesuai dengan latar belakang mereka, tetapi melihat yang dibutuhkan di masa sekarang dan yang akan datang. Mereka berani mengambil resiko lintas jurusan, atau belajar sesuatu yang sangat baru bagi mereka. Mereka juga akan mempertimbangkan faktor keterkenalan kampus, untuk bisa masuk ke jaringan di dalamnya, Nah, kamu termasuk tipe yang mana? Kenali diri kamu dan jangan sampai kamu salah mengambil jurusan karena tidak menyesuaikan dengan karakteristik diri sendiri.

Pastikan semua faktor ini telah terjawab agar kamu tidak salah jurusan. Percayalah, salah jurusan itu berat karena bisa jadi sumber kegagalan akademis dan menjadi pendorong masalah mental ketika sudah berada di luar negeri.

Sebelum berpikir ingin kuliah ke luar negeri dan agar terhindar dari salah jurusan, lakukan persiapan dulu zowhy. Sudah punya persiapan bahasa? Atau lagi cari lembaga kursusnya? zowhy bisa banget bantu kamu lho. Daftar sekarang yuk!

error: Content is protected !!