5 Cara Jitu Terjun Ke Bisnis Online

5 Cara Jitu Terjun Ke Bisnis Online  | Bisnis online. Bisnis yang banyak digandrungi para pemula bisnis ini memang sedang marak-maraknya. Bahkan didaulat sebagai bisnis yang menjanjikan di masa sekarang juga masa yang akan datang. Tak pelak banyak orang berbondong-bondong mencari celah peluang bisnis online ini. Mengingat tidak semua orang awam mengerti bagaimana awal mula menekuni bisnis online ini, kami menyiapkan lima cara jitu untuk terjun ke dunia bisnis online. Simak cara bisnis online berikut ini.

Mantapkan Hati & Pikiran

Untuk memulai terjun ke dunia bisnis online, cara satu ini wajib untuk dilakukan. Memantapkan hari dan pikiran. Bukah hanya soal relationship aja yang perlu memantapkan hari, tapi juga perlu dilakukan saat sebelum membuat bisnis online. Konyol? Jangan dikira sepele, banyak pengusaha gagal karena hati dan pikirannya goyah.
Sang pengusaha yang juga pernah menjabat sebagai Menteri BUMN, Dahlan Iskan pernah berpesan. “Jangan memaksa untuk cepat sukses, pengusaha harus tahan banting.” Singkat tapi sarat makna. Ya, pengusaha harus tahan banting. Tahan banting dalam artian harus kuat lahir batin, hati juga pikiran. Menjadi seorang pengusaha tentu tidak mungkin langsung sukses, kecuali kalau anda adalah pewaris sebuah bisnis.

 

branding product

5 Cara Jitu Terjun Ke Bisnis Online , Nah sebelum memulai bisnis, termasuk bisnis online, kita perlu mengatur hati dan pikiran kita agar senantiasa konsisten terhadap pilihan kita. Karena kegagalan bisa saja mendera dalam hitungan detik tiap harinya. Usaha yang dimulai nol sangat rentan dengan masalah-masalah yang tak terduga, misal kemalasan. Dengan hati dan pikiran yang senantiasa berpegang teguh pada impian untuk sukses masalah kemalasan ini tentu bisa kita singkirkan. Hal tersebut akan membantu startup bisnis online kita menjadi lebih kuat tertempa masalah.

Whats Product atau Whats Service?

Setelah menetapkan hati untuk mendalami dunia bisnis online, anda harus mulai mendalami tentang apa yang akan anda jual. Karena yang disebut bisnis tentu harus ada yang dijual atau dibeli. Entah produk entah jasa. Bisa jadi cara kedua ini ditemukan sebelum menjalani cara yang pertama, tak masalah mana yang lebih dulu dalam hal ini. Namun jika anda masih bingung menentukan apa yang akan anda jual, lebih baik anda berfikir ulang lagi. Ada banyak produk yang bisa dijual di bisnis online, dan banyak jasa yang bisa ditawarkan.
Jika anda masih bingung, coba ingat-ingat lagi apa yang menjadi hobi anda. Karena hampir seluruh orang mengakui, pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Dan lompatan hobi yang menjadi bisnis biasanya akan sukses karena tingkat kesenangan pemilik bisnis akan mempengaruhi cara pandang dalam berbisnis.

Namun bila anda masih bingung juga, anda bisa mengambil gadget anda dan berselancar di dunia maya. Sekarang banyak direview apa-apa saja bisnis yang diprediksi akan sukses menurut tuntutan pasar. Anda harus tahu berbagai macam bisnis online tersebut, dengan demikian proses brainstorming anda akan lebih mudah.
Setelah anda paham apa yang akan anda jual atau jasa apa yang akan anda tawarkan, langkah selanjutnya adalah riset. Eittss, riset ini penting. Riset membantu anda memahami dan mendalami informasi dari produk atau jasa yang akan anda jual. Gak lucu kan kalau anda si pembuat bisnis tidak mengerti seluk beluk dari produk atau jasa. Dengan riset ini anda juga akan lebih mudah melakukan cara selanjutnya.

Mekanisme Bisnis Anda

Mekanisme bisnis ini banyak sekali macamnya, seperti Meraih Target Pasar, Sistem Pembelian dan Penjualan, Platform yang akan dipakai, dan lain sebagainya. Kita akan bahas beberapa saja.

