12 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Toko Anda

https://www.undercover.co.id-  Toko yang Anda kelola makin hari makin sepi pengunjung? Ataukah omset yang dihasilkan tak pernah bertambah? Atau bahkan Anda tak pernah lagi mendapat untung besar sebagaimana saat pertama kali pembukaan toko?

Jika hal di atas menimpa bisnis Anda, maka ada sesuatu yang salah pada diri Anda dalam mengelola toko. Karena itu, sebelum memikirkan cara bagaimana meningkatkan penjualan toko, pikirkan dahulu kesalahan yang telah terjadi di toko dengan cara melakukan evaluasi.

  1. Evaluasi toko

Evaluasilah bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan, sistem keuangan yang dilakukan hingga segala administrasi toko meski yang terkecil sekalipun. Setelah itu, mulailah bangkit untuk memperbaiki segala kesalahan. Bangun lah ide-ide segar yang dapat menghidupkan kembali toko Anda.

  1. Kenali pelanggan

Lakukanlah riset barang apa saja di toko Anda yang sangat diminati pelanggan. Lalu pastikan bahwa barang tersebut selalu tersedia dan dalam jumlah stok yang aman. Catat pula barang yang ditanyakan pengunjung toko namun ia tak mendapatkannya di toko Anda. Beli atau buatlah barang yang dicari tersebut dan jadikan barang tersebut sebagai salah satu produk jual di dalam toko Anda.

  1. Berikan kenyamanan

Untuk meningkatkan penjualan toko, maka berikanlah pelayanan yang baik kepada setiap pengunjung dan pelanggan. Berikanlah kenyamanan toko, dengan memberi pendingin ruangan, misalnya. Kebersihan dan kerapihan juga menjadi salah satu faktor pengunjung betah hingga menjadi pelanggan yang loyal. Susunlah barang-barang jualan dengan rapih dan teratur agar mudah dicari dan dilihat pelanggan.

  1. Bersikaplah jujur

Jangan pernah sekalipun berdusta pada pembeli. Membohongi pembeli dapat memberikan citra negatif pada toko Anda. Alhasil, pembeli akan kecewa dan enggan kembali ke toko Anda. Mereka akan beralih ke toko lain pesaing Anda.

  1. Pasang tarif umum

Memasang tarif yang terlalu mahal dari harga pasaran akan membuat pelanggan kabur dari toko Anda. Pasang saja tarif umum yang ada di pasaran. Apabila laba Anda kecil jika tidak menaikkan tarif harga, maka evaluasilah mana yang bisa dikurangi, baik dalam biaya produksi atau pembelian grosir, ataukah dari biaya pembukaan toko.

  1. Sediakan lahan parkir

Parkir merupakan salah satu layanan toko yang paling dicari. Pengunjung akan ragu untuk mengunjungi toko Anda jika tidak tersedia parkir yang memadai. Jika pengunjung pun enggan datang maka bagaimana cara Anda meningkatkan pendapatan toko? Tentu itu sangat sulit dilakukan.

  1. Rekrut karyawan toko yang ulet

Carilah pegawai toko yang giat dalam bekerja, berkata jujur, ramah dan sopan santun, serta aktif dalam menawarkan produk-produk yang dijual di toko. Hal ini akan sangat menunjang bisnis Anda dan membuat pengunjung nyaman hingga menjadi pelanggan setia.

  1. Buat inovasi

Tingkatkan ilmu bisnis Anda dengan cara mengobrol dengan pelaku bisnis yang lebih berpengalaman. Lalu buatlah inovasi pada toko Anda. Apapun itu, inovasi bisnis merupakan strategi jitu dalam meningkatkan penjualan.

  1. Modernisasi toko

Pakailah mesin administrasi dan kasir yang modern. Selain dapat mengelola keuangan toko dengan rapi, hal tersebut dapat meningkatkan pelayanan yang cepat.  Dengannya, pengunjung toko merasa betah karena tak perlu mengantre.

  1. Menambah cabang toko

Bukalah cabang toko Anda di tempat lain. Selain membuat brand toko Anda makin dikenal, terdapat pemasukan baru dari cabang toko baru yang dibuka. Dengannya penjualan pun akan meningkat.

  1. Jual lebih banyak produk

Ada beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan melalui keberagaman barang yang dijual. Semakin banyak ragam produk yang dijual, semakin banyak pula Anda memberikan pilihan kepada pelanggan. Dengannya, mereka pun makin banyak membeli produk toko Anda. Selain itu, buat pula paket produk dengan harga miring yang sekiranya dapat menarik minat pembeli. Paket ini bisa dibuat saat hari besar ataupun hari perayaan tertentu.

  1. Beri diskon

Diskon selalu menjadi cara jitu untuk menarik minat konsumen. Para pelanggan akan senang dengan toko Anda jika selalu ada diskon secara berkala.

 

Dua belas cara tersebut cukup mudah dilakukan dan dapat meningkatkan pendapatan toko Anda dengan sangat efektif. Terapkan beberapa cara dan lihatlah kemajuan yang Anda dapatkan.

 

12 Strategi Efektif Meningkatkan Penjualan Produk

Membuat produk itu mudah, yang sulit adalah menjualnya. Betapa banyak produk bagus yang lenyap karena gagal dalam pemasaran. beberapa di antaranya mampu bertahan namun tak pernah mengalami peningkatan penjualan.

Apapun produk Anda, perhatikan bagaimana cara meningkatkan penjualan. Pikirkan cara agar produk laris manis dan bisnis akan terus langgeng dengan omset yang terus meningkat.

  1. Riset pasar

Ketahui pasar yang menjadi target penjualan produk Anda. Kenali pola masyarakat yang menjadi target tersebut lalu ketahui kebutuhan mereka. Jadilah produk yang menjadi salah satu kebutuhan tersebut.

  1. Diversifikasi produk

Selalu kembangkan produk Anda menjadi beragam agar pelanggan tak bosan. Keragaman produk juga mampus memanggil minat pembeli baru. Produk yang tak berkembang akan membuat penjualan layu. Semakin hari, pendapatan akan tetap sama bahkan berkurang. Karena itulah, keragaman produk Anda akan menjadi strategi jitu untuk meningkatkan penjualan.

  1. Pilih lokasi

Lokasi penjualan adalah salah satu faktor utama dalam strategi marketing. Perhatikan lokasi tempat Anda menjual produk. Juallah produk di lokasi yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Memilih lokasi yang strategis adalah cara tepat meningkatkan penjualan produk.

  1. Buat kemitraan

Jangan jual sendiri produk Anda. Libatkan banyak orang karena semakin banyak yang menjual produk Anda, maka semakin meningkat pula angka penjualan. Kemitraan yang dibuat bisa berupa agen, reseller ataupun franchise.

  1. Bagi sampel produk

Bagilah secara gratis sampel produk kepada banyak orang yang berpotensi menjadi pelanggan. Dengan mengetahui kualitas produk Anda, mereka akan mencari dan menjadi pelanggan setia.

  1. Pelajari tentang ekspor

Di era globalisasi sekarang ini, trading ekspor impor menjadi lebih mudah. Pelajarilah tata cara mengekspor barang. Lalu terapkan pada produk Anda. Membuka pasar yang lebih luas berarti meningkatkan penjualan produk Anda.

  1. Buat acara sosial

Selain beramal, membuat acara sosial dapat membangun image positif pada brand Anda. Dengannya pula, produk Anda lebih memasyarakat dan makin banyak orang yang tertarik pada produk Anda.

Baca Juga

  1. Usaha Yang Paling Pasti Laris Dimusim Lebaran
  2. 7 Cara Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel
  3. 1000 Ide Dan Tips Bisnis Online Untuk Menaikkan Omzet dan Profit Bisnis

 

  1. Raih penghargaan

Meraih penghargaan di ranah bisnis bukanlah hal mustahil. Cobalah mendaftarkan produk ataupun diri Anda di berbagai ajang penghargaan. Jika produk Anda meraih penghargaan, maka hal itu akan menambah kepercayaan akan kualitas produk. Jika anda pula meraih sebuah penghargaan, maka nama Anda akan dikenal sebagai pelaku bisnis yang handal. Hal tersebut tentu akan berdampak langsung pada brand usaha Anda.

  1. Miliki business card

Buatlah kartu nama Anda dengan logo bisnis dan tentunya jabatan Anda dalam bisnis tersebut. Jika Anda memiliki agen ataupun reseller, buat pula kartu bisnis untuk mereka. Bagikan kepada siapa pun yang dianggap potensial menjadi pelanggan. Suatu hari, di antara mereka akan menghubungi Anda.

  1. Menjadi peserta bazar

Ikutilah bazar dan buka stand untuk memajang produk Anda. Sebarkan Business card saat acara bazar berlangsung kepada para pengunjung. Ikutilah bazar yang memiliki tema sesuai dengan produk Anda.

  1. Beriklan di Facebook

Facebook menawarkan tarif iklan yang cukup terjangkau. Buatlah sebuah fanspage untuk produk Anda, lalu beriklanlah. Dengannya, halaman Anda akan banyak dikunjungi para pengguna Facebook dan brand Anda akan makin terkenal. Pun dengan penjualan produk Anda yang akan makin meningkat.

  1. Buat database pelanggan

Data pelanggan sangat berguna untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Kontak mereka, melalui surel misalnya, untuk mengabarkan perihal promo atau pun peluncuran produk baru. Dengannya, pelanggan akan makin loyal dengan brand Anda meski para pesaing bermunculan.

 

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan para pelaku bisnis. Upayakan segala strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Strategi merupakan upaya Anda agar produk selalu laku di pasaran. Semakin keras upaya yang Anda lakukan, maka semakin besar peluang Anda untuk sukses. Bahkan saat Anda meraih kesuksesan sekalipun, strategi marketing masih harus terus dilakukan.

0 Shares:
2 comments
  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

You May Also Like