Target pasar

Target pasar adalah mereka yang dinilai sasaran utama sebagai calon pembeli yang akan membeli produk atau jasa anda. Target pasar ini bisa anda tentukan setelah anda mengetahui dengan pasti produk atau jasa yang anda jual. Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ‘apakah produk atau jasa ini cocok untuk laki-laki saja atau untuk perempuan saja, atau bahkan untuk keduanya?’ Lalu ‘untuk kalangan remaja atau dewasa?’ ‘untuk personal atau perusahaan?’ dan pertanyaan semacamnya untuk bersimulasi siapakah pangsa pasar terbaik. Hal ini dilakukan karena agar pengembangan produk dan juga domain lebih dapat disesuaikan pada mayoritas karakteristik target pasar tersebut.

Platform Bisnis

Kedua, berkaitan dengan platform yang akan dipakai. Ini berkaitan dengan 85 persen sistem bisnis anda. Karena platform ini ibarat oulet produk atau jasa anda. Maka penting untuk dipikirkan secara masak-masak. Misalnya anda ingin memiliki nama domain sendiri, atau webhosting sendiri. Nah anda harus mulai mencari penyedia domain atau webhosting berbayar. Tenang banyak kok penyedianya, baik di tanah air atau manca negara.

You Need ‘Partner’.

Partner kali ini bisa bermakna banyak hal. Entah itu relasi bisnis, entah itu para karyawan, entah itu forum bisnis anda, dan lain-lain. Bahkan konsumen anda bisa menjadi pathner anda. Banyak cara untuk memperoleh pathner ini. Salah satunya dengan Branding.

Branding adalah cara untuk mengenalkan produk atau jasa kepada khalayak umum. Dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui bisnis online anda, maka semakin banyaklah partner

anda. Masih bingung ya? Misalnya seseorang mengetahu jasa anda sebagai seorang pembuat maket yang anda pasarkan secara online, nah dari sebuah iklan si A mengetahui bisnis anda, temen si A membutuhkan jasa pembuatan maket, si A akan merekomendasikan anda. Yang seperti itu bisa pula disebut sebagai “pathner”. Dan anda sendiri yang harus menciptakan banyak pathner anda sendiri. Branding ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan iklan. Fasilitas iklan ini cukup banyak dilakukan di internet. Jadi anda tingggal memilih mana yang terbaik menurut anda. Lalu juga ada optimalisasi mesin pencari, dan masih banyak cara lainnya.

branding

Evaluasi + Inovasi Terus Menerus

Poin ini sangat penting dalam sebuah bisnis. Entah bisnis online maupun offline. Keduanya membutuhkan evaluasi dan inovasi secara mendalam dan terus menerus. Evaluasi digunakan untuk mengetahui apakah target dari bisnis anda berhasil atau tidak, apakah ada yang salah dengan sistem bisnis anda, apakah omset sejumlah ratusan juta sudah sesuai dengan harapan dan lain sebagainya.

Pada tahap ini anda harus tahu apa yang menjadi kelemahan sistem bisnis online anda. Dan yang paling penting adalah, setelah evaluasi dilakukan anda harus menemukan solusi dari masalah yang ada. Sedangkan untuk inovasi, hal ini bisa dilakukan dengan menjawab tantangan dalam masalah-masalah yang terjadi selama evaluasi.

Baca Juga :

  1. Contoh Inspirasi Usaha Kecil Kreatif Dan Unik
  2. 17 Teknik Closing Siap Meledakan Omzet anda
  3. Manfaat Jasa Optimasi Website SEO Google Untuk Bisnis Anda

 

Bahkan juga bisa dilakukan untuk menjawab tantangan pasar yang semakin hari semakin menunjukkan perkembangan. Anda harus selalu up to date karena pasar juga terus merangkak mengikuti kondisi jaman.
Well, banyak cara jitu yang bisa kita terapkan dalam memulai usaha bisnis online ini. Lima diantaranya sudah kami bahas, so sudah siap membuat bisnis online? Selamat mencoba 5 Cara Jitu Terjun Ke Bisnis Online

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =

You May Also Like